Ketahui Cara Cuci Tangan Yang Benar


Tangan merupakan salah satu media penularan berbagai penyakit yang disebabkan kuman atau bakteri. Tanpa disadari tangan yang kotor menyebabkan kuman dapat berpindah dari satu orang ke orang lainnya dengan sangat mudah. Sehingga menimbulkan beberapa penyakit seperti cacingan, diare, infeksi  saluran pernapasan akut, TBC bahkan penyakit mematikan seperti flu burung, SARS dan berbagai penyakit lainnya.

Ketahui Cara Cuci Tangan Yang Benar

Ironisnya, meskipun sangat mudah untuk dilakukan, tetap saja banyak orang yang mengabaikan mencuci tangan dengan berbagai macam alasan. Padahal, kebiasaan sehat tersebut dapat melindungi kita dari berbagai kuman penyebab penyakit yang menempel di tangan.

Mencuci tangan bukan hanya sekedar membasuh telapak dengan air, namun ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan ketika ingin mencuci tangan. Apa sajakah tahapan tersebut ? Berikut informasi selengkapnya.

Menurut Dr. Herbowo A.F. Soetomenggolo, SpA dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina Jatinegara, Jakarta, banyak orang dewasa dan anak-anak yang mencuci tangan hanya pada bagian telapak tangan. Padahal, tangan kita terdiri dari telapak, punggung, jari-jari, sela-sela jari dan kuku. Pada setiap bagian tangan tersebut ada beragam jenis  kuman yang menimbulkan penyakit tertentu.

Oleh sebab itu biasakan menggosok tangan terutama kuku, sela-sela jari dan punggung tangan dengan air yang mengalir dan sabun. Lakukanlah setiap kali Anda hendak makan, sesudah melakukan aktivitas di toilet, sebelum memegang bayi, sehabis menceboki anak dan saat akan menyiapkan makanan.

Mengapa harus air yang mengalir ? Dengan menggunakan air yang mengalir, maka kotoran dan kuman akan luruh terbawa air. Dengan begitu, mulai sekarang saat akan makan dirumah makan atau warung makanan yang menyediakan wastafel, maka sebaiknya cuci tangan Anda di wastafel walaupun disediakan mangkuk tempat mencuci tangan dimeja Anda.

Mengapa mencuci tangan harus menggunakan sabun ? Karena zat pembersih berbentuk sabun baik yang padat maupun cair akan membantu proses pelepasan kotoran dan kuman yang menempel di permukaan luar kulit tangan dan kuku. Sehingga dengan mencuci tangan yang benar menggunakan sabun, maka kotoran dan kuman akan terangkat sebagian. Meskipun hanya sebagian namun hal ini sangat membantu resiko terinfeksi.

Berikut cara mencuci tangan yang baik dan benar :

1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan menggunakan air yang mengalir, teteskan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.

Ketahui Cara Cuci Tangan Yang Benar

2. Usapkan dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian

Ketahui Cara Cuci Tangan Yang Benar

3. Jangan lupa gosok jari-jari tangan dan juga sela-sela jari hingga bersih

Ketahui Cara Cuci Tangan Yang Benar

4. Kemudian bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkannya

Ketahui Cara Cuci Tangan Yang Benar

5. Selanjutnya gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian

Ketahui Cara Cuci Tangan Yang Benar

6. Setelah itu letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan

Ketahui Cara Cuci Tangan Yang Benar

7. Terakhir bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian bilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan dengan handuk ataupun tisu.
Ketahui Cara Cuci Tangan Yang Benar

Demikianlah cara mencuci tangan yang benar. Meskipun terlihat sepele, namun hal ini penting untuk kita ketahui bersama untuk mencegah penyebaran kuman dan penyakit yang tidak terlihat oleh mata. Karena sesungguhnya mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar untuk "Ketahui Cara Cuci Tangan Yang Benar"

Back To Top