9 Hal Ini yang Dirasakan Orangtua Saat Anaknya Akan Menikah


Pernikahan merupakan ikatan pemersatu antara dua insan yang berbeda. Bukan hanya melibatkan dua hati, menikah juga melibatkan hati dan perasaan kedua orang tua yang pada akhirnya harus melepaskan anak-anaknya yang telah bersamanya sekian lamanya untuk hidup bersama orang lain.

9 Hal Ini yang Dirasakan Orangtua Saat Anaknya Akan Menikah

Dengan demikian, tidak mengherankan bila pada saat prosesi akad nikah atau sungkeman, para orang tua tidak sanggup menahan air mata melihat anak-anaknya akhirnya menjadi suami atau istri orang lain.  Tentu saja air mata tersebut adalah air mata bahagia. Namun, tahukah kamu bagaimana perasaan orang tua saat anaknya akan menikah ? 

Inilah Perasaan Orang Tua Saat Melihat Anaknya Akan Menikah

1. Dibalik doa dan restunya, mereka menahan air matanya saat melepaskan anaknya menikah dengan pilihannya.
Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya berbahagia dalam kehidupan rumah tangganya. Meskipun telah memberikan doa dan restunya, namun tetap saja mereka akan merasa sedih untuk melepaskan anaknya hidup bersama orang lain. Hal inilah yang membuat orang tua meneteskan air matanya.  

2. Mereka akan merasa kesepian ketika anaknya pergi meninggalkan mereka
Ketika anaknya menikah, maka ia akan hidup bersama keluarga barunya dan memiliki rumah tinggal sendiri. Hal inilah yang membuat orangtua harus berpisah dengan anaknya. Padahal mereka sudah hidup bersama hingga bertahun-tahun lamanya. Orangtua akan merasa ada yang hilang dan merasa kesepian.

3. Apapun kesalahan anaknya, mereka telah memaafkannya
Seorang anak pastilah pernah berbuat kesalahan pada orangtuanya. Bahkan hal ini cukup sering dilakukan. Dengan membentak, tidak mendengarkan perkataan orangtua atau bahkan melawan. Namun, orangtua tidak akan menaruh dendam pada anaknya. Justru mereka telah memaafkan semua kesalahan sang anak padanya meskipun belum meminta maaf.

4. Pada akhirnya mereka kembali berdua layaknya ketika anaknya belum lahir
Saat anak-anaknya menikah dan meninggalkan rumah satu persatu, kedua orang tua akan kembali hidup berdua sama seperti saat anak-anaknya belum lahir. Hal ini tentu saja akan membuat hati mereka bersedih, karena biasanya hari-hari mereka dikelilingi oleh anak-anaknya dirumah.

5. Mereka akan khawatir akan kehilangan waktu bersama anak-anak
Meski tidak pernah menyampaikan kepada anaknya, orang tua diam-diam akan merasa khawatir kehilangan waktu bersama dengan anaknya. Mereka menyadari bahwa ketika anaknya memutuskan untuk menikah maka sang anak akan menghabiskan waktunya lebih banyak dengan keluarga barunya. Hal ini membuat waktu bersama orangtua menjadi berkurang. 

6. Mereka merasa bahwa anaknya akan membagi kasih sayang antara orang tuanya dan pasangannya
Meskipun merestui dan turut berbahagia dengan pilihan anaknya, namun kecemburuan dalam hati orang tua tetap ada, bahwa kelak anaknya akan membagi kasih sayangnya tidak lagi hanya untuk orang tuanya tapi juga untuk suaminya. Akan tetapi mereka akan rela dan juga akan mencintai orang-orang yang dicintai anaknya dengan sepenuh hati.  

7. Meskipun tanggungjawab duniawi mereka telah selesai, tapi cinta kasihnya akan tetap terjalin hingga ke akhirat.
Saat anaknya menikah dan hidup bersama pasangannya, maka tanggung jawab kedua orang tua telah selesai. Keduanya tidak lagi berkewajiban untuk mendidik dan menanggung kehidupan anaknya. Namun meskipun begitu, rasa cinta kasih mereka terhadap anaknya tidak akan berkurang dan tetap terjalin hingga ke akhirat nanti.

8. Mereka memikirkan anaknya secara diam-diam sebelum sang anak menikah
Orangtua memiliki kasih sayang yang tak terhingga untuk anaknya. Meskipun mereka terlihat tidak peduli atau cuek, tapi mereka memikirkan nasib yang akan dijalani oleh anaknya. Saat anaknya sibuk menyiapkan pernikahannya, diam-diam orang tua juga akan memikirkan anaknya. 

Mereka menyadari bahwa anaknya akan segera pergi dari rumah, dan sang anak tidak lagi milik mereka, serta mereka akan mengingat-ngingat kembali saat sang anak masih kecil dan menjadikan mereka sebagai pusat dunianya

9. Meskipun anaknya sudah beranjak dewasa, tapi orangtua akan memandangnya tetap sebagai anak kecil
Seorang anak tetap akan menjadi seorang anak. Hal inilah yang membuat orangtua terkadang masih  memandang anaknya seperti anak kecil meskipun mereka sudah dewasa atau bahkan akan menikah sekalipun.

Itulah yang dirasakan para orang tua saat anaknya akan menikah. Meskipun mereka terlihat sangat bahagia karena berhasil mengantar anaknya sampai jenjang pernikahan, namun terdapat beberapa hal yang disembunyikan dari sang anak. 

Banyak hal yang tidak akan dipahami dari perasaan sayang orang tua kepada anaknya. Karena hal tersebut hanya akan dipahami bila sang anak  nantinya juga menjadi orang tua. Maka sayangilah orang tuamun dan berikan perhatian pada mereka sebelum terlambat. 

0 Komentar untuk "9 Hal Ini yang Dirasakan Orangtua Saat Anaknya Akan Menikah"

Back To Top