Look Thep, Boneka Arwah Pembawa Keberuntungan ala Thailand


Misteri boneka-boneka berhantu selalu hadir di berbagai belahan dunia. Termasuk di negara Thailand yang kini tengah menggandrungi sebuah boneka menyerupai anak-anak. Berbeda halnya dengan boneka-boneka berhantu lainnya. Boneka ini justru diyakini bisa membawa nasib baik atau keberuntungan.

Look Thep, Boneka Arwah Pembawa Keberuntungan ala Thailand

Look thep atau malaikat kecil adalah boneka yang diyakini oleh para warga Thailand sebagai pembawa keberuntungan ini, memiliki ukuran seperti bayi atau anak kecil dengan berbahan dasar plastik. Dan bila diliihat sekilas, boneka look thep terlihat mirip dengan Chucky.

Meskipun demikian para warga Thailand sangat mencintai boneka ini, terlebih lagi mereka percaya bahwa boneka ini berisi arwah anak kecil yang dimasukkan ke dalam tubuh boneka melalui sebuah ritual khusus. Namun, proses ritual memasukkan arwah ke dalam boneka ini bukanlah merupakan sebuah ilmu hitam, sehingga mereka percaya bila Look thep tidak menyimpan energi yang berbahaya bagi manusia.

Bahkan saking populernya boneka ini, tidak sedikit orang yang mengkoleksi boneka look thep lebih dari satu. Padahal harganya cukup mahal sekitar 2.000-16.000THB atau sekitar 760ribu hingga 6,8 juta rupiah.

Look Thep selalu hadir menemani penumpang di pesawat Thailand

Keberadaan boneka yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan ini tampaknya memang sangat dipercaya oleh para penduduk Thailand. Bahkan sebuah maskapai lokal juga menyediakan pelayanan khusus bagi para pemilik boneka arwah tersebut.

Seperti Thai Smile Airways, sebuah maskapai dengan harga terjangkau yang menyediakan bangku khusus bagi boneka-boneka tersebut. Bukan hanya sampai disitu, sebab  mereka juga menyediakan minuman dan makanan bagi para boneka.

Bahkan, pramugari Thai Smile diimbau untuk memperlakukan boneka layaknya manusia. Pasalnya, para pemilik boneka telah melakukan ritual dan upacara khusus untuk mengundang arwah masuk ke dalam boneka.

Hal ini disebabkan karena sebelumnya para pramugari meletakkan boneka look thep tersebut di tempat penyimpanan di kabin pesawat. Namun, karena pemilik boneka banyak yang protes dan lebih memilih memangku boneka tersebut, seperti memangku anak kecil.

Oleh sebab itulah, Thai Smile akhirnya menetapkan peraturan baru yaitu menyediakan kursi khusus bagi boneka look thep. Bahkan, para pramugari pun memakaikan boneka arwah tersebut dengan sabuk pengaman yang tidak akan dilepaskan shingga saat lepas landas dan mendarat, seperti penumpang umum lainnya.

Disamping itu, para boneka juga tidak diperbolehkan ‘berkeliaran’ di pesawat. Sedangkan bagi penumpang yang tidak membayar tiket untuk boneka, maka harus bersedia memperlakukan bonekanya tersebut layaknya  barang bawaan. 

Kapten Woraneti Lahprabang, pelaksana CEO Thai Smile mengatakan pada Bangkok Post yang kemudian di kutip Yahoo Travel bahwa mereka mengeluarkan peraturan baru tersebut demi kenyamanan penumpang sekaligus keselamatan penerbangan.

“Bahkan telah lebih dari 40 boneka Look Thep yang naik penerbangan kami selama tiga bulan terakhir. Selain itu kami yakin bahwa peraturan baru yang dikeluarkan saat ini akan menambah jumlah tersebut.” Ucap Lahprabang.
Namun, meskipun demikian pihak keamanan bandara juga semakin memperketat penjagaan dan melakukan pemeriksaan menyeluruh terkait kekhawatiran bahwa adanya penyelundupan narkoba dengan menggunakan boneka arwah tersebut.

Pasalnya, beberapa waktu yang lalu media lokal Thailand melaporkan bahwa telah ditemukan paket yaba, pil stimulan campuran metamfitamin dan kafein yang diselundupkan dalam boneka arwah di Bandara Chiang Mai.
0 Komentar untuk "Look Thep, Boneka Arwah Pembawa Keberuntungan ala Thailand"

Back To Top