Kenali Tiga Golongan Manusia Yang Tidak Akan Pernah Masuk Surga


Setiap manusia tentunya menginginkan agar dapat masuk ke dalam surga. Akan tetapi, untuk bisa masuk ke dalam surga dan menikmati segala kenikmatan yang diberikan Allah SWT, bukanlah hal yang mudah namun tidak pula terlalu sulit. Sebab, manusia hanya perlu melakukan hal-hal yang diperintahkan oleh Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya.

Kenali Tiga Golongan Manusia Yang Tidak Akan Pernah Masuk Surga

Meskipun demikian, ternyata dalam sebuah hadist disebutkan bahwa setiap umat muslim pasti akan masuk ke dalam surga, hanya saja ada beberapa golongan yang memang harus merasakan neraka terlebih dahulu. 

Akan tetapi ada tiga golongan yang tidak akan pernah sekalipun masuk ke dalam surga Allah. Mereka akan tetap berada di dalam neraka di saat golongan lainnya diperbolehkan masuk ke dalam surga. Lantas siapa sajakah ketiga golongan tersebut? berikut penjelasan selengkapnya.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda ada tiga golongan manusia yang tidak akan Allah masukkan ke dalam surga-Nya, yaitu pecandu khamr, anak yang durhaka kepada orang tuanya dan Ad-Dayyus yaitu suami yang membiarkan istrinya berbuat serong. 

1. Pecandu khamr
Golongan pertama yang tidak akan pernah masuk ke dalam surga adalah orang yang suka minum-minuman keras. Allah SWT sangat melarang hamba-hamba-Nya untuk meminum-minuman keras karena terdapat banyak bahaya atau mudharat yang ditimbulkan dari minuman tersebut. 

Ketika seseorang berada dibawah pengaruh minuman keras, maka ia tidak hanya dapat membahayakan orang lain namun juga dirinya sendiri. Sebab, perbuatannya tersebut dapat menghilangkan akal pikirannya sehingga ia tidak dapat melaksanakan perintah Allah seperti shalat. 

2. Anak yang durhaka kepada orang tuanya
Golongan kedua yang tidak akan pernah masuk kedalam surga adalah anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya. Seorang anak dikatakan durhaka apabila ia tidak mau berbakti kepada ayah dan ibunya. 

Di dalam sebuah buku yang berjudul Al Kabair karangan ulama kenamaan Adz-Dzahabi, disebutkan bahwa berbakti kepada orang tua mencakup tiga hal yaitu menaati perintahnya yang benar, menjaga amanah yang telah dipercayakannya dan memperhatikan kebutuhan serta membahagiakan keduanya. Sementara bila keduanya telah tiada, maka yang bisa membahagiakan mereka hanyalah doa dari anaknya yang shaleh. 

3. Ad-Dayyus
Golongan terakhir yang tidak akan pernah masuk ke dalam surga adalah suami yang dayyus. Seorang suami dikatakan dayyus apabila ia tidak mau memperdulikan sikap dan tingkah laku istrinya, misalnya membiarkan istrinya membuka aurat atau berperilaku yang tidak seharusnya. 

Seorang suami juga dikatakan dayyus apabila ia membiarkan istrinya bergaul dan berbicara dengan lelaki yang bukan muhrim tanpa kepentingan yang mendesak. Selain itu ia juga tidak mencegah atau perduli serta tidak berusaha untuk memperbaiki keluarganya apabila melakukan suatu perbuatan yang menyimpang dari ajaran agama. 

Demikianlah penjelasan mengenai tiga golongan yang tidak akan pernah masuk ke dalam surga Allah. Ketiga golongan ini merupakan gambaran tentang manusia yang sangat jauh dari surga dan sangat dekat dengan neraka. 

Oleh sebab itu, sebagai manusia yang beriman hendaklah kita senantiasa berusaha agar tidak termasuk salah satu diantara ketiga golongan tersebut, yaitu dengan cara meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.  Semoga bermanfaat. 
0 Komentar untuk "Kenali Tiga Golongan Manusia Yang Tidak Akan Pernah Masuk Surga"

Back To Top