Inilah 3 Sebab Menghitamnya Wajah Pada Hari Kiamat


Hari kiamat merupakan masa berakhirnya alam semesta yang menjadi rahasia Allah SWT. Oleh sebab itu, tidak ada satu manusiapun yang  dapat mengetahui perihal kedatangannya. Akan tetapi, Allah Ta’ala telah menggambarkan tentang peristiwa yang akan terjadi ketika hari kiamat tiba.

Bukan hanya itu saja, bahkan dalam Al-Qur’an Allah Ta’ala juga telah menjelaskan keadaan setiap hamba-hamba-Nya pada hari kiamat kelak. Salah satunya golongan manusia yang akan dibangkitkan dengan keadaan wajah yang hitam dan legam.

Inilah Sebab-Sebab Menghitamnya Wajah Pada Hari Kiamat

Tentunya setiap manusia akan mendapatkan balasan atas segala perbuatannya semasa hidup di dunia. Demikan pula halnya dengan orang-orang yang dibangkitkan dengan wajah yang menghitam. Dimana hal tersebut adalah salah satu balasan yang diberikan Allah atas segala perbuatannya. Lantas, apa sajakah yang menyebabkan menghitamnya wajah seseorang di hari kiamat ? berikut ulasannya.

1. Kufur setelah beriman
Hal pertama yang menyebabkan menghitamnya wajah seorang hamba di hari kiamat adalah disebabkan kekufurannya setelah beriman.  Sehingga meskipun sebelumnya ia adalah seseorang yang beriman, lalu kemudian ia menjadi seorang yang kafir maka kelak di akhirat ia akan dibangkitkan dengan wajah yang menghitam. 

Sebagaimana Allah SWT berfirman bahwa,
“Pada hari yang di waktu itu ada muka yang putih berseri, dan ada pula muka yang hitam muram. Adapun orang-orang yang hitam muram mukanya (kepada mereka dikatakan): “Kenapa kamu kafir sesudah kamu beriman? karena itu rasakanlah azab disebabkan kekafiranmu itu. Adapun orang-orang yang putih berseri mukanya, Maka mereka berada dalam rahmat Allah (surga); mereka kekal di dalamnya.” (QS. Ali Imran:106-107)

2. Mendustakan Allah SWT
Hal kedua yang juga menyebabkan menghitamnya wajah seorang hamba di hari kiamat adalah disebabkan perbuatannya yang mendustakan Allah SWT. Padahal Islam sangat menganjurkan umatnya untuk selalu berperilaku jujur dalam segala hal. Oleh sebab itulah, apabila seseorang hamba berdusta, maka Allah Ta’ala akan sangat murka kepadanya.

Dalam surat Az-Zumar ayat 60, Allah SWT berfirman bahwa 
“Dan pada hari Kiamat engkau akan melihat orang-orang yang berbuat dusta terhadap Allah, wajahny a menjadi hitam. Bukankah neraka Jahannam itu tempat bagi orang yang menyombongkan diri ?” 

3. Kekufuran dan kefajiran
Hal terakhir yang menyebabkan menghitamnya wajah seorang hamba adalah dikarenakan kekufuran dan kefajirannya. Dimana yang dimaksud dengan kefajiran adalah keluar dari ketaatan kepada Allah menuju kemaksiatan. Dan kefajiran yang paling besar adalah kekafiran. 

Sehingga ketika seseorang bersikap kufur dan juga fajir, maka kelak di akhirat ia bukan hanya akan dibangkitkan dengan wajah yang menghitam legam, namun ia juga akan ditempatkan sebagai penghuni neraka yang kekal. Bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa bentuk yang paling buruk dari seorang manusia adalah yang berwajah kehitaman dengan mata bewarna biru kehitaman. 

Sebagaimana disebutkan bahwa Allah Ta’ala berfirman, 
“Dan Kami akan mengumpulkan pada hari itu orang-orang yang berdosa dengan muka yang biru kehitaman.”

Demikianlah ulasan mengenai sebab-sebab menghitamnya wajah pada hari kiamat. Dengan mengetahui hal ini, kita dapat mengambil pelajaran dan bisa terhindar dari segala bentuk keburukan yang tidak disukai oleh Allah SWT. Selain itu, semoga kita tetap bisa istiqomah sebagai seorang hamba yang beriman.  Amin.

0 Komentar untuk "Inilah 3 Sebab Menghitamnya Wajah Pada Hari Kiamat"

Back To Top