Inilah Berkah Tersembunyi dalam Makan Berjama’ah


Makan berjama’ah jika dilihat secara sepintas saja sudah menunjukkan kebersamaan yang kuat. Tidak ada alasan untuk tidak mencobanya karena ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan. 

Inilah Berkah Tersembunyi dalam Makan Berjama’ah

Apa Saja Berkah dalam Makan Berjama’ah Bagi Umat Islam?

Ada cerita mengenai Nabi Muhammad SAW yang berhubungan dengan makan dengan berjamaah. Jadi pada waktu itu, Nabi Muhammad SAW diundang oleh seorang sahabat untuk makan bersama-sama, termasuk juga empat orang sahabat Beliau yang lain. 

Sesuai logika, tentu saja jumlah makanan yang disiapkan oleh tuan rumah sesuai dengan jumlah tamu yang sudah diundang sebelumnya. Tetapi tiba-tiba di tengah perjalanan rombongan tersebut berpapasan dengan seseorang yang ternyata ingin ikut juga dalam undangan yang sama. 

Orang tersebut minta izin pada tuan rumah yang menyelenggarakan undangan terlebih dahulu dan akhirnya mereka berenam pun makan bersamaan. Latar belakang tuan rumah tidak menolak orang yang tiba-tiba ikut tersebut adalah karena Allah SWT pernah bersabda bahwa makan bersama sebenarnya memiliki berkah yang luar biasa. 

HR Muslim pernah meriwayatkan sebuah hadits tentang berkahnya makan berjamaah. Jumlah makanan untuk satu orang ternyata bisa cukup untuk dua orang, jumlah makanan untuk dua orang ternyata bisa cukup untuk empat orang, dan sama halnya untuk jumlah makanan untuk empat orang bisa cukup untuk delapan orang.

Mungkin beberapa dari kita belum tahu, tetapi inilah yang disebut sebagai berkah. Berkah-lah yang membuat seseorang tak pernah merasa kekurangan. Berkah inilah yang membuat seseorang juga tak pernah berhenti memberi, karena tahu bahwa dengan memberi berkahnya tak akan habis melainkan justru bertambah.

Ada lagi suatu kisah dimana sahabat bertanya kepada Nabi Muhammad SAW mengapa saat mereka makan, rasa kenyang tidak pernah datang. Dengan tenang Nabi Muhammad SAW menjawab bahwa mereka mungkin makan sendiri-sendiri. Ternyata memang benar, para sahabat tersebut makan sendiri-sendiri dan tidak makan berjamaah. 

Nabi Muhammad SAW juga bersabda mengenai adab makan yang dilupakan. Banyak orang yang makanannya tidak diberkati dengan baik karena orang-orang sudah mulai lupa makan berjama’ah dan tidak mengucapkan Bismillah saat hendak menyantap makanan.

Inilah Manfaat Lain dari Makan Berjamaah yang Bisa Dirasakan

Pertama, umat Muslim akan terdorong untuk hidup qona’ah maupun sederhana. Qona’ah disini berarti selalu merasa cukup dengan apa yang telah diberikan Allah SWT kepadanya sampai saat ini. 

Kedua, meskipun terdapat hadits mengenai pelipat gandaan porsi makanan sampai empat orang, sesungguhnya tidak ada batasan karena yang penting bisa membuat umat Muslim terdorong untuk selalu berbagi. Tak peduli berapapun jumlah orangnya selama ia mampu, Allah Yang Maha Kuasa akan selalu mencukupi. 

Ketiga, umat Muslim akan selalu mengingat sunnah mengenai jangan makan sendirian, tetapi selalu makan dengan orang banyak. Secara sosial makan bersama dengan orang lain bisa meningkatkan kualitas hubungan, relasi yang baik, kualitas pekerjaan, bahkan memperluas pandangan kita.

Melalui makan berjamaah terjadi proses bonding, obrolan menyenangkan, obrolan hati ke hati, dan pengetahuan baru yang mungkin tidak kita ketahui sebelumnya. Hal ini bisa membuat kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi.

Jadi, masih ragu untuk makan berjamaah? Kurangi makan sendirian saja dan perbanyaklah berkah dalam makan berjama’ah. Niscaya Anda akan selalu merasa bersyukur atas apa yang sudah Allah SWT berikan dalam hidup.

0 Komentar untuk "Inilah Berkah Tersembunyi dalam Makan Berjama’ah"

Back To Top