Tiga Amalan Sederhana Yang Bisa Memperpanjang Usia


Kematian merupakan hal yang pasti dialami oleh setiap makhluk yang bernyawa. Akan tetapi tidak ada satu pun manusia yang bisa mengetahui kapan ajal menjemputnya. Sebab semuanya telah diatur oleh Allah SWT dan tertulis di kitab lauhul mahfudz. 

Setiap manusia memiliki batas umur untuk hidup di dunia ini, sehingga apabila umurnya telah mencapai batas maka dengan segera ia akan meninggalkan kehidupan dunia dan memasuki kehidupan baru selanjutnya dialam kubur, hingga nanti dihidupkan kembali pada hari kebangkitan.

Meskipun demikian, ternyata Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa Allah SWT akan memperpanjang umur hamba-hamba yang dikehendaki-Nya. Namun bukan dengan cuma-cuma, pasalnya ada beberapa amalan yang bila dilakukan maka bisa memperpanjang umur seorang manusia. Dan berikut ini tiga amalan yang bisa memperpanjang usia :

Tiga Amalan Sederhana Yang Bisa Memperpanjang Usia

1. Bersedekah
Amalan pertama yang bisa dilakukan untuk memperpanjang umur adalah dengan bersedekah.  Begitu banyak keajaiban yang bisa didapatkan dari keikhlasan memberi terhadap orang lain ini. Bukan hanya membalas dengan meningkatkan rezeki, namun Allah SWT juga memberikan umur yang panjang bagi orang yang senantiasa bersedekah.

Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Amr bin Auf bahwa Rasulullah SAW bersabda, “ sesungguhnya sedekah seorang muslim bisa meningkatkan umurnya, bisa mencegah kemat ian yang su’ul khotimah, dan Allah akan menghapus sifat arogan, kefakiran serta sifat berbangga diri darinya.” (HR. Thabrani)

2. Silahturahmi
Amalan kedua yang bisa dilakukan untuk memperpanjang umur adalah dengan bersilahturahmi. Bukan hanya kepada kerabat yang memiliki hubungan darah, tetapi silahturahmi juga harus dilakukan kepada saudara sesama muslim. 

Silahturahmi merupakan salah satu faktor penting di dalam Islam. Sebab, tidak hanya bisa memperpanjang umur namun juga menambah rezeki. Oleh sebab itu, tidak ada alasan bagi kita untuk memutuskan tali silahturahim kepada saudara sesama muslim. 

Seperti yang diungkapkan oleh Rasulullah SAW bahwa, “ Barangsiapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang,maka hendaklah ia bersilahturahmi.” (HR. Bukhari)

3. Mengabdi kepada orang tua
Amalan ketiga yang bisa dilakukan untuk memperpanjang umur adalah mengabdi kepada orang tua.  Merupakan kewajiban bagi seorang anak untuk mengabdi dan berbakti kepada kedua orang tuanya. 

Meskipun terlihat sederhana, namun tidak sedikit pula orang yang melalaikan kewajiban ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa teradang kita sebagai seorang anak menyakiti hati orang tua. Bahkan seiring bertambahnya usia, maka potensi seorang anak untuk melawan orang tuanya juga semakin besar. Terlebih lagi bila terlalu asyik mengikuti perkembangan zaman. 

Mengabdi kepada orang tua bukan hanya perkara uang, namun perkara hati. Sebab, orang tua tidak pernah menginginkan harta dan uang anaknya melainkan kasih sayang dan perhatian kepada mereka lah yang diinginkannya. Selain itu, orang tua merupakan perpanjangan tangan dari Allah SWT. Sehingga pantaslah dikatakan bahwa, ridho orang tua adalah ridho Allah SWT. 

Oleh sebab itu, seorang anak yang berbakti kepada orang tuanya maka Allah akan memberikan umur yang panjang baginya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa, 
“Barangsiapa yang mengabdi terhadap kedua orang tuanya, maka Allah akan meningkatkan umurnya.” (HR. Al-Baihaqi)

Demikianlah ulasan mengenai tiga amalan yang bisa memperpanjang usia bagi seorang muslim. Meskipun batas umur setiap manusia tidak ada yang bisa mengetahuinya, namun dengan melakukan ketiga amalan ini semoga Allah SWT berkenan memberikan kita umur yang lebih agar bisa terus beribadah dan memperbanyak pahala sebagai bekal di kehidupan akhirat nanti. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar untuk "Tiga Amalan Sederhana Yang Bisa Memperpanjang Usia"

Back To Top