Ini Rahasia Membuat Masakan Lezat Tanpa Garam


Garam sering kali menjadi pilihan populer untuk memperkaya rasa pada masakan, sehingga menjadi lebih lezat. Selain untuk memasak, garam juga digunakan dalam semua jenis olahan termasuk makanan beku. Bahkan beberapa orang juga menambahkan sejumlah garam meja untuk makanan siap saji yang mereka santap.

Ini Rahasia Masakan Lezat Tanpa Garam

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tubuh hanya membutuhkan 200-280 miligram sodium perhari, namun konsumsi garam di Indonesia mencapai 15 gram atau 15000 miligram per hari. Tingkat konsumsi garam yang berlebihan ini dapat menyebabkan sejumlah penyakit, diantaranya hipertensi. 

Meskipun sebenarnya garam juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun tidak ada salahnya untuk mengontrol dan mengurangi penggunaan garam. Sebab, ternyata ada banyak cara untuk membuat masakan memiliki cita rasa yang lezat tanpa harus menambahkan garam. Apasaja kah cara tersebut ? berikut penjelasan selengkapnya.

1. Tumis, panggang dan Bakar
Memasak dengan cara menumis, memanggang dan membakar, dapat mendorong terjadinya karamelisasi alami pada makanan. Selain itu, ketiga metode memasak ini dapat membuat rasa dan sari pada daging serta sayuran tetap terjaga saat proses memasak berlangsung. 

Dengan demikian, saat disantap bahan-bahan makanan tersebut dapat menghasilkan cita rasa alami yang memanjakan lidah. Akan tetapi, saat proses memanggang dan membakar usahakan jangan sampai gosong. Selain tidak enak juga tidak sehat.

2. Tambahkan bumbu herbal dan rempah
Berbagai rempah dan bumbu dapur herbal dapat menambakan rasa lezat pada makanan. Bahkan, kedua bahan makanan ini merupakan ‘tulang punggung’ dari berbagai resep makanan. Penambahan dedaunan herbal dapat memberikan cita rasa yang renyah dan ringan. Sementara berbagai rempah dalam masakan dapat memberikan cita rasa yang kaya.

3. Air lemon atau cuka
Penambahan air lemon atau cuka memiliki rasa yang berbeda yang mampu menebus kekurangan garam. Sedikit perasan lemon, jeruk nipis dapat membuat rasa hidangan lebih terasa nikmatnya. Selain itu, penambahan cuka juga dapat membangun rasa masakan tanpa harus menambahkan garam. 

4. Bawang dan paprika
Bumbu aromatik seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay dan daun bawang dapat menambah aroma khas pada masakan tumis, panggang maupun mentah. Begitu juga dengan paprika. Penambahan semua bahan tersebut dapat membangun rasa yang menambah kemanisan karamelisasi, pedasnya bawang merah dan tawarnya bawang putih.

5. Menggunakan minyak beraroma
Penggunaan minyak beraroma seperti minyak zaitun atau minyak kenari, bukan hanya menambah rasa enak pada makanan Anda, tapi juga merupakan pilihan yang sehat terutama bagi Anda yang sedang diet.

Demikianlah lima rahasia untuk menambah rasa makanan tanpa garam yang bisa Anda coba dirumah. Selain sehat, cita rasa yang dihasilkan juga tidak kalah lezatnya bila dibandingkan dengan penambahan garam. Garam memang memiliki manfaat bagi tubuh, namun jangan sampai berlebihan karena dapat memicu penyakit. 
0 Komentar untuk "Ini Rahasia Membuat Masakan Lezat Tanpa Garam"

Back To Top