Inilah 3 Kebiasaan Masak yang Ternyata Salah


Kini memasak tidak lagi menjadi sebuah aktivitas yang sulit untuk dilakukan. Pasalnya ada cukup banyak alternatif yang memudahkan proses memasak, misalnya dengan belajar dari video di youtube, browsing situs masakan, buku resep dan sebagainya. 

Selain itu, dapur rumah bisa digunakan sebagai laboratorium berbagai percobaan masak yang menyenangkan. Tidak perlu memasak menu yang rumit, Anda bisa memulainya dari menu masakan rumah yang dapat mengasah kemampuan memasak Anda.

Inilah 3 Kebiasaan Masak yang Ternyata Salah

Salah satu kegiatan yang menyenangkan adalah belajar memasak, selain itu kita juga bisa berkreativitas dan bereksperimen dengan masakan yang akan disajikan. Namun tahukah Anda, bahwa ternyata ada beberapa kebiasaan memasak yang harus dihilangkan. Meskipun terlihat sederhana, namun ternyata kesalahan-kesalahan tersebut bisa berakibat fatal terhadap tubuh dan kesehatan kita. Berikut penjelasannya. 

1. Memanaskan minyak sampai berasap
Kebiasan masak pertama yang ternyata saah adalah memanaskan minyak hingga berasap. Biasanya hal ini dilakukan saat akan menggoreng sesuatu, seperti kerupuk. Untuk menggoreng kerupuk memang membutuhkan minyak yang panas, namun sebagian orang beranggapan bila minyak telah panas ditandai dengan adanya asap. Padahal, anggapan ini sebenarnya salah dan tentunya tidak menyehatkan. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Eden Tareka, seorang peneliti dari Universitas Stockholm, Swedia didapatkan hasil bahwa minyak yang terlalu panas akan memicu munculmya akrilamida, yang dapat menyebabkan tumor, kerusakan DNA, syaraf bahkan bisa menjadi penyebab keguguran. 

2. Mencuci daging
Kebiasaan masak kedua yang ternyata juga salah adalah mencuci daging, bukan hanya daging sapi namun juga daging ayam. Tidak sedikit orang yang mencuci daging yang telah dibeli. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan darah yang masih melekat pada daging. Akan tetapi hal tersebut ternyata salah, sebab mencuci daging justri bisa membuat dagibf tercemar bakteri yang terdapat pada air.

Untuk itu, sebagai solusinya sebaiknya saat pembelian segeralah bungkus daging dengan kertas penyerap (paper napkin) untuk mengurangi cairan berlebih.

3. Menggunakan wajan antilengket
Penggunaan wajan anti lengket memang terlihat lebih praktis dan efisien, selain itu kebanyakan orang merasa tidak perlu khawatir bila masakannya menjadi gosong. Meskipun terlihat lebih efisien, namun ternyata penggunaan wajan anti lengket memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan. 

Pasalnya berdasarkan hasil penelitian yang di publish dalam jurnal online Environmental Health Perspectives disebutkan bahwa dalam wajan anti lengket terdapat bahan kimia berupa senyawa perfluorinated  seperti perfluorooctanic acid (PFOA) dan perfluorooctane sulfonate (PFOS) yang dapat mengganggu hormon pada manusia. 

Selain itu, kandungan bahan-bahan kimia tersebut juga dapat meningkatkan resiko kerusakan hati dan gangguan pertumbuhan. Pada seorang wanita, dapat menyebabkan gangguan kesuburan, mempercepat menopause. 

Demikianlah penjelasan mengenai 3 kebiasaan masak yang sering dilakukan namun ternyata salah. Dengan mengetahui hal ini, semoga kita bisa merubah kebiasaan tersebut sehingga terhindar dari berbagai resiko kesehatan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar untuk "Inilah 3 Kebiasaan Masak yang Ternyata Salah"

Back To Top