4 Syarat Wanita Mendapat Undangan Surga


Ada sebuah ungkapan yang menyebutkan bahwa wanita adalah racun dunia, sebab seorang wanita dari ujung kaki hingga ujung kepala memiliki pesona yang mampu memukau siapa saja. Namun tanpa disadarinya, hal tersebut justru bisa menjerumuskannya ke neraka bila tidak ia tidak mampu menjaga auratnya tersebut.

Bahkan dalam sebuah hadist Rasulullah SAW mengatakan bahwa kebanyakan penghuni neraka adalah kaum wanita. Sehingga hal ini menjadi salah satu hal yang sangat menakutkan bagi kaum hawa mengingat siksa dan azab neraka yang begitu perih. 

4 Syarat Wanita Agar Menerima Undangan Surga

Akan tetapi meskipun seorang wanita rentan untuk berbuat dosa, namun ternyata Rasulullah SAW mengabarkan bahwa ada 4 syarat bagi wanita untuk dapat menerima undangan ke surga, bahkan ia pun diperbolehkan masuk surga melalui pintu mana saja yang diinginkannya.  Lantas, apa sajakah 4 syarat tersebut ? berikut uraian selengkapnya.

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda bahwa, 

“Apabila seorang wanita (istri) itu telah melakukan shalat lima waktu, puasa bulan Ramadhan, menjaga harga dirinya dan mentaati perintah suaminya, maka ia diundang di akhirat supaya masuk surga berdasarkan pintu mana yang ia suka (sesuai pilihannya),” (HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Thabrani).

1. Menjaga Shalat Lima Waktu
Syarat pertama bagi wanita yang ingin menerima undangan surga adalah menjaga shalat lima waktu. Hal ini berarti bahwa ia  senantiasa mengerjakan kewajibannya untuk shalat subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya’.  Dan juga tidak pernah menginggalkan shalat lima waktunya kecuali pada waktu-waktu yang diharamkan seperti saat haid atau nifas.

Selain itu, shalat yang terbaik bagi seorang wanita adalah di dalam rumahnya, namun ia diperbolehkan apabila ingin melaksanakan shalat di dalam mesjid. 

Shalat merupakan ibadah yang sangat penting dan menempati urutan yang pertama dalam amalan seseorang. Bahkan shalat juga menjadi barometer amalan-amalan lainnya.  Sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa, 

“Amal yang akan dihisab pertama kali dari seorang hamba pada hari kiamat adalah shalat. Jika baik shalatnya, baik pula seluruh amalnya. Jika buruk shalatnya, buruk pula seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi)

2. Puasa di bulan Ramadhan
Syarat kedua bagi wanita yang ingin menerima undangan surga adalah melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Para wanita memang diwajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadhan terkecuali bagi ibu hamil dan wanita menyusui yang mengkhawatirkan keadaan bayinya, serta wanita yang sedang haid. Akan tetapi, semuanya berkewajiban untuk mengqodho puasanya di hari lain setelah Ramadhan atau membayar fidyah. 

Dalam surat Al-Qalan ayat 34 Allah SWT berfirman bahwa,
“Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertaqwa (disediakan) surga-surga yang penuh kenikmatan di sisi Rabbnya.”

3. Menaati dan melayani suami dengan sepenuh hati
Syarat ketiga bagi wanita yang ingin menerima undangan surga adalah menaati dan melayani suami dengan sepenuh hati. Ketika seorang wanita telah menikah, maka ia diwajibkan untuk taat dan melayani suaminya. Sebab, ridho suami merupakan ridho nya Allah SWT. 

Bahkan menaati suami menempati posisi yang pertama bagi seorang istri daripada ketaatan kepada orang tua, terlebih bila sang suami sejalan dengan aturan agama Islam. 

Selain itu, keihklasan istri dalam melayani suaminya akan mendapatkan ganjaran yang sangat besar dari sisi Allah Ta’ala. Bahkan Ummu Salamah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Tiap-tiap istri yang wafat diridhai oleh suaminya, maka ia akan masuk surga.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

4. Menjaga kehormatan diri
Syarat terakhir bagi wanita yang ingin menerima undangan surga adalah menjaga kehormatan diri. Oleh sebab itu, cara seorang wanita untuk menjaga kehormatan dirinya adalah dengan memastikan 2 hal terjaga yaitu lisan dan kemaluannya. 

Dalam sebuah riwayat bahkan Rasulullah bersabda bahwa, 
“Barangsiapa menjamin untukku apa yang ada diantara kedua dagunya dan apa yang ada diantara kedua kakinya, maka aku akan menjamin surga untuknya.”

Selain itu, dalam Al-Qur’an Allah SWT juga berfirman bahwa
"Dan, janganlah kalian mendekati zina. Sesungguhnya, zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.”( QS. Al-Israa’: 32)

Demikianlah uraian mengenai 4 syarat bagi wanita yang ingin menerima undangan surga. Bukan hanya akan menerima undangan masuk ke surga, namun ia juga diperbolehkan masuk surga melalui pintu mana saja yang diinginkannya. Oleh sebab itu, marilah kita perbaiki diri agar termasuk kelompok wanita yang menerima undangan surga. 
0 Komentar untuk "4 Syarat Wanita Mendapat Undangan Surga"

Back To Top