8 Amalan Agar Dapat Menemani Rasulullah di Surga


Rasulullah SAW merupakan suri teladan yang sangat baik bagi umat muslim diseluruh dunia. Sebab, beliau memang merupakan figur yang pantas dipuji oleh siapa pun, karena memiliki kesempurnaan, baik dari sifat, perilaku maupun tutur kata.

8 Amalan Agar Dapat Menemani Rasulullah di Surga

Berada dekat dengan Rasulullah SAW merupakan sebuah kenikmatan yang sangat agung. Akan tetapi, kebersamaan dengan Rasulullah SAW di akhirat tentunya jauh lebih utama. Bukan hanya para sahabat, kita sebagai umat manusia tentu juga menginginkan agar dapat berjumpa dan menemani beliau di surga nanti. Dan berikut ini beberapa amalan yang dapat membuat kita memperoleh keutamaan yang agung, yaitu menemani Rasulullah SAW di surga kelak

1. Mengikuti (Mutaba’ah) dan taat kepada Rasulullah SAW.
Amalan pertama yang dapat membuat kita dapat bertemu sekaligus dapat menemani Rasulullah di surga nanti adalah dengan mengikuti serta taat kepada Rasulullah SAW.  Disamping itu, seseorang yang selalu taat dan mengikuti Rasulullah, mereka akan bersama-sama dengan orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah SWT. Seperti para nabi, orang-orang shaleh dan orang yang mati syahid. Selain itu, bukan hanya bersama-sama namun mereka juga akan menjadi teman yang baik bagi orang-orang yang taat kepada Allah SWT.

2. Mencintai Rasulullah SAW
Bukan hanya dengan taat kepada Rasulullah SAW, seseorang yang ingin menemani Rasulullah di surga nanti hendaknya adalah orang yang benar-benar mencintai Rasulullah. Dengan begitu, ia  tentunya akan selalu mengikuti setiap langkah-langkah yang dilakukan serta mengambil petunjuk yang diberikan oleh Rasulullah. Selain itu, seseorang yang mencintai Rasulullah maka kelak di akhirat ia akan ditempatkan bersama dengan  orang yang dicintainya tersebut.

3. Memperbanyak Shalat Sunnah
Untuk dapat bersama dengan Rasulullah SAW di surga nanti, tidak akan diperoleh hanya dengan berangan-angan semata. Namun juga harus di buktikan dengan amalan yang nyata. Salah satunya dengan memperbanyakan shalat sunnah.
Seperti yang diceritakan oleh  Rabi'ah bin Ka'ab Al Aslami RA bahwa dia pernah bermalam bersama Rasulullah SAW. Kemudian ketika ia meyiapkan air wudhu dan keperluannya. Maka Beliau lalu berkata kepadaku, "Mintalah sesuatu kepadaku", Lalu aku berkata, "Aku meminta agar bisa bersamamu di surga.” Lantas, Rasulullah  menjawab, "Adakah permintaan selain itu", dan saya pun berkata, "hanya itu saja.” Setelah  itu Rasulullah bersabda bahwa , "Maka bantulah aku atas dirimu (untuk memohon kepada Allah agar dapat memenuhi permintaanmu) dengan memperbanyak sujud (shalat)".” (HR. Muslim)

4. Berakhlak Mulia
Dalam sebuah kesempatan Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa orang yang paling dicintainya dan paling dekat dengannya di akhirat kelak adalah orang yang paling baik akhlaknya. Sebagaimana diceritakan oleh Jabir RA bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa,
“Sesungguhnya orang yang paling aku cintai dan paling dekat majelisnya denganku di antara kalian pada hari kiamat kelak (di surga) adalah yang paling baik akhlaknya…". (HR. Al-Tirmidzi)

5. Memperbanyak membaca shalawat
Selain berakhlak mulia, Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa manusia yang paling dekat dengannya di hari kiamat kelak adalah orang yang senantiasa memperbanyak membaca shalawat.
Sebagaimana disebutkan  Dari Abdullah bin Mas’ud RA bahwa Rasulullah SAW  bersabda:
“Manusia yang paling utama (dekat) denganku hari kiamat kelak adalah yang paling banyak bershalawat atasku.” (HR. Al-Tirmidzi)

6. Merawat, menyantuni & membantu anak yatim
Merupakan sebuah keberuntungan bukan hanya di dunia namun juga di akhirat bila kita senantiasa merawat dan menyantuni anak yatim. Selain itu, seseorang yang suka membantu anak yatim juga dikatakan akan mendapatkan surga yang tertinggi.

Bahkan dalam sebuah hadist juga disebutkan bahwa Rasulullah SAW mengatakan antara dirinya dengan orang yang menyantuni anak yatim, ibarat sebuah jari telunjuk dan jari tengah.

7. Mendidik anak-anak wanita menjadi wanita shalihah
Dalam sebuah hadist disebutkan, dari Anas RA bahwa  Rasulullah SAW bersabda:
“Barangsiapa yang memelihara (mendidik) dua wanita sampai mereka dewasa, maka aku akan masuk surga bersamanya di surga kelak seperti ini", beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengahnya." (HR. Muslim)

8. Memperbanyak doa.
Seseorang yang menginginkan menjadi penghuni surga dan bertemu dengan Rasulullah SAW, hendaknya selain terus berupaya melaksanak segala perintah Allah namun juga harus berdoa agar segala keinginan dapat tercapai.  Dengan demikian, doa merupakan salah satu bagian tawakal seorang hamba dalam usahanya agar kelak dapat bertemu dan dekat dengan Rasulullah di surga.
0 Komentar untuk "8 Amalan Agar Dapat Menemani Rasulullah di Surga"

Back To Top