Inilah Kota Terbaik yang Paling Dicintai Rasulullah


Diantara banyaknya kota-kota terbaik yang tersebar diseluruh penjuru dunia, ternyata ada satu kota terbaik yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW.  Begitu banyak kenangan yang beliau lalui semasa hidupnya di kota ini. Oleh sebab itulah Rasulullah menjadikan kota ini sebagai kota yang paling dicintainya. 

Dan bukan hanya Rasulullah SAW, kita sebagai umat muslim bahkan begitu mendambakan agar bisa menginjakkan kaki di kota yang paling dicintai oleh Rasulullah ini. Sebab kota ini adalah kota yang disucikan oleh Allah SWT.  sehingga tidak mengherankan bila banyak umat muslim dari seluruh penjuru dunia berbondong-bondong untuk datang ke kota ini dengan tujuan beribadah serta mengenal lebih dekat kota yang paling dicintai oleh Rasulullah ini. 

Inilah Kota Terbaik yang Paling Dicintai Rasulullah

Adalah kota mekkah, kota yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW. Disinilah beliau lahir dan dibesarkan. Dan dikota inilah beliau menikah dengan istri pertamanya, Siti Khadijah binti Khuwailid. Selain itu, kota ini juga merupakan saksi dakwah pertama Rasulullah, tempat dimana beliau meninggikan kalimat Allah Ta’ala dan menyerukan umat manusia untuk menyembah hanya kepada Allah SWT. Dikota ini jugah Nabi Muhammad berdakwah di setiap pagi, siang, sore hingga petang dan disepanjang waktu selama tiga belas tahun lamanya. 

Ada cukup banyak julukan untuk kota ini. Bahkan dalam Al-Qur’an, kota ini disebut dengan Ummul Quro yaitu ibunya kota dari seluruh kota yang ada di muka bumi. Selain itu, kota tersuci ini merupakan tempat persinggahan dan tempat berjuangnya para nabi. Bahkan, apabila dilihat dari angkasa, maka kota mekkah ini merupakan kota yang paling bercahayaa dibanding tempat lainnya yang ada di muka bumi. 

Selain Nabi Muhammad SAW, ternyata Nabi Ibrahim AS telah menapakkan jejak kakinya disini terlebih dahulu. Bahkan dikota ini ada sebuah tempat yang berjuluk Maqam Ibrahim. Dan disanalah terletak kiblat kaum muslimin. Oleh sebab itu, dikota ini para umat muslim bisa beribadah sepanjang waktu. Sebab inilah kota suci yang disucikan. Bahkan Allah Ta’ala akan mengabulkan permintaan setiap hamba-Nya yang dipanjatkan disekitar tempat-tempat suci di kota ini. 

Setiap tahunnya jutaan umat muslim akan berkumpul di kota suci ini. Bahkan pada bulan-bulan tertentu, ketika musim ibadah umrah telah tiba maka kota ini akan sesak dengan jama’ah dari berbagai penjuru dunia.  Terlebih ketika memasuki bulan Ramadhan dan di sepuluh hari yang terakhirnya jumlah kaum muslimin yang datang ke kota ini untuk sekedar i’tikaf disalah satu masjidnya akan terus bertambah dan semakin tidak terhitung. 

Kota suci yang juga merupakan pusat bumi ini, di dalamnya terdapat Masjidil Haram. Yaitu masjid termulia yang apabila kita shalat di dalamnya maka akan diganjari dengan pahala setara seratus ribu kali jika dibandingkan dengan shalat di masjid lain, selain Masjid Nabawi di kota Madinah dan Masjid al-Aqsha di kota al-Quds.

Dan inilah kota yang paling dicintai oleh Rasulullah yang mulia. Bahkan kota ini disampaikan dalam salah satu sabdanya, 

“Demi Allah, sesungguhnya engkau adalah bumi Allah yang terbaik dan paling Aku cintai” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu majah)

Namun sayangnya, Rasulullah SAW ini justru diusir dari kota kelahiran yang paling dicintainya itu karena mendakwahkan tauhid. Sehingga beliau merasakan kesedihan yang teramat dalam karenanya. Bahkan beliau bersabda,

“Seandainya Aku tidak diusir darimu, niscaya Aku tidak akan keluar” (HR. Ahmad)

Dan itulah kota Makkah al-Mukarramah, kota mulia yang suci dan disucikan, serta kota terbaik yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW. Oleh sebab itu, sungguh beruntunglah orang-orang yang bisa dan memiliki kesempatan untuk mengunjungi kota yang dicintai oleh Rasulullah ini. 
0 Komentar untuk "Inilah Kota Terbaik yang Paling Dicintai Rasulullah"

Back To Top