Kewajiban Wanita Muslimah Terhadap Tubuhnya


Islam memandang wanita sebagai sosok yang begitu mulia dengan segala keistimewaan yang diberikan kepadanya. Bahkan mereka memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan kaum lelaki. Sehingga sudah menjadi kewajiban bagi seorang wanita muslimah untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT, yang telah menganugerahi kesempurnaan fisik, akal pikiran dan hati yang beriman.

Inilah Kewajiban Wanita Muslimah Terhadap Tubuhnya

Oleh sebab itu, seorang muslimah yang cerdas tentunya menyadari bahwa segala kenikmatan yang diberikan Allah semata hanya digunakan untuk beribadah kepada-Nya. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa selain memiliki kewajiban terhadap Allah, seorang muslimah juga memiliki kewajiban terhadap dirinya sendiri. Dan salah satu kewajiban tersebut terletak pada tubuhnya. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Menjaga pola makan dan minumnya
Allah memerintahkan setiap hamba-Nya agar makan dan minum dari yang halal, baik dan tidak berlebihan. Bahkan Rasulullah SAW memberikan teladan dalam mengatur pola hidup yang seimbang dalam berbagai aktifitas. Beliau juga tidak pernah berlebihan, selain itu beliau juga menganjurkan agar tidak memenuhi perut dengan makanan dan minuman, tetapi mengisinya dengan sepertiga makanan, sepertiga minuman dan sepertiga udara. 

2. Menjaga kebersihan
Di dalam Islam, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Idealnya, seorang muslimah harus bersih, suci badan, pakaian dan tempat. Terlebih saat akan melaksanakan sholat dan beribadah kepada Allah.

Bahkan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari disebutkan bahwa Rasulullah mengatakan bahwa terdapat lima perkara yang merupakan bagian dari fitroh atau suci yaitu khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku dan memotong kumis. 

3. Mandi
Dalam sebuah hadist diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa Abu Hurairah ra mengatakan Rasulullah SAW bersabda bahwa “wajib bagi setiap muslim untuk mandi minimal satu kali seminggu serta bersihkanlah kepala dan sekujur tubuh”.
Dalam hadist ini diterangkan bahwa Rasulullah mewajibkan umatnya untuk mandi seminggu sekali jika tidak memungkinkan untuk mandi setiap hari. Namun, bukan berarti dengan adanya hadist seperti ini menjadikan kita malas mandi setiap hari ya muslimah..

4. Menjaga kebersihan mulut dan gigi
Salah satu bagian tubuh yang harus dibersihkan adalah mulut dan gigi.Dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi, maka dapat menghindarkan kita dari gangguan mulut seperti bau mulut. Bahkan Rasulullah SAW juga menjelaskan bahwa bau tidak sedap dari mulut juga mengganggu malaikat seperti halnya mengganggu manusia. 

Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, 
“Barangsiapa yang memakan bawang merah, bawang putih atau bawang bakung, maka janganlah ia mendekati tempat kami shalat, karena Malaikat akan terganggu karena baunya sebagimana terganggunya anak Adam.” (HR. Muslim)

5. Merawat rambut
Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita. Dan menjaganya merupakan salah satu kewajiban. Salah satu bentuk penjagaannya dapat berupa menjaga kebersihan dan kerapihannya. Akan tetapi, muslimah dilarang untuk memotong rambutnya menyerupai laki-laki dan mewarnai rambut dengan tujuan untuk menyerupai orang-orang kafir. Sebab, kita dilarang untuk bertasyabbuh.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dari Ibnu ‘Umar ra, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Dan mengenai pewarnaan rambut, kaum muslimin diperbolehkan mewarnai rambutnya dengan warna apa saja kecuali warna hitam. Sebab, Rasulullah mengatakan bahwa orang-orang yang mewarnai rambutnya dengan warna hitam tidak akan mencium bau surga.

Selain itu, muslimah juga dilarang memanjangkan rambut seperti yang sedang trend dikalangan kaum hawa saat ini. Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa,
“Allah melaknat penyambung rambut dan orang yang minta disambung rambutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Tidak tabarruj dan berlebihan dalam berhias
Dalam kitab Fathul Qadiir, Imam asy-Syaukani menjelaskan bahwa At-tabarruj adalah ketika seorang wanita menampakkan sebagian perhiasan dan kecantikannya yang seharusnya wajib untuk ditutupinya, sebab dapat memancing syahwat laki-laki.

Selain itu, wanita muslimah juga dianjurkan berhias hanya diperuntukkan bagi suaminya, agar menambah kecintaan sang suami kepadanya dan bukan untuk dikonsumsi publik dan juga bukan pula untuk menarik perhatian laki-laki lain. 

Oleh sebab itu, saat keluar rumah para muslimah diwajibkan untuk menutup auratnya dengan menggunakan jilbab dan kerudung, sehingga dapat membedakannya dari wanita-wanita kafir.

Demikanlah ulasan mengenai kewajiban muslimah terhadap dirinya. Sebagai muslimah yang cerdas kita tentunya mengetahui bahwa merupakan suatu kewajiban untuk tunduk dan patuh kepada Allah SWT, namun kita juga harus menyadari bahwa ada kewajiban yang harus kita penuhi terhadap diri sendiri sebagai salah satu bentuk syukur atas nikmat yang diberikan Allah Ta’ala. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Kewajiban Wanita Muslimah Terhadap Tubuhnya"

Back To Top