5 Amalan Ringan yang Menghapus Dosa dan Membuka Pintu Surga


Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang tidak luput dari kesalahan dan dosa, meski begitu setiap manusia tentunya mendambakan untuk bisa masuk kedalam surga Allah. Pasalnya, surga digambarkan sebagai suatu tempat yang sangat indah, damai dan menyenangkan dengan segala kebaikan didalamnya. Sementara neraka digambarkan sebagai tempat yang penuh dengan siksaan dan azab, sehingga tidak ada satu manusia pun yang menginginkan masuk ke dalamnya.

5 Amalan Ringan yang Menghapus Dosa dan Mengantar ke Surga

Bahkan, orang-orang yang melakukan kemaksiatan pun juga menginginkan dirinya masuk ke dalam surga Allah. Terlebih lagi bagi orang yang taat beribadah, surga merupakan tujuan akhirnya. 

Ada banyak amalan ringan yang bila diakukan bukan hanya mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT, namun juga dapat menghapus dosa dan merupakan pintu masuk menuju surga. Lantas,  apa sajakah amalan ringan tersebut ?

1. Taubat
Ketika seseorang melakukan kemaksiatan namun menginginkan dirinya masuk ke dalam surga, maka satu-satunya jalan ialah dengan bertaubat. Sebab, saat seseorang memohon ampun dengan bertaubat dan tidak kembali mengulangi kemaksiatannya, maka hal tersebut dapat menggugurkan dosanya dan menjadikan ia seseorang yang dicintai Allah SWT.

Dalam sebuah hadist riwayat  Muslim disebutkan Rasulullah SAW bersabda, barang siapa yang bertaubat sebelum matahari terbit dari barat, niscaya Allah akan mengampuninya.

2. Menuntut ilmu
Meski terlihat sepele, namun menuntut ilmu merupakan salah satu jalan menuju pintu surga. Sebab, banyak keutamaan yang diperoleh saat kita menuntut ilmu. Bahkan Rasulullah mengatakan bahwa siapa saja yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan agar ilmunya tersebut menjadi jalan menuju surga. 

3. Mengingat Allah
Zikir merupakan amalan ringan namun berpahala sangat besar di mata Allah SWT. Dengan senantiasa mengingat Allah, merupakan sarana untuk menjadi pribadi yang tinggi di sisi Allah. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda

“Inginkah kalian aku tunjukkan kepada amalan-amalan yang terbaik, tersuci disisi Allah, tertinggi dalam tingkatan derajat, lebih utama daripada mendermakan emas dan perak, dan lebih baik daripada menghadapi musuh lalu kalian tebas lehernya, dan merekapun menebas batang leher kalian ?”. Mereka berkata, “Tentu”, maka lalu beliau berkata,”Zikir kepada Allah Ta’ala.” (HR. Tirmidzi, No. 3347)

4. Menjenguk orang sakit
Bukan hanya memberikan pahala silahturahim, namun menjenguk orang sakit sangat besar pahalanya disisi Allah. Selain itu menjenguk orang sakit menjadi jalan menuju taman surga.

Bahkan Rasulullah SAW mengatakan bahwa ketika seorangmuslim membesuk muslim yang sakit di pagi hari, maka 70.000 malaikat akan bershlawat kepadanya hingga sore hari. Dan apabila ia membesuk pada sore hari, maka mereka akan bershalawat untuknya hingga pagi hari, dan akan diberikan kepadanya sebuah taman di surga.

5. Menebarkan salam
Menebarkan salam merupakan amalan ringan yang bila dilakukan juga dapat membawa kita menuju jannah.  Memang sangat mudah untuk dilakukan, yaitu dengan mengucapkan salam kepada sesama orang beriman.

Rasulullah SAW bersabda, “Kalian tidak akan masuk surga sehingga beriman, dan tidaklah kalian beriman (sempurna) sehingga berkasih sayang. Maukan aku tunjukkan suatu amalan yang jika kalian lakukan akan menumbuhkan kasih sayang diantara kalian ? (yaitu) sebarkanlah salam. “ (HR. Muslim, No. 54)

Demikianlah ulasan mengenai amalan ringan yang dapat menghapus dosa sekaligus membuka pintu surga. Betapa Islam memberikan kemudahan bagi umatnya dengan amalan sederhana yang bisa membawa ke surga. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar untuk "5 Amalan Ringan yang Menghapus Dosa dan Membuka Pintu Surga"

Back To Top