Istri Seperti Inilah yang Disebut Rasulullah SAW Sebagai Sumber Malapeteka


Setiap pasangan yang menikah tentunya mengharapkan kehidupan rumah tangganya bahagia, tentram dan nyaman. Terlebih lagi apabila bisa meraih kebahagiaan di dunia dan juga di akhirat kelak.

Bagi seorang suami, memiliki istri yang cantik dan shalehah tentunya merupakan sebuah kebahagiaan yang teramat diidamkan. Sebab, seorang istri yang shaleha bukan hanya dapat memberikan kebahagiaan bagi suaminya, namun juga dapat menjadi jalan bagi keluarganya untuk memasuki surganya Allah SWT.

Istri Seperti Inilah yang Disebut Rasulullah SAW Sebagai Sumber Malapeteka

Oleh sebab itu sangat dianjurkan bagi seorang pria untuk berhati-hati dalam memilih pasangan. Pasalnya diantara para wanita yang dijadikan istri ada yang disebut Rasulullah SAW sebagai sumber malapetaka. Bahkan beliau juga menggolongkan mereka sebagai wanita-wanita munafik. Yaitu mereka yang suka berlebih-lebihan dalam menghias dirinya. Berikut penjelasan selengkapnya.

Bersolek atau berdandan merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh seorang wanita yang selalu ingin terlihat cantik. Bahkan  seorang istri justru sangat dianjurkan untuk piawai dalam hal ini, agar sang suami merasa betah dirumah dan tidak melirik wanita lain.

Namun, dalam keadaan tertentu seorang wanita yang gemar bersolek justru akan dipandang sebagai seorang munafik dan menjadi sumber malapetaka dalam kehidupan rumah tangganya.

Sebagaimana yang disebutkan dalam buku Menuju Pernikahan Islami, yang dikutip oleh Drs Muhammad Thalib dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Nu'aim bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Wanita-wanita yang gemar meminta cerai dan wanita-wanita pesolek (di luar rumah) adalah wanita-wanita munafik.”

Hal ini dikarenakan kebanyakan istri justru akan tampil semenarik mungkin terutama dalam bersolek saat akan keluar rumah, misalnya sat bekerja, pergi pesta atau tempat-tempat umum lainnya. Sementara saat dirumah, ia justru berdandan ala kadarnya atau bahkan tidak berdandan sama sekali.

Dan kebanyakan mereka akan beralasan bahwa dengan berdandan semenarik mungkin saat keluar rumah, hanya untuk menunjukkan bahwa suaminya tidak salah pilih dan sangat beruntukng karena memiliki istri yang cantik jelita.

Bahkan Drs Muhammad Thalib mengatakan bahwa "mereka disebut munafik karena selalu berpura-pura dalam menampilkan dirinya dan menyembunyikan keadaan yang sesungguhnya."

Dengan demikian tidak jarang, berdandan menyebabkan wanita itu harus mempercantik diri berjam-jam lamanya sebelum keluar rumah hanya karena tidak ingin terlihat sebagai wanita yang memiliki kekurangan. Bahkan bukan hanya menggunakan make up yang berlebih, biasanya mereka juga ajan mengenakan pakaian bak puti raja dengan warna dan bentuk yang mengundang perhatian orang lain.

Padahal dandanan seperti itulah yang akan mengundang pandangan lelaki jahat dan dapat menjerumuskan pada hal-hal yang tidak baik. Selain itu, kebanyakan wanita yang seperti ini akan lebih sering menuntut dan menyusahkan suaminya saat tidak memiliki uang yang cukup untuk keperluan dandannya.

Biasanya mereka akan marah-marah dan menuduh suaminya tidak lagi sayang dengannya, padahal sang suami telah mengerahkan seluruh kemampuannya untuk memberikan apa yang diinginkan oleh istrinya tersebut.

Dan parahnya lagi, wanita-wanita yang seperti ini selalu menuntut agar suaminya tidak melirik wanita lainnya. Namun tanpa disadari, mereka justru berupaya agar laki-laki lain meliriknya dengan dandannya itu. Dan hal inilah yang sangat berbahaya bagi kebahagiaan dan keberlangsungan rumah tangga.

Oleh sebab itulah, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa istri yang gemar bersolek adalah sumber malapetaka dan wanita munafik. Semoga bermanfaat.
1 Komentar untuk "Istri Seperti Inilah yang Disebut Rasulullah SAW Sebagai Sumber Malapeteka"

memilih pasangan hidup memang gampang-gampang susah dan kebanyakan wanita berhias justru karena akan keluar rumah/pergi

Back To Top