Baju Ajaib Hadiah Rasulullah Ini Membuat Penerimanya Panjang Umur


Setiap orang yang menerima atau mendapatkan hadiah tentunya akan merasa senang dan bahagia. Sebab hadiah merupakan suatu hal yang memiliki pengaruh positif dalam memperkuat ikatan dan hubungan sosial antar sesama manusia.

Selain itu hadiah juga merupakan sebuah tanda cinta dan ketulusan hati, sehingga ia menjadi lambang kemuliaan dan penghargaan. Oleh karena itu Islam pun menganjurkan umatnya untuk saling memberi hadiah agar hubungan antar sesama menjadi semakin lebih erat.

Baju Ajaib Hadiah Rasulullah Ini Membuat Penerimanya Panjang Umur

Disamping itu, ternyata Rasulullah SAW bahkan pernah memberikan sebuah hadiah istimewa, berupa sebuah baju ajaib yang dapat membuat pemakainya panjang umur. Sehingga merupakan sebuah kebahagiaan yang tidak terkira bagi orang yang mendapatkan pemberian yang amat bermanfaat tersebut. Lantas, siapakah orang yang beruntung mendapatkan hadiah istimewa dari Rasulullah tersebut ?

Adalah seorang wanita istimewa yang berasal dari suku Quraisy bernama Ummu Khalid.  Ayahnya adalah Khalid bin Sa’ad al-Ash yang merupakan salah seorang sahabat nabi, sementara ibunya adalah Umaimah binti Khalaf al-Kharaiyah yang juga seorang wanita istimewa dari kalangan sahabat.

Wanita yang memiliki nama Amah binti Khalid ini memiliki dua orang putra bernama khalid dan umar dari pernikahannya dengan Zubair bin Awwam. Oleh sebab itu ia dikenal dengan nama Ummu Khalid atau ibunya khalid.

Pada suatu hari ketika Rasulullah SAW datang menemui para sahabat dengan membawa beberapa buah pakaian. Dimana salah satu diantara pakaian tersebut, ada yang memiliki garis-garis berwarna hitam. Kemudian Rasulullah bertanya kepada para sahabat, “Menurut kalian, siapakah yang pantas memakai pakaian ini ?” Akan tetapi, sebelum para sahabat menjawab ternyata Rasulullah kemudian berkata, “Panggil dan bawa kemari, Ummu Khalid.”

Tidak lama kemudian Ummu Khalid mengatakan bahwa, “Rasulullah memberikan baju itu kepadaku dan memakaikannya dengan tangannya sendiri. Dan beliau berkata bahwa, “Pakailah baju ini sampai ia tua dan lusuh.”

Dan beliau mengatakan hal tersebut sebanyak dua kali. Setelah itu beliau ternyata melihat garis kuning dan merah yang terdapat pada baju tersebut, lalu berkata “Ini bagus, wahai Ummu Khalid. Ini bagus.”

Dalam kitab Fath al-Bari, Ibnu Hajar menyatakan bahwa perkataan Rasulullah berupa “Pakailah baju ini sampai ia tua dan lusuh” memuat doa Rasulullah bagi Ummu Khalid. Dimana artinya beliau mendoakan agar Ummu Khalid berumur panjang sampai baju yang dihadiakan tersebut menjadi tua dan lusuh.

Dan ajaibnya hal tersebut dikabulkan oleh Allah SWT.  Bahkan tidak ada satu orang perempuan pun dari kalangan sahabat yang umurnya lebih panjang dari usia Ummu Khalid. Hal ini diperkuat oleh pernyataan Imam adz-Dzahabi bahwa “Ummu Khalid berusia hingga 90 tahun. Dan menurutku beliau adalah sahabat nabi yang terakhir wafatnya, karena ia hidup satu zaman dengan Sahl bin Sa’ad.”

0 Komentar untuk "Baju Ajaib Hadiah Rasulullah Ini Membuat Penerimanya Panjang Umur"

Back To Top