7 Amalan Penghuni Surga Saat di Dunia


Surga merupakan sebuah tempat yang diberikan oleh Allah SWT kepada setiap hamba-Nya sebagai balasan atas perbuatan baiknya semasa hidup di dunia. Tentunya merupakan kebahagiaan yang sangat besar apabila bisa menjadi salah satu penghuni surga.  

Pasalnya surga digambarkan sebagai sebuah tempat yang sangat indah, dan dipenuhi dengan segala kenikmatan yang tidak pernah terbayangkan ketika di dunia. Dengan begitu sungguh beruntunglah orang-orang yang bisa menjadi penghuni surga.  

7 Amalan Penghuni Surga Saat di Dunia

Oleh karena itu, sebagai seorang hamba yang beriman kita harus berusaha agar bisa menjadi penghuni surga. Salah satu caranya adalah dengan mencontoh amalan-amalan yang dilakukan oleh para penghuni surga semasa hidupnya di dunia. Sehingga dengan mengetahuinya kita bisa memperbaiki diri dan berkesempatan pula menjadi salah satu penghuni surga. Dan berikut 7 amalan penghuni surga saat di dunia. 

1. Bertaubat
Amalan pertama yang disebut sebagai amalan penghuni surga adalah bertaubat. Seseorang yang bertaubat, adalah orang dulunya banyak melakukan kesalahan dan kemudian ia menyadari kesalahannya lalu meminta ampunan kepada Allah SWT dengan sungguh-sungguh.  Sehingga ia pun kembali sebagai seorang manusia yang beriman.

Bahkan disebutkan bahwa sesungguhnya surga diperuntukkan bagi orang-orang yang bertaubat serta kembali kepada jalan yang telah Allah ridhai. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ali Imran ayat 133

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, yaitu orang-orang yang menafkahkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang.”

2. Berhijrah
Amalan kedua yang disebut sebagai amalan penghuni surga adalah berhijrah. Namun, berhijrah yang dimaksud bukanlah pergi suatu tempat ke tempat lain, tetapi berpindahnya sikap dari keburukan menjadi kebaikan. Akan tetapi, berhijrah tidak hanya dilakukan dalam jihad fisik, melainkan juga disertai dengan berjihad secara harta. Misalnya dengan bersedekah.

Allah SWT berfirman di dalam Al-Qur’an bahwa, 
“Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah. Dan itulah orang-orang yang mendapatkan kemenangan.” (QS. At-Taubat:20)

3. Selalu istiqomah
Amalan ketiga yang juga disebut sebagai amalan penghuni surga adalah bersikap istiqomah. Namun istiqomah yang dimaksud tentunya dalam kebaikan, sebagaimana firman Allah Ta’ala

Sesunguhnya orangorang yang mengatakan : ”Rabb kami ialah Allah”, kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al-Ahqaf, 13-14)

4. Khusyu’
Amalan selanjutnya yang juga disebut sebagai amalan penghuni surga adalah khusyu’. Seseorang yang khusyu’ dalam melaksanakan ibadahnya akan mendapatkan kedamaian serta kebahagiaan yang hakiki dalam setiap ibadah yang dilakukannya. 

Bahkan Allah SWT telah mewariskan surga beserta keindahannya yang tidak pernah terkira oleh manusia kepada orang-orang yang khusyu’, terutama bagi mereka yang khusyu’ dalam shalatnya. 

5. Menyempurnakan wudhu
Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa Rasulullah SAW mengatakan bahwa Allah akan membukakan bagi mereka yang menyempurnakan wudhunya dan mengakhiri dengan ucapan “Asyhadu an laa ilaha illallah, Wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu,” melainkan Allah akan membukakan baginya 8 pintu surga yang bisa dimasukinya menurut kehendaknya.

6. Melaksanakan shalat Rawatib
Amalan yang juga disebut sebagai amalan penghuni surga adalah menjaga shalat rawatib. Sebab, siapa saja yang menjaga shalat rawatib maka Allah akan menghadiahkan pahala berupa surga untuknya.

Dari Ummu Habibah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang mengerjakan shalat 12 rakaat sehari semalam, akan dibuatkan oleh Allah untuknya rumah di surga.” (HR. Muslim)
Dan menurut para ahli hadits, yang dimaksud 12 rakaat adalah shalat rawatib yaitu shalat yang dilakukan sebelum atau setelah shalat wajib.

7. Mendirikan bangunan mesjid 
Amalan terakhir yang juga disebut amalan penghuni surga adalah mendirikan mesjid. Dengan demikian bagi siapa saja orang yang mau mendirikan masjid atau tempat ibadah, meskipun hanya memberikan satu bata dalam proses pembangunanya, maka Allah akan memberinya balasan surga. 

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadits bahwa Rasulullah bersabda, 
“Barangsiapa membangun masjid dalam rangka mencari keridhaan Allah semata, maka Allah akan membuatkan pula baginya rumah di surga.” (HR. Buhkari Muslim)

Demikianlah 7 amalan para penghuni surga saat di dunia. Meskipun terlihat ringan dan sepele namun ternyata Allah SWT memberikan balasan berupa surga dan segala kenikmatan di dalamnya.

Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita sebagai hamba yang beriman berusaha untuk memperbaiki diri agar bisa menjadi salah satu penghuni surga. Mau ?

1 Komentar untuk "7 Amalan Penghuni Surga Saat di Dunia "

Mendirikan Mesjid itu sebagian diartikan bukan hanya membangun atau mendirikan bangunannya, tapi menjaga agar mesjid itu selalu ramai/penuh selalu ada imam dan ma'mum nya yang ramai/banyak, karena kalau mesjid sampai kosong/ tidak ada yg meminta perlindungan, maka tunggulah datangnya azab, setiap saat musibah bisa terjadi disana ...na aujubillaahhiminjalik... jadi sebenarnya memakmurkan mesjid itu bukan cuma membangun atau mendirikan karena kalau begitu hanya buat orang2 kaya/punya uang saja yang mampu melaksanakan...sedangkan Allah Swt itu Maha Adil dan Bijaksana ..dengan demikian orang-orang yang tidak mampu pun bisa dan wajib juga memakmurkan mesjid.

Back To Top