Inilah 4 Tipe Berhijab Yang Salah dan Bikin Dosa


Berjilbab merupakan suatu kewajiban bagi wanita muslimah yang harus dilaksanakan. Sebagaimana Islam mengajarkan bahwa setiap wanita harus menutup seluruh auratnya terkecuali muka dan telapak tangan. Akan tetapi fenomena yang terjadi belakangan ini, membuat jilbab atau hijab bukan lagi hanya sebagai penutup aurat. Sebab, penggunaan jilbab menjadi salah satu trend sebagai sarana mempercantik diri dengan berbagai gaya dan model.

Inilah 4 Tipe Berhijab Yang Salah dan Bikin Dosa

Belakangan ini fenomena hijab sudah sangat menyebar luas dan menjadi salah satu trend paling populer dikalangan wanita. Seperti yang kita ketahui bersama, media cetak maupun media elektronik banyak menampilkan berbagai macam gaya dan model dalam berhijab. Terlebih kini banyak pula artis yang menggunakan hijab dengan berbagai kreasi yang banyak ditiru oleh masyarakat luas. 

Akan tetapi, diantara banyaknya model hijab tersebut justru kebanyakan tidak sesuai dengan syariat Islam dan malah membuat dosa. Lantas model hijab atau jilbab seperti apakah yang salah dan membuat dosa tersebut ? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Jilbab dengan bahan tipis bahkan transparan
Sebagian kalangan menganggap bahwa memakai jilbab dengan bahan yang tipis terlihat lebih modis. Terlebih bahan ini sangat cocok bagi para muslimah yang berada di daerah yang panas. Namun, saat seorang wanita memakai jilbab ini maka bagian kepala yang seharusnya tertutup malah kelihatan secara transparan, sehingga penggunaan jilbab seperti ini merupakan sebuah kesia-siaan. Dan jilbab dengan bahan seperti inilah yang salah dan justru membuat dosa. Bahkan Rasulullah SAW menyebut hal seperti ini sebagai berpakaian tapi telanjang. 

2. Jilbab super ketat
Dalam Islam setiap muslimah diwajibkan untuk menutup auratnya dan bukan membungkus auratnya. Namun saat ini banyak muslimah yang menggunakan jilbab ketat serta berpakaian sangat ketat sehingga lekukan tubuhnya terlihat dengan sangat jelas. Hal seperti inilah yang salah dan membuat dosa karena bukannya menutup aurat tetapi malah membungkus aurat yang semestinya tidak boleh dipamerkan kepada kaum adam. 

3. Jilbab yang menyerupai pakaian laki-laki
Meskipun saat ini banyak wanita muslimah yang telah berhijab, namun tidak sedikit diantara mereka yang masih menggunakan jilbab tidak sampai menutupi dada dan bahkan sebagian besar dari mereka memakai pakaian yang mirip dengan pakaian laki-laki seperti celana jeans. Sehingga mereka terlihat seperti seorang laki-laki yang menggunakan jilbab. Dan perlu diketahui bahwa gaya seperti ini tidak boleh dipraktekkan, sebab merupakan sebuah dosa bagi para muslimah seperti yang tertera dalam Al-Qur’an surat An-Nur ayat 31.

4. Jilbab yang menyerupai wanita kafir
Cara berjilbab yang salah selanjutnya adalah jilbab yang menyerupai para wanita kafir. Di dalam Islam telah dijelaskan bahwa cara berjilbab yang benar adalah harus menutupi aurat dan menjuntai sampai ke dada tanpa harus membuat ribet untuk berwudhu dan sholat. 

Akan tetapi, kebanyakan mereka yang menggunakan hijab menjadikannya sebagai gaya dan trend untuk dipamerkan kepada khalayak umum serta kebanyakan gaya berhijab ini tidak sesuai dengan syariat Islam.

Demikianlah ulasan mengenai 4 tipe berhijab yang salah dan bikin dosa. Seharusnya sebelum berhijab para muslimah sebaiknya memperlajari terlebih dahulu bagaimana tata cara berjilbab yang sesuai dengan syariat Islam sehingga tidak menimbulkan dosa. Dan jangan sampai berjilbab, namun lekukan tubuh masih terlihat atau menggunakan jilbab secara berlebihan sehingga menarik perhatian orang banyak. Semoga bermanfaat
0 Komentar untuk "Inilah 4 Tipe Berhijab Yang Salah dan Bikin Dosa"

Back To Top