Inilah Para Malaikat Pendamping Manusia


Setiap manusia ternyata selalu mendapatkan pengawasan dari para malaikat utusan Allah SWT. Sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur'an dan hadits, bahwa satu malaikat berada disisi kanan manusia untuk mencatat amal baik, sementara disisi kiri bertugas untuk mencatat amal buruk yang dilakukan oleh manusia.

Namun ternyata, selain malaikat pencatat amal ada malaikat lainnya yang juga selalu mendampingi setiap manusia. Bahkan para malaikat tersebut tidak pernah berpisah dengan manusia hingga ajal menjemput manusia tersebut. 

Inilah Para Malaikat Pendamping Manusia

Dengan kata lain bahwa, selama manusia tersebut masih hidup maka para malaikat pendamping akan selalu menemaninya terkecuali pada saat tertentu seperti buang air, berhubungan suami istri dan sebagainya. Dan inilah para malaikat yang menjadi pendamping manusia semasa hidup.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa ada empat malaikat yang bergantian menemani manusia saat siang dan malam hari. Dimana dua diantaranya menjaga di malam hari, dan dua lagi menjaga di siang hari. Serta satu jin yang tidak pernah berpisah dengan manusia. 

1. Malaikat Penjaga
Dalam Kitab Qotrul Ghoits-Cahaya Iman-Syaikh An-Nawawi Al-Jawwi, telah diceritakan bahwa setiap manusia dijaga oleh 20 malaikat yang memiliki tugas-tugas khusus. Dimana 10 malaikat menjaga di malam hari dan 10 malaikat menjaga di siang hari.

Sebagaimana disebutkan dalam kitab tersebut, bahwa Utsman bin Affan ra bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai jumlah malaikat yang ada pada manusia. Dan Rasulullah SAW pun menjawab bahwa ada 20 malaikat yang selalu mendampingi manusia, yaitu malaikat yang berada disebelah kanan dan sebelah kiri, di depan dan dibelakang, di kening atau ubun-ubun (yang akan mengangkat derajat manusia apabila ia merendahkan hatinya, dan merendahkan derajat manusia apabila ia berlaku sombong), di kedua bibir (yang menjaga manusia untuk istiqomah membaca shalawat), mulut (menjaga agar tidak ada ular maupun serangga yang masuk ke dlaam mulut saat tidur), dan di kedua mata (yang menjaga mata dari melihat yang terlarang)

Selain itu, 20 malaikat tersebut akan berkumpul pada saat shubuh dan Ashar. Dimana waktu shubuh merupakan pergantian dari malaikat malam ke malaikat siang, sementara waktu ashar merupakan pergantian dari malaikat siang ke malaikat malam.  Oleh sebab itu, hendaklah kita menjaga waktu shubuh dan ashar, tanpa melalaikan waktu shalat yang lainnya.

2. Malaikat yang mengikuti
Selain malaikat penjaga, disebutkan pula bahwa ada malaikat-malaikat yang selalu mengikuti manusia. Mereka berjalan di depan dan dibelakang manusia. Sebagaimana telah dikabarkan dalam ayat berikut ini:

“Sama saja (bagi Tuhan), siapa di antaramu yang merahasiakan ucapannya, dan siapa yang berterus terang dengan ucapan itu, dan siapa yang bersembunyi di malam hari dan yang berjalan (menampakkan diri) di siang hari. Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. Ar Ra’ad 10 -11)

3. Malaikat pencatat amal
Sebagaimana kita ketahui bahwa, ada malaikat pencatat amal yang selalu mengiringi kemanapun kita pergi. Sebab, para malaikat tersebut akan selalu mencatat segala perbuatan anak manusia. Para malaikat tersebut memiliki tugasnya masing-masing.

Dimana malaikat di sisi kanan, akan mencatat kebaikan dan malaikat di sisi kiri akan mencatat keburukan. Namun, malaikat disisi kanan akan selalu berusaha untuk mencegah malaikat di sisi kiri untuk mencatat amal keburukan manusia. Dia akan berkata, "Biarkan dulu selama tujuh jam, barangkali dia akan bertasbih atau beristighfar.”

4. Kemungkinan ada jenis malaikat pencatat amal lainnya.
Allah SWT menyebutkan nama yang berbeda untuk malaikat pencatat amal dalam surat Al-Infithar ayat 10-12. Dimana pada ayat ke sebelas ada penyebutan kata "Kiraman Katibin" yang digunakan untuk mewakili kata "pencatat amal". Namun masih kurang pasti, apakah ini adalah sebutan yang berbeda bagi malaikat pencatat amal, atau memang menunjukkan adanya malaikat lainnya.

Setelah para malaikat yang selalu mendampingi manusia, ternyata ada seorang jin yang juga selalu mendampingi manusia. Yaitu jin Qarin, ia bertugas untuk menyesatkan, memerintahkan melakukan hal yang dilarang dan melarang melakukan hal yang diperintahkan. 

Seperti halnya para malaikat pendamping, jin ini juga akan selalu menemani manusia kemanapun pergi. Sehingga ketika para malaikat menjaga manusia untuk menjauhi hal terlarang, maka jin akan terus berupaya membujuk manusia untuk melakukannya.

1 Komentar untuk "Inilah Para Malaikat Pendamping Manusia"

Ada sesosok wujud manusia yang mengantarkan ruhku menemui Allah untuk melakukan perjanjian. Kemudian saat ruhku hendak ditiupkan oleh Nya ke janin, wujud manusia ini berpamitan dan berpesan ..."ingatlah.... saya akan selalu berada didekatmu...mengawasimu". Pada waktu ini kegelapan terjadi dan ane gak bisa melihatnya lagi...ada 3 kegelapan sementara terjadi, ruh...janin...bayi(saat dilahirkan). Begitu sayangnya Allah kepada manusia sampai-sampai kegelapan ini tertuang dalam firman Nya, surat Az Zumar ayat 6.

Back To Top