5 Perkara yang Akan Dipertanyakan di Hari Kiamat


Kiamat adalah suatu hal yang pasti terjadi. Tapi tidak ada yang tahu kapan kiamat itu akan terjadi. Hanya Allah lah yang tahu kapan kiamat akan datang. Ada 5 hal yang pasti ditanyakan di hari kiamat, apa sajakah itu? Kita harus tahu mengenai kelima perkara itu agar dapat mempersiapkan diri menjadi lebih baik sehingga memperbanyak bekal amalan di akhirat kelak.

5 perkara yang akan dipertanyakan di hari kiamat

Berikut ini adalah 5 perkara yang akan dipertanyakan di hari kiamat, yaitu:

1. Ilmu
Perkara ini juga akan di tanyakan di hari akhir. Bagaiana kita menggunakan ilmu yang kita miliki untuk kebaikan. Terdapat orang yang memiliki ilmu lebih tapi mereka menggunakannya untuk berbuat maksiat.

2. Masa Muda
Masa muda adalah masa di mana energi dan tenaga kita dalam keadaan yang maksimal. Hal ini dapat kita manfaatkan untuk beribadah sebanyak mungkin dengan tulus dan ikhlas. Oleh karena itu, pada masa muda ini akan dipertanyakan di hari kiamat. Apakah kita memanfaatkan waktu muda untuk perbuatan baik ataukah melakukan maksiat.

3. Umur
Umur adalah salah satu berkah yang diberikan oleh Allah pada umat-Nya. Setiap orang memiliki takdirnya masing-masing mengenai umur mereka di dunia. Orang yang lebih muda meninggalnya bukan berarti ia akan masuk neraka, begitu juga sebaliknya. Keberkahan umur tergantung dengan bagaimana kita memanfaatkan waktu untuk melaksanakan kebaikan.

Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan setiap waktu untuk melakukan amal baik. Pada hari kiamat kita akan ditanyakan mengenai apa yang kita lakukan selama umur kita di dunia. Apakah itu untuk melakukan shalat, puasa, zakat, sedekah dan amal baik lainnya. Ataupun hanya untuk berbuat maksiat. Inilah salah satu dari lima hal yang pasti ditanyakan di hari kiamat.

4. Harta (Cara memperoleh)
Harta merupakan rezeki yang diberikan oleh Allah untuk kelangsungan hidup umat manusia. Setiap orang telah diberikan sesuai dengan ketentuan Allah. Mereka yang memiliki harta banyak belum tentu orang yang memiliki keimanan tinggi, karena pada dasarnya keimanan tidak diukur melalui kekayaan.

Terdapat harta halal dan haram di dunia ini. Haram atau tidaknya harta ini tergantung bagaimana kita memperolehnya. Apabila kita memperoleh harta haram maka kita harus mempertanggungjawabkan hal tersebut. Sebagai contoh pemerolehan harta haram adalah mencuri, merampok, harta riba atau harta yang bukan haknya.

5. Harta (Penggunaannya)
Harta memanglah sebuah perkara yang penting sehingga dipertanyakan di hari kiamat. Setelah kita membahas bagaimana cara memperolehnya, kita juga harus tahu bahwa bagaimana penggunaan harta tersebut juga harus dipertanggungjawabkan di akhirat kelak karena kita akan ditanya tentang berbagai nikmat yang diperoleh.

Terdapat 4 hal yang menjelaskan mengenai bagaimana menggunakan harta di dunia, yaitu:
  1. Cara mendapatkan yang buruk dan cara menggunakannya yang buruk. Hal ini dapat kita temui jika ada orang yang korupsi kemudian menggunakan uang tersebut untuk minum-minuman keras, narkoba atau perbuatan yang dilarang lainnya.
  2. Cara mendapatkan yang buruk namun penggunaannya baik. Hal ini biasanya sering dikisahkan ketika ada orang yang mencuri kemudian membagikan uang tersebut pada orang yang membutuhkan. Allah tidak akan menerima amal jika sumbernya tidak halal.
  3. Cara mendapatkan baik dan penggunaannya buruk. Contohnya adalah jika kita menjadi seorang pekerja dan menggunakan gaji itu untuk kemaksiatan.
  4. Cara mendapatkan baik dan penggunaannya baik, sebagai contohnya adalah uang hasil bekerja dan menggunakannya untuk sedekah.
Demikianlah 5 hal yang pasti akan ditanya di hari kiamat kelak.Sebagai seorang hamba yang beriman kita harus senantiasa berusaha agar tetap istiqomah di jalan-Nya. Sehingga kelak ketika diberikan pertanyaan di hari Kiamat, kita mampu menjawabnya dengan lancar dan tidak berbelit-belit. Amin ya robbal alamin.

0 Komentar untuk "5 Perkara yang Akan Dipertanyakan di Hari Kiamat"

Back To Top