Empat Langkah Agar Lebih Dekat Dengan Allah SWT


Setiap manusia yang mengharapkan surga tentunya berusaha agar senantiasa dekat dengan Sang Maha Pencipta. Sebab, semakin dekat seorang hamba dengan Allah SWT maka akan semakin kokoh keimanannya dan semakin taat pula ibadahnya. Sehingga mempermudah langkahnya menuju tempat yang kekal abadi di surga.
Empat Langkah Lebih Dekat Dengan Allah

Banyak keutamaan yang diperoleh seorang hamba yang senantiasa berusaha untuk dekat dengan Allah. Bahkan dalam sebuah hadist disebutkan apabila engkau dekat dengan Allah, maka Allah pun akan dekat denganmu bahkan lebih cepat dan lebih dekat.  Oleh sebab itu, banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Untuk dekat dengan Allah ada banyak cara yang bisa dilakukan, bahkan cara-cara tersebut bukanlah hal yang sulit untuk dikerjakan. Dan berikut langkah-langkah agar lebih dekat dengan Allah SWT : 

1. Sholat Tepat Waktu

Seperti kita ketahui, shalat merupakan ibadah yang wajib. Selain itu shalat merupakan tiang agama. Sehingga, untuk mendekatkan diri kepada Allah maka langkah pertama yang harus dilakukannya adalah dengan melaksanakan sholat tepat waktu.

Banyak keutamaan yang diperoleh oleh seseorang yang mengerjakan sholat tepat waktu. Selain dicintai oleh Allah SWT, maka ia juga akan dijaga oleh para malaikat dan kelak diakhirat ia akan melalui jembatan Shiratal Mustaqim seperti kilat serta diselamatkan dari siksa api neraka.

2. Membaca Al-Qur’an dalam setiap kesempatan

Langkah kedua untuk lebih dekat dengan Allah adalah dengan membaca Al-Qur’an dalam setiap kesempatan. Al-Qur’an merupakan pedoman bagi kehidupan manusia yang memberikan banyak keutamaan bagi yang membacanya.

Bahkan satu hurufnya diganjar dengan 1 kebaikan yang dilipatkan menjadi 10 kebaikan.  Selain itu setiap kali bertambah kuantitas bacaan, maka bertambah pula ganjaran pahala dari Allah Swt. Serta akan bertambah mulia dan agung bila dibaca di dalam shalat.

3. Sedekah dengan Ikhlas

Langkah selanjutnya untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah dengan bersedekah secara ikhlas.  Saat kita bersedekah kepada orang lain dengan ikhlas, maka Allah akan membalas perbuatan tersebut bukan hanya di dunia namun juga di akhirat kelak.

Bahkan disebutkan bahwa setiap harta yang kita sedekahkan di jalan Allah, maka akan digantikan berkali-kali lipat jumlahnya. Amalan ini merupakan salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Sehingga, tentu saja pelakunya pun mendapatkan kedudukan yang mulia di mata Allah SWT.

4. Puasa wajib dan sunnah
Salah satu kewajiban bagi setiap umat muslim diseluruh dunia adalah melaksanakan puasa. Selain puasa wajib di bulan ramadhan, ada banyak puasa sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan. Dengan berpuasa baik wajib ataupun puasa sunnah, maka bukan hanya dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT namun banyak keutamaan lain yang bisa diperoleh.

Diantaranya dapat menghapuskan segala dosa yang telah diperbuat,  mendapatkan pahala yang tidak terhingga, bahkan bau mulutnya lebih harum dihadapan Allah SWT  serta disediakan baginya Ar-Rayyan. Yaitu pintu ini merupakan pintu surga yang dikhususkan bagi umat muslim yang melakukan ibadah puasa.

Demikianlah empat langkah yang bisa dilakukan agar lebih dekat kepada Allah SWT. Meski terlihat sepele, ternyata amalan-amalan tersebut bukan hanya dapat membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT namun juga banyak terdapat keutamaan-keutamaan luar biasa yang bisa diperoleh.
0 Komentar untuk "Empat Langkah Agar Lebih Dekat Dengan Allah SWT"

Back To Top