Inilah 6 Amalan Ibu Hamil Agar Melahirkan Anak Sholeh


Salah satu tujuan menikah adalah untuk mendapatkan keturunan. Sehingga kehamilan menjadi suatu momen yang sangat ditunggu-tunggu kedatangannya. Kebahagiaan keluarga akan terasa lengkap jika di dalamnya terdapat seorang anak hasil dari buah cinta mereka. Kehamilan akan menjadi kabar gembira bagi seluruh keluarga, terlebih bagi seorang ibu. 

Inilah 6 Amalan Ibu Hamil Agar Melahirkan Anak Sholeh

Salah satu keistimewaan seorang perempuan yaitu memiliki rahim, sehingga ia dapat hamil dan melahirkan. Dalam proses kehamilannya, perempuan diberikan kepercayaan oleh Allah untuk terlibat lebih banyak dalam proses penciptaan manusia.

Selain itu, ia juga diberikan tanggung jawab untuk mendidik anak tersebut menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Mendidik anak agar menjadi anak yang sholeh bisa dilakukan bahkan sebelum anak tersebut lahir. Karena setiap yang dilakukan selama hamil akan berpengaruh secara langsung pada perkembangan janin. 

Berikut 6 amalan yang dapat dilakukan ketika hamil agar melahirkan anak yang sholeh.

1. Menjaga emosi
Ketika hamil, emosi seorang ibu akan menjadi labil. Hal ini juga turut dirasakan oleh janin di dalam kandungan. Ketika ibu marah, maka janin akan merasakan kemarahan itu. Begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, energi positif atau negatif dari ibu akan berpengaruh terhadap perkembangan anaknya, baik di dalam kandungan atau sudah lahir.Dengan demikian, sebaiknya seorang ibu menjaga kestabilan emosinya agar tidak mudah marah atau mengeluarkan emosi yang negatif ketika mengandung.

2. Banyak berdoa
Kelahiran adalah sebuah proses yang amat besar untuk para ibu. Mereka mempertaruhkan nyawa demi anak tercintanya. Oleh karena itu, agar proses kelahiran dapat terjadi secara lancar maka mintalah kepada Allah akan hal itu. 

Dengan berdoa kepada Allah, akan memberikan hati yang tenang sehingga seorang ibu akan lebih relaks ketika menjalani proses kelahiran. Bahkan dalam sebuah dalil dijelaskan bahwa ketika kita menginginkan anak yang sholeh maka mintalah dengan berdoa kepada Allah. Dan salah satu doa yang dianjurkan oleh Rasulullah ialah dalam surat As-Shaffat ayat 11 yaitu :

“Robbi habli minashsholihin (Ya Allah berikanlah kami anak yang sholih).” 

3. Mendidik sejak dalam kandungan
Sebagian orang berpikiran bahwa, mendidik anak hanya bisa dilakukan ketika ia sudah lahir dan sudah tumbuh menjadi lebih dewasa. Akan tetapi sebenarnya, ajaran ketika masih kecil akan memiliki peran yang lebih penting untuk perkembangannya.

Dengan demikian cara untuk mendidik anak di dalam kandungan dapat dilakukan dengan membacakan ayat suci Al-Qur’an di dekat perut, mendengarkan lantunan qiro’ah, serta ucapan positif lainnya. InsyaAllah dengan cara seperti ini, anak akan terlahir dengan sifat positif.

4. Menjaga rezeki tetap halal
Rezeki adalah pemberian Allah kepada setiap umat-Nya. Setiap orang memiliki jalan rezekinya masing-masing. Tapi kita juga harus mengetahui bagaimana hukum rezeki itu, apakah halal atau haram. 

Beberapa dalil juga telah menjelaskan bahwa kita dilarang mencari atau menerima uang yang haram. Jangankan untuk orang yang mengandung, untuk semua orangpun rezeki haram dilarang. Ketika rezeki itu haram, berarti apa yang dibeli dari uang itu akan menjadi haram juga, termasuk makanan. Ketika seorang ibu makan makanan yang haram, maka akan berpengaruh terhadap perkembangan bayinya.

5. Banyak bersyukur
Satu hal yang paling penting sebagai amalan baik untuk ibu hamil adalah rasa syukur. Kenikmatan Allah terlampau banyak untuk umat manusia. Kehamilan merupakan salah satu karunia terbesar-Nya bagi seorang ibu. 

Oleh karena itu, ungkapan rasa syukur akan meningkatkan keimanan seorang ibu dan akan berpengaruh baik pada kandungannya. Ketika seorang ibu mengungkapkan rasa syukur pada Allah maka insyaAllah ia akan dikaruniai anak yang sholeh.

6. Memeriksakan kandungan
Kesehatan kandungan harus selalu dijaga secara rutin. Banyak masalah atau gangguan yang akan dialami ketika mengandung, baik untuk ibunya atau untuk anaknya. Perkembangan kehamilan perlu diperiksakan agar kita tahu apakah ada kesalahan dengan kandungan kita. 

Sebaiknya secara rutin kita memeriksakan kandungan ke bidan atau dokter yang profesional. Sehingga ketika ada masalah kita dapat mengetahuinya sedini mungkin dan dapat langsung mengambil tindakan.

Demikian inilah 6 amalan hamil yang sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil agar dapat melahirkan anak yang sholeh. Semoga kita semua dikaruniai anak-anak yang berbakti kepada orang tuanya dan taat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. 

0 Komentar untuk "Inilah 6 Amalan Ibu Hamil Agar Melahirkan Anak Sholeh"

Back To Top