Chia Seed, Si Imut Berkekuatan Super


Sejak beberapa tahun belakangan, ketika superfood baru mulai diperbincangkan di Indonesia, beberapa orang bahkan telah mengkonsumsi chia seed yang dicampurkan dalam jus dan smoothies. Ketika itu chia seed masih susah ditemukan dan hanya beberapa toko organik yang menjualnya karena memang chia seed merupakan produk impor. Namun, semenjak orang-orang sudah banyak yang mengkonsumsi superfood, chia seed semakin mudah di jumpai.

Chia Seed, Si Imut Berkekuatan Super

Superfood adalah sebuah makanan kaya nutrisi yang dianggap memiliki manfaat khusus bagi kesehatan, sementara chia seed atau biji chia merupakan biji dari tanaman berbunga mint yang berasal dari Amerika Tengah khususnya Meksiko dan Guatemala. Bahkan suku Aztec menjadikan chia seed sebagai sumber makananan pokok yang dipercaya mampu meningkatkan energi dalam tubuh.

Chia seed adalah biji alami tanpa diproses yang rendah Glycemix Index (GI), bebas gluten, bebas kolesterol, bebas gula dan tinggi serat sehingga mudah dicerna. Chia seeds sendiri memiliki dua warna yaitu hitam dan putih yang memiliki rasa lebih gurih. Chia seed sangat kaya asam lemak omega-3, protein, Alpha Linoleic Acid (ALA) dan serat yang baik terutama bagi Anda yang sedang diet.

Dr. Wayne Coates, seorang peneliti dari University of Arizona, Amerika Serikat mengungkapkan beberapa manfaat kesehatan dari biji Chia tersebut.  Diantaranya,

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Sebuah pusat medis akademik Cleveland Clinic, di Amerika Serikat membuktikan bahwa biji Chia dapat menjaga tekanan darah dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga mampu menurunkan kolesterol buruk (LDL) dan trigliserida. Oleh sebab itu biji chia sangat baik bagi kesehatan jantung

2. Melawan diabetes
Selain baik untuk jangtung, biji chia juga dapat menstabilkan gula darah dalam tubuh dan dapat melawan resistensi insulin yang terkait dengan diabetes. Biasanya biji chia digunakan sebagai pengobatan alami yang cukup potensial untuk melawan diabetes tipe 2 karena dapat memperlambat pencernaan dalam tubuh. Jika lapisan pada biji chia terkena cairan maka dapat mencegah lonjakan kadar gula darah dalam tubuh.

3. Kaya serat makanan
Dalam satu ons biji chia setara dengan 11 gram serat makanan atau hampir separuh dari jumlah asupan harian serat yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Terutama bagi Anda yang sedang diet, dengan menambahkan biji Chia dalam menu diet Anda merupakan cara mudah untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan serat yang baik bagi kesehatan terutama pencernaan tubuh.

4. Sumber asam lemak omega 3
Selain merupakan sumber serat yang baik, biji Chia juga kaya dengan asam lemak omega 3. Omega 3 sangat penting bagi perkembangan otak, menurunkan kolesterol buruk (LDL) sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung, menjaga tekanan darah, mengatasi alergi, mencegah peradangan serta depresi. Bahkan menurut Dr. Wayne Coates, konversi omega 3 dari biji Chia dalam makanan jauh lebih baik bila dibandingkan dengan biji rami.

5. Baik bagi tulang dan gigi
Biji chia juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, gigi dan mencegah osteoporosis. Hal ii dikarenakan satu ons biji Chia mengandung 177 mg kalsium mampu memenuhi 18% asupan harian kalsium yang direkomendasikan.

6. Kaya mineral mangan
Mangan merupakan mineral yang tidak terlalu terkenal namun sebenarnya penting bagi tubuh. Mangan berfungsi untuk membantu tubuh menggunakan nutrisi penting lainnya seperti vitamin C, vitamin B1, biotin dan kolin. Bahkan satu ons biji Chia mengandung 0,6 mg mangan atau setara dengan 30% asupan harian mangan yang direkomendasikan.

7. Mengandung triptofan
Triptofan merupakan salah satu dari 9 jenis asam amino esensial yand dikenal sebagai nutrisi penting terutama bagi Anda yang sedang diet. Triptofan yang terkandung dalm biji Chia berguna untuk membantu nafsu makan, tidur dan juga mood dalam diri.

Chia seed bila dikonsumsi tidak mengubah rasa, sehingga dapat dicampurkan dalam berbagai menu makanan lainnya seperti nasi, sereal, sayuran, salad, jus, smoothies dan sebagainya.

Demikianlah beberapa manfaat dari chia seed atau biji Chia si imut berkekutatan super yang baik bagi kesehatan.

3 Komentar untuk "Chia Seed, Si Imut Berkekuatan Super"

sepertinya harga Chia Seed cukup mahal

Saya Distributor Chiaseed Black Asli dan Murah Bp Ahmad :) di saya harga hanya 30.000/ons, 255.000/kg

Lengkapnya bisa lihat di instagram : Hidupsehatsekarang
Kontak kami di Wa/sms: 087822217520
line: annesiane

Trims :)

Chia seed Cina 500 gram cuma 60000 ada di toko TTS

Back To Top