Lima Karakter Yang Harus Dimiliki Para Pendidik


Guru atau pendidik merupakan sebuah profesi yang mulia dan tidak bisa disamakan dengan profesi lainnya dalam hal keutamaan dan kedudukan. Sebab, semakin bermanfaat ilmu yang diajarkan oleh seorang guru, maka semakin tinggi pula kemuliaan dan derajatnya di sisi Allah SWT.

Lima Karakter Yang Harus Dimiliki Para Pendidik

Menjadi seorang guru bukanlah tugas yang mudah. Pasalnya ia berkewajiban untuk mendidik dan membimbing para anak didiknya menjadi generasi-generasi yang mampu bersaing dan memiliki akhlak yang baik. Oleh sebab itu, seorang pendidik hendaknya memiliki perilaku yang baik pula sehingga dapat menjadi teladan bagi anak didiknya.

Selain itu, diakhirat kelak setiap guru juga akan dimintai pertanggung jawabannya atas semua ilmu yang telah diajarkannya. Sehingga sudah semestinya setiap pendidik memperhatikan apa saja yang perlu diupayakan agar profesinya sebagai guru benar-benar mendatangkan berkah dan ridha dari Allah SWT. Dan berikut ini lima karakter yang seharusnya dimiliki oleh para pendidik.

1. Ikhlas
Karakter pertama yang harus dimiliki oleh para pendidik adalah ikhlas. seorang guru hendaknya mencanangkan niatnya semata-mata hanya untuk Allah dalam seluruh pekerjaan edukatifnya, baik berupa perintah,larangan, nasehat ataupun hukuman.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud disebutkan bahwa Rasulullah bersabda bahwa Allah SWT tidak akan menerima amal perbuatan kecuali dikerjakan secara tulus (ikhlas), semata-mata untuk-nya dan mengharapkan keridhaan-Nya.

2. Takwa
Karakter kedua yang harus dimiliki oleh para pendidik adalah takwa.  Seorang guru selain harus ikhlas juga harus memiliki ketakwaan. Bahkan karena begitu penting takwa ini, Allah Ta’ala pun sampai mengulang-ulangnya dalam banyak ayat.  Oleh karena itu, kriteria manusia yang paling mulia dalam Islam bukanlah mereka yang memegang kekuasaan ataupun memiliki harta kekayaan, melainkan orang yang bertakwa.

Sehingga sangat penting bagi setiap guru memiliki mental takwa ini, sebab bila tidak maka tentu anak didiknya akan tumbuh menyimpang dan terombang ambing dalam kerusakan dan kesesatan serta kebodohan.

3. Ilmu 
Karakter ketiga yang harus dimiliki oleh para pendidik adalah berilmu. Seorang guru merupakan penyampai ilmu, sehingga sudah selayaknya seorang guru gemar menuntut ilmu. Selain itu, di dalam Islam menuntut ilmu merupakan sebuah kewajiban.

Bahkan seorang pendidik akan terus mendapatkan pahala selama ilmu yang diajarkannya terus diamalkan dan diajarkan kembali kepada orang lain.

4. Sabar
Karakter selanjutnya yang harus dimiliki oleh para pendidik adalah sabar. Salah satu sifat  mendasar yang dapat menolong keberhasilan seorang duru dalam mendidik adalah sifat sabar. Sehingga, dengan kesabaran para murid akan berhias dengan akhlak yang tepuji dan jauh dari perangai tercela. Terlebih lagi dalam mendidik anak-anak zaman sekarang ini.

Bahkan Allah SWT memberikan peringatan berulang kali kepada setiap umatnya agar tetap sabar dalam upaya apapun, terlebih dalam mendidik hendaknya sabar menjadi pilihan utama.

5. Bertanggung jawab
Karakter terakhir yang harus dimiliki oleh para pendidik adalah bertanggung jawab. Menurut Nashih Ulwan, tanggung jawab meliputi aspek keimanan, tingkah laku keseharian, kesehatan jasmani dan rohani maupun aspek sosial.

Sehingga, apabila ada anak didik yang berperilaku menyimpang maka hal ini bukan semata-mata tanggung jawab guru konseling. Namun semua guru termasuk kepala sekolah juga turut bertanggung jawab. Sebab, setiap guru merupakan pemimpin bagi anak didiknya.

Demikianlah lima karakter yang seharusnya dimiliki oleh para pendidik. Sehingga, apabila dengan memiliki kelima karakter ini, maka dapat mengurangi kelemahan atau kekurangan di dunia pendidikan. Sebab sebagus apapun sistem pendidikan, bila gurunya tidak memiliki karakter dasar maka terseok-seoklah pendidikan kita.

Hal ini bukan hanya berlaku untuk setiap pendidik di dunia pendidikan, namun juga bagi orang tua. Karena orang tua merupakan madrasah pertama bagi seorang anak. Semoga bermanfat.
0 Komentar untuk "Lima Karakter Yang Harus Dimiliki Para Pendidik"

Back To Top