Inilah 8 Cara Untuk Mempererat Hubungan Suami Istri


Tentunya setiap pasangan yang telah menikah mendambakan kehidupan rumah tangga yang harmonis dan bahagia. Terlebih lagi bagi pasangan yang telah lama menikah. Sehingga satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan mempererat hubungan suami istri.

Mempererat hubungan suami istri bisa dilakukan dengan berbagai hal. Usaha ini akan mengantarkan kita pada pernikahan dan keluarga yang harmonis atas ridho Allah. Setiap manusia pasti memiliki suasana emosi yang naik dan turun. Sehingga apabila tidak bisa mengontrolnya dengan baik, maka dapat menjadi racun dalam pernikahan.

Inilah 8 Cara Untuk Mempererat Hubungan Suami Istri

Dengan demikian, diperlukan kesungguh-sungguhan dari masing-masing pasangan agar dapat menciptakan kehidupan rumah tangga yang harmonis dan bahagia hingga tua nanti.  Dan berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar hubungan suami istri menjadi lebih erat:

1. Meluangkan waktu untuk duduk bersama

Meskipun, suami istri memiliki kesibukan masing-masing. Tapi sempatkanlah waktu untuk kalian duduk bersama dan saling bercerita tentang apa yang terjadi pada hari itu. Meskipun hanya sebentar, hal ini sangat membantu kita agar tidak merasa di acuhkan oleh pasangan. Semakin sibuk dan semakin banyak waktu yang kita habiskan untuk meninggalkan keluarga, maka semakin jauhlah keluarga dengan kita.

2. Memberikan penghormatan yang baik pada pasangan

Penghormatan ini bisa kita lakukan saat ia akan pergi keluar rumah ataupun ketika pulang ke rumah. Lakukanlah penghormatan itu dengan mesra. Sebuah hadist meriwayatkan bahwa pada suatu hari, Rasulullah hendak melakukan shalat, tapi beliau mencium istrinya terlebih dahulu dan tidak mengulangi wudhunya sehingga beliau langsung shalat. Hal ini menunjukkan bahwa mencium sang istri dapat digunakan sebagai cara mengeratkan hubungan suami istri, bahkan bisa meluluhkan kekakuan dan kebekuan antara suami dan istri.

3. Melakukan tugas dengan bersama-sama

Setiap kedudukan, baik sebagai suami atau istri memiliki tugas masing-masing dalam pekerjaan rumah. Meskipun demikian, apabila kita melakukan pekerjaan ini dengan bersama-sama maka tugasnya akan menjadi lebih ringan. Selain itu, kita bisa memiliki waktu yang lebih untuk bersama.

4. Saling memberi hadiah
Selama pernikahan, berilah hadiah atau surprise kepada pasangan, meskipun pada hari itu tidak ada peringatan yang spesial tapi buatlah hari itu menjadi hari yang spesial bagi kalian sebagai cara memperkuat hubungan suami istri. Berkesannya sebuah hadiah bukan karena harganya yang mahal, tetapi karena ketulusan cinta kasih kita pada pasangan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa bosan dan jenuh yang dapat meretakkan hubungan pernikahan.

5. Menampakkan wajah ceria
Emosi dapat menular ke orang-orang disekitar kita, baik itu emosi positif atau emosi negatif. Emosi positif akan memberikan pengaruh positif juga pada lingkungan sekitar. Oleh karena itu, dengan menampakkan wajah ceria maka akan membuat suasana menjadi lebih bahagia sehingga hati pasangan pun juga ikut bahagia. Berbeda jika kita menampakkan wajah cemberut di depan pasangan, maka secara tidak langsung, pasangan juga akan memiliki emosi negatif, seperti mudah marah.

6. Memuji pasangan

Memberikan pujian diperlukan dalan hubungan suami istri, namun dengan kadar pujian yang masih wajar. Terdapat beberapa syarat untuk kita memberikan pujian pada pasangan, yakni untuk memberikan motivasi, pujian tersebut tidak membuat pasangan menjadi lupa diri atau sombong serta pujian itu dikeluarkan dengan tulus dan jujur.

7. Perlu adanya keterbukaan
Dalam sebuah pernikahan, kejujuran adalah dasar yang harus dijaga sebagai cara mempererat hubungan suami istri dalam islam. Sebagai pasangan suami istri, kita harus saling menjaga kepercayaan satu sama lain. Oleh karena itu, keterbukaan satu sama lain sangat diperlukan untuk berbagi masalah, cerita dan lain hal.

8. Mengkhususkan waktu berekreasi berdua tanpa anak

Memiliki anak bukan berarti menghalangi kita untuk tetap mesra dan meluangan waktu berduaan saja dengan pasangan. Ada kalanya, kita membutuhkan waktu hanya berdua dengan pasangan. Kita bisa melakukannya dengan makan malam berdua keluar rumah, berekreasi berdua, dan lain hal yang bisa dilakukan berdua saja.

Demikian cara mempererat hubungan suami istri di dalam pernikahan agar terus awet dan langgeng.

0 Komentar untuk "Inilah 8 Cara Untuk Mempererat Hubungan Suami Istri"

Back To Top