Danau Linting, Pesona Tersembunyi di Kabupaten Deli Serdang


Selain Danau Toba yang keindahannya telah tersohor di seluruh penjuru Indonesia, ternyata ada satu danau lagi di Sumatera Utara yang keindahannya juga tidak kalah mempesona. Masyarakat sekitar memberinya nama Danau Linting. 

Meskipun danau ini baru dieksplorasi beberapa tahun belakangan, namun ternyata namanya cukup dikenal oleh para pecinta traveling di Indonesia. Pasalnya keindahan alam yang ditawarkan oleh Danau Linting ini masih sangat alami, sehingga dapat membuat pengunjung jatuh hati begitu menjejakkan kaki di danau yang memiliki warna yang sangat menawan ini.

Danau Linting, Pesona Tersembunyi di Kabupaten Deliserdang

Betapa tidak, danau yang sebenarnya berwarna hijau tosca ini, apabila dilihat dari sisi yang lain maka akan terlihat berwarna kebiru-biruan. Sehingga seakan memunculkan perpaduan warna antara hijau tosca dan biru. Dengan demikian menjadikan danau ini memiliki warna yang sangat indah. 

Selain itu adanya pohon-pohon rindang yang berada di sekililing danau, juga menambah keindahan pesona yang ditawarkan oleh danau yang memliki luas sekitar 2 hektar ini. Oleh sebab itu, banyak pengunjung yang betah untuk berlama-lama  menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh Danau Linting ini. 

Disamping itu, danau yang juga merupakan salah satu danau vulkanik ini memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi. Bahkan pekatnya belerang bisa terasa saat airnya dicicipi. Sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. 

Uniknya, bagi kamu yang ingin mandi di danau ini maka akan merasakan sensasi mandi dengan air hangat. Pasalnya kandungan belerang yang ada di Danau Linting ini menjadikan airnya terasa hangat. Bahkan suhu air di danau linting ini mencapai sekitar 30 derajat. 

Bukan hanya mandi, kamu pun diperbolehkan untuk berenang di danau ini. Tetapi ada satu hal yang harus diingat bila kamu ingin berenang di danau ini, yaitu jangan sampai berenang ke tengah danau. Sebab sebelumnya sudah pernah ada beberapa pengunjung yang tenggelam di danau ini. 

Hal ini dikarenakan kedalaman yang dimiliki oleh danau ini masih menjadi sebuah misteri. Selain itu asal usul Danau Linting ini pun masih belum jelas. Akan tetapi, masyarakat setempat percaya bahwa danau ini dulunya hanyalah sebuah gundukan bukit biasa. Dan pada suatu hari bukit tersebut bergetar hebat, dan meledak lalu berubah menjadi sebuah cekungan yang berisi air dalam waktu sekejap.

Oleh sebab itu, bagi para pengunjung diminta untuk dapat mematuhi aturan-aturan masyarakat dan etika disekitar danau. 

Danau yang berada di kecamatan Sinembah Tanjung Muda, Kabupaten Deli Serdang ini, terletak diantara tiga desa sekaligus yaitu Desa Sibunga-bunga, Desa Durian IV Mbelang dan Desa Gunung Manumpak.  Dan untuk mencapainya juga cukup mudah, terlebih bagi para pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi. Hanya saja perlu berhati-hati, karena jalan menuju danau ini masih belum benar-benar mulus.

Dan untuk dapat menikmati keindahan dan kesegaran danau ini, pengunjung hanya diminta untuk membayar uang masuk sebesar Rp. 5000/orang.  Namun sayangnya, fasilitas yang ada di danau yang mempesona ini masih sangat minim, sebab belum ada campur tangan pemerintah setempat dalam  pengelolaan danau ini. Sehingga, hanya warga setempatlah yang mengelola obyek wisata tersebut. oleh sebab itu, jangan heran bila fasilitas yang tersedia di danau ini hanya seadanya. 

Namun bagi kamu yang tidak sempat membawa bekal dari rumah, tidak perlu risau. Sebab disekitar danau ada beberapa warung yang menjajakan beraneka makanan dan juga minuman. Disamping itu, tidak jauuh dari lokasi Danau Linting ini, juga terdapat obyek wisata lainnya seperti air terjun pelangi indah, gua emas, dan lainnya. 

Tag : Info Unik, Wisata
0 Komentar untuk "Danau Linting, Pesona Tersembunyi di Kabupaten Deli Serdang"

Back To Top