Padamkan Kemarahan Allah dengan Amalan Ini


Tidak ada satu manusiapun yang bisa membayangkan bagaimana jadinya apabila Sang Maha Pengampun meluapkan amarahnya kepada umat manusia. Meskipun dikatakan bahwa Allah SWT memiliki sifat yang mulia, namun ternyata Allah Ta’ala juga memiliki sifat marah. 

Bahkan dalam beberapa ayat Al-Qur’an telah dijelaskan perihal sifat marah yang dimiliki oleh Allah Ta’ala. Meski demikian murkanya Allah SWT tidaklah sama dengan murka umat manusia. Akan tetapi apabila Ia telah meluapkan amarah-Nya maka bisa saja seluruh alam semesta ini akan hancur tidak bersisa. 

Padamkan Kemarahan Allah dengan Amalan Ini

Oleh sebab itu, sebagai umat muslim yang beriman kita dituntut agar bisa menjalankan kewajiban dengan hati yang tulus ikhlas mengharapkan ridha dari-Nya. Sehingga, dapat menjadikan-Nya merasa bahagia. Disamping itu, ternyata ada satu amalan yang dapat memadamkan kemarahan Allah Ta’ala. Lantas apakah amalan yang dimaksud ? berikut ulasannya.

Ternyata amalan yang bisa memadamkan kemarahan Allah SWT adalah bersedekah. Sebagaimana disebutkan dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah SAW bersabda,
“Sesungguhnya sedekah dapat memadamkan kemarahan Allah dan dapat menolak dari kematian yang buruk.”

Selain itu sedekah memiliki begitu banyak keutamaan, dimana bukan hanya bisa memadamkan kemarahan Allah SWT namun ternyata bersedekah juga bisa memadamkan dosa, memadamkan panasnya kubur serta malaikat pun mendoakan orang-orang yang bersedekah.

Siapa saja bisa melakukan amalan ini, baik si kaya atau si miskin, orang kota atau desa, dan laki-laki maupun perempuan. Sebab inilah amalan yang batasnya adalah kerelaan hati, kekayaan jiwa dan kemauan berbagi. 

Disamping itu, bersedekah tidaklah harus dengan harta. Sebab ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bersedekah. Misalnya dengan banyak berdzikir, melakukan shalat dhuha, tersenyum kepada saudara sesama muslim serta bersedekah dengan sedikit harta yang dimiliki. Karena menurut para ulama semua kebaikan terhitung sebagai sedekah. 

Oleh sebab itu, inilah amalan yang paling ringan namun berat untuk dilakukan oleh mereka yang kering jiwanya, kikir kemauannya dan enggan untuk mendapatkan banyak bonus dari Allah Ta’ala. 

Demikianlah sedekah, sebuah amalan ringan yang pahalanya melimpah dan banyak cabangnya. Bukan hanya sebagai salah satu sarana untuk mensucikan harta, namun sedekah juga bisa menimbulkan kecintaan terhadap sesama. Sebab, melalui sedekah banyak orang yang akan terbantu dan kemudian menjadi saling mencintai dan mengasihi. 

Oleh sebab itu, hendaknya amalan ini menjadi prioritas untuk dikerjakan terlebih dahulu. Dan seberapapun rezeki yang telah Allah berikan, jangan pernah lupakan untuk bersedekah. Sebab sesungguuhnya di dalam setiap rezeki yang kita miliki, ada hak orang lain di dalamnya. Sehingga dengan bersedekah kita bukan hanya bisa membantu orang lain, namun juga membantu diri sendiri agar terhindar dari murka Allah SWT. 
0 Komentar untuk "Padamkan Kemarahan Allah dengan Amalan Ini "

Back To Top