Beginilah Caranya Mempersembahkan Surga Bagi Kedua Orang Tua


Tentunya setiap anak menginginkan agar bisa mempersembahkan surga bagi kedua orang orang tuanya. Terlebih lagi apabila kelak dapat berkumpul bersama di surga. Tentunya akan menjadi sebuah kegembiraan yang teramat sangat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan seorang anak agar kedua orang tua bisa menjadi penghuni surga adalah dengan menjadi anak yang  shaleh. Dan bukan hanya itu saja, pasalnya ada sebuah amalan yang apabila dilakukan maka Allah SWT pun berjanji akan memberikan keistimewaan bagi para pelakunya dan keluarganya terutama kedua orang tuanya.

Beginilah Caranya Mempersembahkan Surga Bagi Kedua Orang Tua

Bahkan Rasulullah SAW juga menyebutkan bahwa amalan inilah yang bisa membuat seorang anak mempersembahkan surga bagi kedua orang tuanya. Hanya saja, amalan ini bukanlah amalan yang mudah untuk dilakukan. Sebab diperlukan niat yang sungguh-sungguh dan hati yang ikhlas untuk bisa melakukannya. Lantas, apakah amalan yang dimaksud ? berikut ulasannya.

Dikutip dari berbagai sumber, disebutkan bahwa ternyata amalan yang bisa dilakukan oleh seorang anak agar bisa mempersembahkan surga bagi kedua orang tuanya adalah dengan menjadi penghapal Al-Qur’an.
Dan inilah satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk dapat memberikan kebahagiaan dengan level yang tertinggi bagi kedua orang tua, bahkan Allah SWT pun berjanji memberikan keistimewaannya bagi para penghapal Al-Qur’an.

Sebagaimana disebutkan dalam sebuah riwayat hadits bahwa,
“Dari Buraidah Al-Aslami ra, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja yang membaca Al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah didapatkan di dunia. Keduanya bertanya, mengapa kami dipakaikan jubah ini ? dijawab “Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al-Qur’an”. (HR. Al-Hakim)

Memang bukanlah perkara yang mudah untuk bisa menghapal secara keseluruhan isi Al-Qur’an. Sebab diperlukan niat yang sungguh-sungguh dan hati yang tulus untuk bisa melakukannya. Terlebih lagi bagi kita yang telah dewasa, sehingga untuk melakukannya kita harus menyingkirkan terlebih dahulu hal-hal buruk yang ada di dalam diri.
Namun hebatnya, saat ini sudah cukup banyak orang-orang yang bisa menjadi penghapal Al-Qur’an bahkan di usia yang masih sangat muda. Oleh sebab itu, peran orang tua juga sangat diperlukan dalam hal ini.

Disamping itu, banyak keistimewaan yang diperoleh oleh seorang penghapal Al-Qur’an. Bahkan dalam beberapa sumber disebutkan pula bahwa Allah SWT memberikan empat janji kepada para penghapal Al-Qur’an. Diantaranya adalah

1. Penghafal Al-Qur’an disejajarkan dengan para Nabi.
Sebagaimana disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,
“Barangsiapa yang membaca (menghafal) Al-Qur’an, maka sungguh dirinya telah menyamai derajat kenabian hanya saja tidak ada wahyu baginya.” (HR. Hakim)

2. Dianggap sebagai keluarga Allah di bumi
Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits bahwa,
“Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri dari manusia..” Kemudian Anas berkata, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah ?” Baginda menjawab, “Yaitu ahli Qur’an (orang yang membaca atau menghafal Al-Qur’an dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.” (HR. Ahmad)

3. Mendapat derajat yang lebih tinggi saat berada di surga

Para penghapal Al-Qur’an kelak akan mendapatkan derajat yang lebih tinggi saat di surga. Bahkan Rasulullah SAW bersabda,
“Akan dikatakan kepada shahib quran, “Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau mentartilkan Al-Qur’an di dunia, sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca.” (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi)

4. Allah SWT akan berikan keistimewaan untuk dirinya dan keluarganya.
Inilah yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa bagi para penghapal Al-Qur’an maka Allah akan memberikan keistimewaan baginya dan kedua orang tuanya kelak di akhirat nanti.

Demikianlah ulasan mengenai amalan yang bisa dilakukan oleh seorang anak agar bisa mempersembahkan surga bagi orang tuanya. Semoga dengan mengetahui hal ini, dapat menjadi penyemangat bagi kita untuk bisa menghapal Al-Qur’an. Sebab begitu banyak keistimewaan yang akan di dapatkan. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Beginilah Caranya Mempersembahkan Surga Bagi Kedua Orang Tua"

Back To Top