Inilah Rahasia Sayyidina Umar Ditakuti Manusia dan Iblis


Hampir semua umat Muslim pasti sudah tahu siapa itu Sayyidina Umar bin Khattab. Sayyidina Ummar yang juga merupakan mertua dari Nabi Muhammad SAW memang menurut beberapa sumber merupakan sosok yang cukup menyeramkan. Yuk simak ulasan mengenai rahasianya lebih lanjut!

Inilah Rahasia Sayyidina Umar Ditakuti Manusia dan Iblis

Rahasia Sayyidina Umar Ditakuti Manusia dan Iblis

Beberapa dari kita pasti sudah tahu bahwa Sayyidina Umar bin Khattab memiliki masa lalu kelam yang menunjukkan bahwa ia sosok pemberani dan beringas. Kita juga tahu dari berbagai sumber bahwa tubuhnya tergolong besar dan sangat jangkung dibandingkan orang-orang Arab lainnya. 

Ternyata lebih dari itu, Sayyidina Umar bahkan ditakuti manusia dan iblis. Melalui kitab Syiar A’lamin dikisahkan bahwa saat Sayyidina Umar menunggangi seekor kuda, kakinya akan benar-benar menyentuh tanah saking panjangnya. 

Sebelum masuk agama Islam pun ia memiliki hidup yang sungguh menyedihkan dan tidak sesuai dengan perintah maupun larangan Allah semisal membunuh, berjudi, dan minum minuman keras (arak). 

Lebih parah lagi, air yang haram tersebut dicurahkannya ke tubuhnya mulai dari ujung kepala sampai dengan ujung kaki. Memang kelakuan yang di masa sekarang seperti preman itu bisa menyebabkan orang-orang takut sekejap saja, tetapi sesungguhnya lebih hebat lagi, yang membuat orang-orang takut adalah ketaatan Sayyidina Umar kepada Allah SWT tepat saat ia masuk dan memeluk agama Islam.

Alasan kenapa Sayyidina Umar ditakuti manusia dan iblis tersebut ternyata lebih besar dibandingkan alasan kenapa manusia takut kepada iblis dan alasan kenapa iblis takut kepada yang lainnya. 

Bagaimana tidak, ia secara keseluruhan hidup benar-benar mengikuti perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya sekecil apapun itu. Padahal, sebelumnya ia sudah hidup benar-benar jauh dari kata ideal. 

Selain membuat takut dengan rasa hormatnya, hal ini jugalah yang menginspirasi banyak orang untuk masuk dan memeluk agama Islam meskipun mereka mencoba masuk dalam kondisi jauh dari kata ideal. 

Sebenarnya, Nabi Muhammad SAW sudah bercerita bahwa Sayyidina Umar merupakan sahabat beliau yang sangat tinggi ketakwaan maupun ketaatannya pada Allah. Hanya saja karena masa lalunya yang sangat kelam tersebut, ia senantiasa takut pada Allah SWT.

Ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dari Sayyidina Umar serta kenapa manusia dan iblis takut pada Sayyidina Umar. 

Pertama, kita belajar mengenai kerendahan hati. Bisa saja saat ini atau di masa lalu dosa kita hampir sama besarnya dengan apa yang telah dilakukan oleh Sayyidina Umar. Kondisi terburuk yaitu dosa kita lebih besar dibandingkan dosa Sayyidina Umar sebelum masuk agama Islam. 

Akan tetapi, apakah kita yakin bahwa kita tidak pernah meninggalkan shalat satu waktu pun? Apakah kita pernah merasa malas saat menunaikan ibadah puasa atau sembahyang saat sudah waktunya? Apakah kita juga sering tergoda oleh nikmat duniawi sehingga melupakan Allah yang sedang menonton dari surga? 

Jika jawaban untuk pertanyaan pertama tidak sementara jawaban berikutnya ya, artinya Sayyidina Umar memiliki kerendahan hati yang jauh lebih besar dibandingkan milik kita. 

Selain itu, kita juga bisa belajar mengenai perubahan manusia. Manusia akan selalu berubah seiring berjalannya waktu dan yang dibutuhkan hanyalah kesempatan untuk belajar dan merenung. 

Oleh karena itu, selalu pertimbangkan untuk memberi kesempatan bagi seseorang yang bersalah kepada kita layaknya Allah SWT yang memberi kesempatan bagi Sayyidina umar. Semoga artikel mengenai rahasia Sayyidina Umar ditakuti manusia dan iblis ini bisa menginspirasi Anda.

0 Komentar untuk "Inilah Rahasia Sayyidina Umar Ditakuti Manusia dan Iblis"

Back To Top