Inilah Bahayanya Merebus Kembali Air Yang Sudah Matang


Air merupakan salah satu sumber kehidupan manusia. Sebab, tanpa air manusia tidak akan bisa bertahan hidup. Bahkan sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. 

Umumnya untuk mendapatkan air yang bersih dan higienis adalah dengan memasaknya terlebih dahulu. Pada proses ini, kuman-kuman yang semula berdiam didalam air mentah akan mati. Dan pada tahap ini, air akan menjadi lebih bersih, bebas kuman dan baik dikonsumsi untuk kesehatan.

Inilah Bahayanya Merebus Kembali Air Yang Sudah Matang

Namun, terkadang kita sering mendidihkan kembali air yang sudah matang, misalnya saat ingin membuat secangkir kopi atau teh hangat dan keperluan memasak lainnya. Sebagian orang beranggapan bahwa, air yang telah matang kemudian bila direbus kembali maka akan semakin bersih. Padahal, air tersebut justru sangat berbahaya bagi tubuh kita. 

Pasalnya, air yang telah matang dan bila dididihkan kembali akan merubah susunan kimia si air tersebut. Sehingga, justru menjadikannnya racun bagi tubuh kita. 

Dengan membiarkan air mendidih terlalu lama atau merebus kembali air yang telah matang, maka secara tidak langsung kita telah mengonsentrasikan kandungan kimia berbahaya dan bukan malah menyingkirkannya. 

Dimana kandungan-kandungan kimia tersebut berupa arsenik, nitrat dan flouride. Terlebih lagi, mineral yang seharusnya menyehatkan justru berubah menjadi racun ketika telah terkonsentrasi. Misalnya garam kalsium yang dapat menyebabkan batu ginjal dan juga batu empedu bila dikonsumsi secara berlebihan. 

Dan berikut penjelasan mengenai bahaya kandungan kimia yang terdapat pada air yang dimasak kembali :

1. Arsenik
Arsenik dapat menyebabkan keracunan yang mampu melemahkan fisik secara perlahan selang waktu beberapa tahun, tergantung dari dosis arsenik yang telah masuk ke dalam tubuh. Selain itu, efek keracunan arsenik meliputi gangguan pencernaan, gangguan kulit, neuropati perifer, gangguan ginjal. Diabetes, penyakit jantung dan juga kanker. 

2. Nitrat
Nitrat bisa ditemukan secara alami di tanah, air dan udara. Namun bahan kimia ini bisa berubah menjadi racun yang sangat berbahaya bila digunakan sebagai pengawet makanan atau saat terkena panas yang sangat tinggi seperti pada air yang mendidih.

Saat nitrat terkena suhu tinggi, maka ia akan terkonversi menjadi nitrosamine yaitu senyawa yang bersifat karsinogenik. Selain itu, nitrat juga sering dikaitkan sebagai penyebab berbagai macam penyakit seperti kanker usus, leukimia, kandung kemih, limfoma non-Hodkin, kanker ovarium, kanker tenggorokan, kenker perut dan pankreas.

3. Flouride
Telah banyak dilakukan penelitian mengenai konversi bahaya flouride dan keberadaannya pada air minum. Dimana faktanya adalah, memang kandungan flouride tersebut terdapat di dalam air minum dan bisa menjadi ancaman serius bagi kesehatan tubuh kita.

Universitas Harvard menyimpulkan hasil penelitian lebih dari 27 penelitian yang dilakukan selama 22 tahun terkait dampak paparan flouride terhadap fungsi neurologis dan kognitif pada anak-anak bahwa, kandungan flouride yang ditemukan dalam air minum dapat mengakibatkan IQ rendah dikalangan anak-anak. Bahkan, hasil penelitian ini dipublikasikan dalam Jurnal Ilmu Kesehatan Lingkungan.

Demikianlah bahaya yang akan kita dapatkan bila memanaskan atau mendidihkan ulang air yang telah matang. Meski terlihat sepele, namun ternyata bahaya yang terdapat dibalik hal tersebut sungguh sangat luar biasa. Oleh sebab itu, jangan pernah mendidihkan kembali air yang telah matang dan juga jangan sampai air yang kita masak terlalu lama mendidih. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar untuk "Inilah Bahayanya Merebus Kembali Air Yang Sudah Matang"

Back To Top