Inilah Doa Untuk Orang Tua Yang Telah Meninggal


Di dalam Islam berbakti kepada orang tua menempati posisi yang sangat tinggi. Dimana hal ini ditunjukkan dengan adanya perintah untuk berbuat baik kepada keduanya setelah perintah untuk beribadah kepada Allah SWT.

Oleh sebab itu, sebagai seorang muslim maka sudah sepantasnya bila kita berbakti kepada kedua orang tua, baik disaat mereka masih hidup maupun setelah meninggal dunia. Sebagaimana kita ketahui bahwa ada tiga amalan yang tidak akan putus dari seorang manusia setelah ia meninggal. Diantaranya adalah ilmu yang bermanfaat, doa anak yang shaleh dan sedekah jariyah.  

Inilah Doa Untuk Orang Tua Yang Telah Meninggal

Sejatinya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berbakti kepada orang tua yang telah meninggal dunia, salah satunya dengan mendoakannya. Karena setelah meninggal, tidak adalagi yang diharapkan oleh orang tua selain untaian kalimat doa dari anak-anaknya. Namun tahukah kamu bagaimana doa untuk orang tua yang telah meninggal ? Bila tidak, simak ringkasan berikut ini. 

Di dalam Al-Qur'an ternyata ada doa-doa umum yang bisa kita lafadzkan untuk mendoakan dan memohon ampunan bagi kedua orang tua yang telah meninggal. Diantaranya adalah

1. Dalam surat An-Nuh ayat 28, yaitu "ROBBIGH FIRLI WA LIWALIDAYYA" yang berarti bahwa,  “Tuhanku! ampunilah Aku, ibu bapakku.” 

2. Kemudian dalam surat Al-Isra ayat 24, yaitu "ROBBIRHAMHUMA KAMAA ROBBAYANI SHOGHIRO
Yang berarti "Dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”. 

3. Dalam surat Ibrahim ayat 41, yaitu "RABBANAGH FIRLI WA LIWALIDAYYA WA LILMU'MININA YAUMA YAQUMUL HISAAB."
Yang berarti bahwa, "Wahai Rabb kami, ampunilah aku dan kedua orang tuaku serta kaum muslimin pada hari perhitungan."

Dimana keseluruhan doa ini terangkum menjadi sebuah doa yang selalu kita ucapkan setelah melakukan shalat, baik shalat sunnah maupun shalat wajib. 

Kemudian dalam sebuah riwayat hadits dari Abu Hurairah Ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, 
“Sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat seorang hamba yang sholeh di surga, hamba itu kemudian berkata; ‘Wahai Rabb, dari mana semua ini? ‘ maka Allah SWT berfirman; ‘Dari istighfar anakmu.” (HR. Ahmad) 

Selain itu, dalam sebuah riwayat disebutkan dari Jubair bin Nufair bahwa ia berkata, "Saya mendengar Auf bin Malik berkata, " Suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menshalatkan jenazah, dan saya hafal do’a yang beliau ucapkan: “ALLAHUMMAGHFIR LAHU WARHAMHU WA ‘AAFIHI WA’FU ‘ANHU WA AKRIM NUZULAHU WA WASSI’ MUDKHALAHU WAGHSILHU BILMAA`I WATS TSALJI WAL BARADI WA NAQQIHI MINAL KHATHAAYAA KAMAA NAQQAITATS TSAUBAL ABYADLA MINAD DANASI WA ABDILHU DAARAN KHAIRAN MIN DAARIHI WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLIHI WA ZAUJAN KHAIRAN MIN ZAUJIHI WA ADKHILHUL JANNATA WA A’IDZHU MIN ‘ADZAABIL QABRI AU MIN ‘ADZAABIN NAAR." (HR. Muslim)

Yang berarti bahwa, Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, kasihanilah ia, lindungilah ia dan maafkanlah ia, muliakanlah tempat kembalinya, lapangkan kuburnyak, bersihkanlah ia dengan air, salju dan air yang sejuk. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan, sebagana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran, dan gantilah rumahnya -di dunia- dengan rumah yang lebih baik -di akhirat- serta gantilah keluarganya -di dunia- dengan keluarga yang lebih baik, dan pasangan di dunia dengan yang lebih baik. Masukkanlah ia ke dalam surga-Mu dan lindungilah ia dari siksa kubur atau siksa api neraka).” Hingga saya berangan seandainya saya saja yang menjadi mayit itu. 

Akan tetapi, selain dengan mendoakan dan memohonkan ampunan, ternyata ada amalan baik lainnya yang jugabisa kita lakukan untuk berbakti kepada orang tua yang telah meninggal. Yaitu, 

1. Melaksanakan wasiatnya, terutama bila wasiat itu tidak memerintahkan kemaksiatan kepada Allah SWT dan tidak pula bertentangan dengan hukum syariat. 

2. Menghubungkan tali silahturahim orang tua yang telah meninggal serta berbuat baik kepada teman dan kerabatnya.

3. Bersedekah atas nama orang tua.  Dimana dalam hal ini para ulama sepakat bahwa sedekah dengan mengatasnamakan orang yang telah meninggal maka hal itu akan sampai kepadanya. Sebagaimana riwayat Imam Bukhari bahwa, Aisyah ra menceritakan bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Rasulullah SAW, “Ibuku meninggal dunia dengan mendadak, dan aku menduga seandainya dia sempat berbicara dia akan bersedekah. Apakah dia akan memperoleh pahala jika aku bersedekah untuknya (atas namanya)?”. Beliau menjawab: “Ya, benar”
0 Komentar untuk "Inilah Doa Untuk Orang Tua Yang Telah Meninggal"

Back To Top