Inilah Tanda Seseorang Positif Menderita Kanker Usus


Meskipun tidak seterkenal penyakit kanker jenis lainnya, namun kanker usus juga merupakan salah satu penyakit kanker yang berbahaya. Pasalnya berdasarkan data dari World Health Organization (WHO) ditemukan bahwa kanker usus menyebabkan 655.000 kematian di seluruh dunia setiap tahunnya. 

Kanker usus disebabkan karena adanya pertumbuhan sel yang tidak normal di area usus besar, kecil, buntu dan bahkan anus. Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang terkena kanker usus, misalnya usia, sejarah keluarga, kebiasaan merokok. Disamping itu kelebihan berat badan jan kebiasaankurang mengkonsumsi sayur dan buah juga merupakan salah satu pemicu kanker usus.

Inilah Tanda Seseorang Positif Menderita Kanker Usus

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya terkena penyakit berbahaya satu ini. Pasalnya gejala awal yang ditunjukkan terlihat seperti ambeien, yaitu adanya darah dala tinja. Padahal, hal tersebut cukup berbeda. oleh sebab itu, ada baiknya bila kita mengetahui tanda bahwa seseorang positif terkena penyakit kanker usus. 

1. Darah pada tinja
Tanda pertama seseorang yang terkena kanker usus adalah adanya darah pada tinja.  Dan bukan hanya darah, tekstur tinja pada penderita kanker usus biasanya juga berubah menjadi lebih panjang dan tipis. Selain itu perlu diketahui pula bahwa adanya darah yang keluar bersama tinja merupakan tanda utama penyakit kanker, bukan hanya kanker usus. 

2. Anemia
akibat darah yang terlalu banyak keluar melalui tinja, maka tubuh pun beresiko mengalami anemia. Sehingga penderita kanker usus yang mengalami anemia akhir akan merasakan tubuhnya lebih lemas dan perubahan warna kulit menjadi lebih pucat. 

3. Kelelahan
Merupakan hal yang wajar bila seseorang merasa kelelahan setelah beraktivitas. Akan tetapi, apabila rasa lelah yang dirasakan tersebut disertai dengan gejala kanker usus lainnya, maka hal ini perlu diwaspadai. Sebab kelelahan bisa dipicu dari anemia. 

4. Penurunan berat badan
Selain anemia dan kelelahan, biasanya penderita kanker usus juga akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Padahal ia sedang tidak berdiet atau mengikuti program penurunan berat badan.

5. Perut tidak nyaman
Selanjutnya seseorang yang positif terserang kanker usus biasanya kerap merasakan nyeri, sakit, inflamasi, dan kembung di area perut. Dimana penyebab perasaan tidak nyaman tersebut diduga berasal dari sel kanker yang menginvasi tubuh.

6. Masalah buang air besar
Selain adanya darah pada tinja, hal-hal lain yang juga mengganggu kegiatan buang pada orang yang terkena kanker usus adalah diare dan sembelit.

7. Obesitas
Obesitas juga merupakan salah satu faktor penyebab kanker usus. Terlebih lagi bila bagian perutnya membuncit. Oleh sebab itu sebelum terlambat, segera turunkan berat badan.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tanda positif dari serangan kanker usus yang harus diperhatikan.Oleh sebab itu ketika anda mendapati gejala tersebut namun masih belum yakin, maka segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendengarkan diagnosis yang lebih pasti dan bisa segera mendapatkan pertolongan dan pengobatan yang tepat. Semoga bermanfaat. 
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Inilah Tanda Seseorang Positif Menderita Kanker Usus"

Back To Top