5 Jenis Air Ini Terlarang Untuk Diminum


Air merupakan salah satu komponen utama yang memiliki fungsi vital dalam tubuh manusia. Sebab air dapat membuat metabolisme tubuh menjadi lancar. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk dapat mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. 

Selain itu banyak mengkonsumsi air putih juga dapat mengobati berbagai penyakit seperti sakit kepala maupun demam. Akan tetapi, ternyata dalam kondisi tertentu air putih juga bisa berbahaya bagi kesehatan. 

 5 Jenis Air Ini Terlarang Untuk Diminum

Pasalnya apabila kita salah dalam tahap pengolahan dan penyimpanannya, maka air yang seharusnya bermanfaat ini berubah menjadi beracun dan justru merusak serta membahayakan tubuh manusia. Dan inilah 5 jenis air yang terlarang untuk diminum. 

1. Air mati atau air usang
Jenis air pertama yang terlarang untuk diminum adalah air usang atau yang dikenal dengan air mati. Air jenis ini merupakan air yang sudah tersimpan  lama dan tidak diminum. Sehingga memiliki dampak yang sangat buruk apabila dikonsumsi kembali. 

Selain itu, mengkonsumsi air usang juga dapat menyebabkan metabolsime sel pada anak-anak melamban. Sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan tubuhnya. Dan bukan hanya itu saja, ternyata air usang juga dapat mempercepat penuaan pada lelaki paruh baya, dan memperbesar rasio terjadinya kanker lambung dan kanker tenggorokan. 

Dengan begitu, semakin lama air ini disimpan dan tidak digunakan, maka zat-zat berbahaya yang terdapat pada air jenis ini juga akan semakin bertambah. 

2. Air  panci kukus
Jenis air kedua yang terlarang untuk diminum adalah air panci kukus. Dimana air ini dimasak dengan menggunakan wadah berupa panci kukus. Sehingga seiring terjadinya pengulangan pengukusan, maka dapat membuat kepekatan zat nitritnya menjadi sangat tinggi. 

Selain itu, mengkonsumsi air jenis ini juga dapat menyebabkan keracunan karena kerak yang ada pada panci dapat meresap ke dalam tubuh melalui air yang dikonsumsi.  Disamping itu, mengkonsumsi air jenis ini juga dapat menyebabkan perubahan patologis pada sistem saraf dan pencernaan serta menyebabkan penuan dini. 

3. Air mentah
Jenis air ketiga yang juga terlarang untuk diminum adalah air mentah. Hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi air mentah dapat menimbulkan dampak yang sangat buruk bagi tubuh. Karena di dalam air mentah terdapat kandungan zat hidrokarbon halogen dan klorotom yang dapat mengakibatkan cacat dan bahkan penyakit kanker. 

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk memasak air dengan suhu mencapai 1000C sehingga dapat mengurangi kandungan dari kedua zat yang merusak tersebut.  Hal ini disebabkan karena sebagian besar zat tersebut akan menghilang seiring terjadinya penguapan. Dengan demikian akan lebih aman untuk dikonsumsi. 

4. Air yang mendidih terlalu lama
Jenis air keempat yang juga terlarang untuk diminum adalah air yang mendidih terlalu lama. Sebagian orang ada yang beranggapan bahwa masih terdapat kuman dan bakteri pada air yang baru mendidih. Oleh sebab itu mereka dengan sengaja membiarkan air mendidih hingga beberapa saat.  

Padahal hal tersebut justru sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh.  Hal ini dikarenakan air yang mendidih terlalu lama menyebabkan kandungan nitrit dan logam dalam air menjadi sangat tinggi. Sehingga apabila dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pada fungsi lambung dan juga usus, sebab organisme di dalam tubuh menjadi kekurangan oksigen.  Bahkan dalam kasus yang lebih parah, juga dapat menyebabkan seseorang pingsan dan kejang-kejang serta yang lebih parahnya dapat mengakibatkan kematian. 

5. Air yang dimasak kembali
Jenis air terakhir yang terlarang untuk diminum adalah air yang dimasak kembali.  Hal ini biasanya sering dilakukan oleh orang yang ingin menghemat air. Sehingga tidak jarang mereka memasak kembali air yang telah matang. Misalnya ketika ingin membuat kopi, maka demi menghemat air mereka akan memanaskan kembali air yang telah ada. 

Padahal, memasak air yang telah dimasak justru dapat meningkatkan kandungan nitrit yang terdapat pada air, dikarenakan terjadinya penguapan kembali pada air.  Sehingga apabila kita sering meminumnya, maka nitrit tersebut akan bertumpuk di dalam tubuh. 

Demikianlah 5 jenis air yang terlarang untuk diminum. Kita memang dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air putih, namun apabila ternyata pengolahan dan penyimpanan air tersebut salah, maka hal tersebut justru berdampak buruk serta berbahaya bagi tubuh kita. 
0 Komentar untuk " 5 Jenis Air Ini Terlarang Untuk Diminum "

Back To Top