5 Aktivitas yang Menjadi Pantangan Saat Hamil Muda


Ketika seorang wanita sedang hamil muda, tentunya ia akan merasa sangat khawatir dalam segala hal. Meskipun demikian sudah seharusnya ia menjaga kehamilan dan menghindari beberapa aktivitas yang menjadi pantangan saat hamil muda.
5 Aktivitas yang Menjadi Pantangan Saat Hamil Muda
Aktivitas yang dilakukan oleh seorang ibu hamil sedikit banyaknya dapat mempengaruhi kondisi kesehatan sang ibu dan janin. Selain itu aktivitas atau kegiatan yang mempengaruhi kondisi mental si ibu juga berpengaruh pada kondisi si janin. Oleh sebab itu, beberapa aktivitas sebaiknya tidak dilakukan demi menjaga keselamatan ibu dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti keguguran misalnya. 

Beberapa aktivitas ini mungkin merupakan hal normal yang selalu dilakukan sehari-hari saat sebelum hamil. Namun perlu diperhatikan bahwa saat hamil kondisi kita berubah dan tentu adanya janin di dalam perut yang lebih rentan dari Ibu yang mengandung. Karena itulah, hindari pantangan ini saat hamil muda. 

1. Diet
Sebagai wanita tentu saja berat badan menjadi suatu hal yang sangat diperhatikan. Karena itulah terkadang kita melakukan diet agar dapat menjaga bentuk tubuh agar selalu sempurna. Namun pada saat hamil muda, hal ini tidak boleh dilakukan karena pada keadaan hamil, tubuh memerlukan nutrisi yang lebih banyak jika dibandingkan pada saat normal. 

Nutrisi tersebut nantinya akan digunakan oleh janin untuk berkembang. Tentunya janin harus mendapatkan nutrisi yang cukup demi perkembangannya, dan jika melakukan diet maka nutrisi yang diperlukan janin bisa-bisa tidak tercukupi sehingga membahayakan bagi janin itu sendiri. 

2. Olahraga
Seperti yang diketahui, olahraga diperlukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Namun pada saat hamil muda, kegiatan olahraga bisa jadi terlalu berat untuk dilakukan. Karena itulah pada waktu ini, justru lebih baik jika ibu hamil tidak melakukan olahraga dahulu untuk sementara waktu.

Olahraga yang ditujukan untuk ibu hamil memang ada, namun olahraga tersebut tidak dilakukan saat sedang hamil muda. Gerakan olahraga pun sangat ringan sehingga aman untuk dilakukan ketika sedang hamil.

3. Konsumsi obat-obatan
Obat-obatan yang dimaksudkan disini adalah obat yang biasa dikonsumsi sehari-hari misalnya obat flu ataupun obat sakit kepala yang terdapat di pasaran. Pada saat tidak dalam keadaan hamil, mungkin kita terbiasa mengkonsumsi obat-obatan tersebut. Namun ketika sedang hamil, obat tersebut tidak boleh dikonsumsi lagi meskipun beredar bebas dan tidak berbahaya. 

Pada saat hamil, tubuh menjadi lebih rentan, karena itulah semua obat yang akan dikonsumsi lebih baik sudah melalui konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, karena obat tersebut bisa menjadi salah satu penyebab keguguran.

4. Stress
Mungkin hal ini sangat sulit dihindari karena pada saat hamil banyak hal yang menjadi kekhawatiran bagi sang ibu. Namun sebisa mungkin usahakan agar pikiran tetap tenang sehingga tidak menjadi stress. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ibu serta membahayakan janin nantinya. 

5. Asap rokok
Seperti kita ketahui asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Terlebih lagi bagi janin yang ada di kandungan, karena janin tersebut masih lemah sehingga harus dijaga dengan baik. Karena itulah selama hamil lebih baik untuk menghindari asap rokok sebisa mungkin. Jika sedang makan di restaurant pun, lebih baik untuk meminta meja di area non smoking sehingga kita dapat terhindar dari asap rokok orang lain. 

Selain beberapa aktivitas yang telah dijelaskan, sebenarnya masih banyak pantangan-pantangan lainnya bagi ibu hamil. Namun yang terpenting adalah seorang ibu hamil wajib menjaga kesehatannya selama masa kehamilannya. 

0 Komentar untuk "5 Aktivitas yang Menjadi Pantangan Saat Hamil Muda "

Back To Top