Tiga Amalan Untuk Jadi Wanita Terbaik Menurut Rasulullah


Tentunya setiap wanita menginginkan dirinya dapat menjadi sosok wanita terbaik. Terlebih lagi bila menjadi yang terbaik dalam penilaian Allah SWT dan Rasulullah SAW. Namun untuk mencapainya memang tidak akan mudah dan butuh perjuangan. Hanya saja, berat bukan berarti tidak mungkin dan sukar tidak pula bermakna mustahil.

Tiga Amalan Untuk Jadi Wanita Terbaik Menurut Rasulullah

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi sosok wanita terbaik. Salah satunya dengan menjadi seorang istri.  Dengan menjadi pasangan yang baik bagi suami , selain dapat membuat kehidupan rumah tangga menjadi bahagia dan harmonis, maka Allah pun akan menyukainya.

Akan tetapi, ada beberapa faktor yang menghambat seorang wanita untuk menjadi yang terbaik bagi dirinya, keluarga dan juga Allah SWT. Oleh sebab itu, Rasulullah SAW  menyebutkan ada tiga amalan untuk menjadi wanita terbaik. Lantas, apa sajakah tiga amalan tersebut ? berikut ulasan selengkapnya.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa ada seorang sahabat Nabi yang bertanya tentang siapakah wanita yang paling baik. Maka Rasulullah pun menjawab, “adalah yang paling menyenangkan jika dipandang suaminya, taat jika diperintah suaminya dan tidak menyelisihi suami (dalam diri dan harta) dengan apa yang dibenci suaminya.” (HR. An-Nasa’i ; shahih)

1. Menyenangkan jika dipandang suami
Kaum laki-laki merupakan makhluk visual, dimana mereka bisa mencintai seseorang sejak pertama kali melihat tampilan fisik seorang wanita. Dengan begitu, menyenangkan jika dipandang merupakan syarat pertama bagi seorang istri yang ingin menjadi wanita terbaik bagi suaminya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar seorang wanita dapat menyenangkan bagi suaminya saat dipandang, yaitu dengan berpenampilan bersih, wangi, selalu tersenyum, memakai pakaian yang indah, dan tutur kata yang lembut serta perlakuan santun layaknya orang yang saling mencintai.

Bahkan bila perlu gunakanlah riasan saat bertemu suami agar ia semakin merasa senang dan sayang kepada istrinya. Dan jangan pernah tunjukkan wajah kesal ataupun marah di hadapan suami. Sebab, hal ini dapat membuat sang suami menjadi tidak betak dirumah.

2. Taat jika diperintah
Seorang suami merupakan pemimpin bagi istrinya, sehingga sudah menjadi kewajiban bagi seorang wanita yang bergelar istri untuk menaati perintah suaminya. Bentuk taat kepada suami bisa dengan bersegera mencukupi kebutuhannya, melakukan ibadah bersama-sama dan siap bila diperlukan terkait dapur, kasur dan sumur.

Sehingga, wanita yang terbaik adalah wanita yang menaati perintah suaminya. Namun dengan catatan bahwa perintah tersebut tidak bertentangan dengan syariat agama Islam.

3. Menjaga diri dan harta suaminya
Seorang wanita yang baik tentunya akan menjaga kehormatan dirinya sebagai seorang muslimah dan sebagai seorang istri yang juga akan melindunginya dari perbuatan dosa.
Sementara itu, wanita yang baik juga akan menjaga harta suaminya sebab dia menyadari bahwa harta suami merupakan amanah yang dititipkan kepadanya. Sehingga, apabila dia bisa menjaga amanah suaminya maka tentunya sang suami akan semakin menyayanginya.

Demikianlah ulasan mengenai tiga amalan yang bisa dilakukan untuk menjadi wanita terbaik menurut Rasululllah SAW. Tentunya setiap wanita mendambakan bisa menjadi wanita terbaik bukan hanya bagi dirinya sendiri namun juga keluarga dan terutama terbaik di sisi Allah SWT.

Oleh sebab itu ada baiknya sebagai wanita muslimah untuk senantiasa melakukan segala yang diperintahkan Allah dan menjauhi larangan-Nya terlebih ketika berumah tangga. Dengan begitu, jadilah istri yang baik untuk suami dan ibu yang baik pula untuk anak-anak.
0 Komentar untuk "Tiga Amalan Untuk Jadi Wanita Terbaik Menurut Rasulullah"

Back To Top