Ternyata Ada Perubahan Drastis Gaya Seragam SMA dari Tahun 70an Hingga Kekinian


Masa SMA adalah masa-masa yang paling indah dan menyenangkan. Setidaknya pasti banyak yang mengatakan begitu.

Masa dimana kita banyak mengalami lika-liku kehidupan remaja yang penuh cerita dan makna.Mulai dari cinta-cintaan, persahabatan, kenakalan dan kekonyolan yang terjadi pada masa SMA. Nah, salah satu perubahan yang terlihat mencolok dari tahun ke tahun di kalangan pelajar adalah gaya berbusananya.

Meskipun masih tetap menggunakan seragam warna putih abu-abu, namun jika diperhatikan ada perbedaan antara gaya berbusana pelajar SMA pada masa dulu dengan masa sekarang. Indonesia telah menjalani banyak era. Selama itu pula seragam SMA bertransformasi. Gak Percaya? Intip dulu yuk gaya seragam SMA yang ada di Indonesia ini:

Seragam pejalar SMA era 70-an.

Seragam pejalar SMA era 70-an.

Seragam SMA ini warnanya gak putih hitam loh, efek sephia dalam foto ini juga tidak hasil editan. Karena hasil foto pada era 70-an memang seperti ini. Kameranya belum secanggih sekarang, masih hitam putih.

Jadi wajar saja jika seragam era 70an ini identik dengan warna hitam putihnya yang khas. Model seragamnya juga masih terlihat jadoel, dengan atasan yang kedodoran sampai siku. Dan menggunakan ikat pinggang yang membuat kesan ‘cupu’ semakin keliatan jika pelajar kekinian menyebutnya. Namun bagi anak-anak era 70an, seragam model ini sudah dianggap keren sekali. Ditambah dengan gaya rambut 'ngembang' para cewek dan kumis tebal buat cowok yang hits sekali saat itu.

Seragam Pelajar Vintage Ala Tahun 80an

Seragam Pelajar Vintage Ala Tahun 80an

Era 80-an sering disebut sebagai era retro. Semua hal seakan berbau retro atau vintage. Sampai-sampai kita sempat menjadikannya tren kembali di era 2010an.

Baju yang agak kedodoran kemudian dimasukkan ke rok atau celana dengan tambahan ikat pinggang berukuran besar. Kesan rapi pun sangat tampak dari seragam ini.

Pada era ini gaya seragam SMA tidak terlalu banyak berbeda dengan era 70-an. Tapi jika dilihat dari foto diatas, seragam SMA era 80an memang terlihat sedikit berbeda dan lebih modern karena foto-foto pada jaman itu sudah berwarna.

Seragam Era 90-an, Wajib Rapi

Seragam Era 90-an, Wajib Rapi

Memasuki era 90an ini, seragam SMA udah mengalami sedikit perubahan. Meskipun masih gombrong di bagian atas, tapi era 90an lebih rapi dan harus memakai atribut yang lengkap. Mulai dari panjang rok yang sama, hingga dengan ikat pinggang yang digunakan. Penggunaan sepatu hitam dan kaos kaki putih juga ikut melengkapi model seragam SMA kebanggaan mereka di masa itu. 

Seragam Era 2000an, Eranya AADC

Seragam Era 2000an, Eranya AADC

Memasuki era tahun 2000 awal, seragam SMA di Indonesia mulai mengalami reformasi. Karena telah terkontaminasi beberapa pengaruh dari luar, salah satunya pengaruh film AADC yang booming dan jadi andalan para pelajar dan remaja di era 2000an. Sudah tak ada lagi baju atau rok yang kedodoran, justru sebaliknya seragam SMA pun mulai mengetat.

Rok-rok para wanita mulai sedikit ketat dengan panjang sedikit di atas lutut. Kemudian baju yang dipakai pun sudah tidak kedodoran seperti para senior di era sebelumnya. Para pelajar SMA di era 2000 awal ini juga tampak terinspirasi dengan bagaimana cara Cinta dan kawan-kawan memakai seragam. Dan dengan  kaos kaki panjang seperti yang dipakai Cinta yang mulai digemari.
Dan bagi para lelaki, mereka mengandalkan seragam SMA Rangga dengan gaya sedikit santai dan cuek dalam mengenakan seragam.

Seragam Pelajar SMA Kekinian, Korban Sinetron ?

Seragam Pelajar SMA Kekinian, Korban Sinetron ?

Dan yang terakhir adalah seragam kekinian, dimana model seragam masa kini telah terkontaminasi berbagai sinetron yang mengusung cerita tentang anak SMA.

Jika dulu seragam SMA identik dengan putih abu-abu, maka tidak pada masa sekarang. Kini sudah mulai banyak SMA yang menggunakan seragam dengan berbagai motif bahkan ada yang menggunakan cardigan. Begitulah gaya seragam yang ditampilkan pada sinetron-sinetron tersebut.

Demikianlah transformasi seragam SMA yang ada di Indonesia. Selalu berubah dari waktu ke waktu mengikuti perkembangan zaman. Dan entah bagaimana model seragam SMA puluhan tahun mendatang. Pastinya akan selalu berbeda dan memberikan warna tersendiri bagi masa SMA yang penuh warna. 

0 Komentar untuk "Ternyata Ada Perubahan Drastis Gaya Seragam SMA dari Tahun 70an Hingga Kekinian"

Back To Top