Deteksi Kesehatan Melalui Telapak Tangan


Bukan sulap bukan sihir bila penyakit Anda bisa dideteksi hanya dari telapak tangan. Bagaimana mungkin? Hal ini dikarenakan telapak tangan adalah bagian saraf paling ujung tubuh manusia. Sehingga setiap peristiwa yang terjadi di dalam tubuh dapat dilihat melalui telapak tangan.


Dari telapak tangan sebenarnya kita sudah bisa melakukan deteksi awal terkait kelainan pada tubuh atau penyakit yang ada. Bahkan bangsa Yunani telah lama mempraktekkan analisis pada telapak tangan. Karena di telapak tangan manusia itu tersimpan sekitar 1000 rahasia kesehatan. 

Selain itu analisis telapak tangan termasuk salah satu bentuk analisis yang sangat dianjurkan oleh orang-orang yang berprofesi dibidang pengobatan saat akan merawat atau mengobati pasien yang datang berobat kala itu. 

Dan diantara bagian telapak tangan, yang dapat menunjukkan kondisi suatu penyakit dalam tubuh manusia adalah telapak tangan bagian atas, telapak tangan bagian belakang, semua jari, dan ruas-ruas jari bagian atas serta kuku. Berikut beberapa gangguan kesehatan dari penyakit ringan  maupun parah yang dapat dideteksi oleh telapak tangan manusia.

Kanker Payudara

Telapak tangan seorang wanita dapat dijadikan petunjuk untuk melihat resiko terjadinya kanker payudara dengan cara membandingkan kesamaan diantara kedua jarinya. Apabila jari telunjuk lebih panjang dibandingkan jari manis, maka berarti mereka lebih memiliki tingkat esterogen yang lebih tinggi. 

Esterogen merupakan sebuah merupakan sebuah hormon yang memainkan peran kunci dalam perkembangan organ dan sistem reproduksi wanita, selain itu hormon ini juga membantu pertumbuhan kanker. Coba perhatikan bagaimana dengan kondisi perbandingan telunjuk dan jari manis Anda ?

Jantung

Beberapa ilmuwan Finlandia yang melakukan penelitian terhadap 8000 orang dengan melihat ujung jari kelingking mereka yang bengkok ke dalam, menemukan bahwa 46% pria lebih beresiko meninggal di usia muda karena serangan jantung dibandingkan pria tanpa osteoarthritis.

Alasan tentang hubungan ini masih belum jelas dan pasti, namun para ahli memprediksikan hal ini sebagai akibat dari tingkat lemak yang tinggi dalam darah yang dapat menutupi arteri atau dapat juga karena osteoarthritis menunjukkan rendahnya tingkat hormon testoteron yang melindungi pria terhadap penyakit jantung.

Autisme

Berdasarkan hasil penelitian di tahun 2001, ditemukan bahwa anak autis memiliki jari manis yang lebih panjang. Hal ini menunjukkan bahwa mereka memiliki jumlah testoteron yang tidak biasa di dalam rahimnya yang mengakibatkan bentuk perilaku yang sangat berlebihan seperti kesulitan dalam berkomunikasi dan kurang kesadaran mengenai kondisi emosional orang lain.

Masalah Paru-paru

Saat dokter melihat gejala masalah pernapasan, mereka kerap kali memeriksa kuku tangan sang pasien. Hal ini karena warna kulit dibawah kuku berubah warna menjadi corak biru ketika terjadi komplikasi pernapasan.

Hal ini disebabkan karena darah yang mengandung oksigen akan berwarna merah terang, namun darah yang kehilangan oksigen akan berwarna merah gelap. Dan inilah salah satu gejala yang muncul pada bayi yang mengidap bronkitis akut.

Stres

Saat dalam keadaan tertekan tubuh akan mengeluarkan hormon steroid yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Seseorang yang mengalami stres memiliki tanda-tanda di telapak tangannya berupa urat-urat hijau atau biru di pergelangan tangan, telapak tangan dan di sepanjang jari-jari serta terlihat jelas di betis kaki.

Kekurangan Vitamin

Noda putih di ujung jari kuku menunjukkan seseorang yang mengalami kekuranagn zat seng di dalam tubuhnya. Seng berperang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Ada banyak sumber makanan yang mengandung seng seperti susu, tiram, ayam, semua jenis biji-bijian, kacang dan sayuran berwarna hijau.

Masih banyak penyakit lainnya yang dapat dideteksi melalui telapak tangan seseorang. Melalui teknik pendeteksian penyakit yang kemungkinan diderita seseorang melalui telapak tangannya, kita dapat mengetahui adanya gangguan atau gejala penyakit yang terdapat di dalam tubuh.Namun, untuk lebih memastikan sebaiknya Anda tetap memeriksakan diri ke dokter agar lebih yakin dan valid. Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Deteksi Kesehatan Melalui Telapak Tangan"

Back To Top