Ucapkan Dzikir Ini Agar Diharamkan dari Neraka


Dzikir adalah salah satu aktivitas ibadah umat Islam untuk senantiasa mengingat Allah SWT. Disamping itu, dzikir merupakan kunci ketenangan dan kebahagiaan hidup di dunia serta kesejahteraan di akhirat kelak. Oleh sebab itu, dzikir menjadi salah satu kewajiban yang tercantum di dalam Al-Qur’an. 

Sudah seharusnya dzikir menjadi amalan yang terus dilakukan oleh setiap muslim yang beriman. Sehingga dengan menjadikan dzikir sebagai prioritas maka kita bisa terhindar dari sifat sombong dan takabur. 

Ucapkan Dzikir Ini Agar Diharamkan dari Neraka

Ada begitu banyak kalimat dzikir yang bisa kita lafadzkan disetiap harinya. Akan tetapi, ada satu kalimat thayiibah yang ringan untuk diucapkan dan dengannya terjamin surga bagi siapa saja yang mengucapkannya. Dimana hal ini berarti bahwa ia terbebas atau diharamkan untuk memasuki neraka yang penuh siksa. Lantas, seperti apakah kalimat dzikir yang dimaksud ? berikut ulasannya.

Diantara kalimat-kalimat dzikir lainnya, maka kalimat Laa Ilaha Illallah adalah yang paling utama. Sebab dalam lafadz dzikir ini berarti bahwa Tiada Tuhan selain Allah. Sehingga orang yang melafadzkan kalimat dzikir ini yakin bahwa hanya Allah lah yang wajib disembah dan dijadikan sebagai tempat mengadu, berdoa dan meminta pertolongan. 

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, 
“Bagi orang yang membaca Laa Ilaha Illallah hanya untuk mengarapkan ridha dari Allah Ta’ala, maka Allah mengharamkan api neraka baginya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kemudian dalam riwayat lain juga disebutkan bahwa barangsiapa yang mengakhiri hidupnya dengan mengucapkan kalimat Laa Ilaha Illallah, maka dia akan masuk surga. Sementara dalam riwayat lainnya juga disebutkan bahwa kalimat thayyibah ini lebih berat dari tujuh langit dan tujuh bumi beserta seluruh isinya.

Selain itu dalam kesempatan lain, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa kalimat thayyibah ini juga berfungsi untuk memperbaharui iman. Sebab iman dalam hati umat muslim terkadang naik dan tidak jarang pula turun. 
Disamping itu kalimat dzikir tauhid ini juga memiliki banyak keutamaan, diantaranya adalah

1. Kalimat Laa Ilaaha Illallah merupakan dzikir yang paling utama.
Sebagaimana disebutkan dari Jabir ra, bahwa Nabi SAW bersabda: “Dzikir yang paling utama adalah laa ilaaha illallah, dan doa yang paling utama adalah alhamdulillah,” (HR. Ibnu Majah, An Nasa’I Shohih Targhib wa Tarhib: 1526 ).

2. Kalimat Laa ilaha Illallah adalah pelindung dari api neraka.
Sebagaimana disebutkan dari Umar ra bahwa, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh Aku akan mengajarkan sebuah kalimat, dan tidaklah eorang hamba mengucapkannya dengn benar dari hatinya, kemudian ia mati diatas keyakinan itu, kecuali (Allah) akan mengharamkan tubuhnya dari api neraka. Yaitu Kalimat Laa Ilaha Illallah.” (HR. Hakim-Shohih Targhib wa Tarhib: 1528))

Kemudian disaat Rasulullah mendengar seorang muadzin mengucapkan ‘Asyhadu Alla Ilaha Illalllah.” Maka beliau pun mendatangi dan mengatakanpada muadzin tersebut, “Engkau terbebas dari neraka.” (HR. Muslim no. 873)

3. Kalimat Laa Ilaha Illallah dapat menunda kiamat. 
Sebagaimana diceritakan dari Anas bin Malik ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, “ Tidak akan terjadi kiamat (apabila) masih ada orang yang menyebut Laa Ilaha Illallah.” (HR. Ibnu Hibban, Ta’liqotul Hisan: 6809, Ash Shohihah: 3016)

4. Kalimat dzikir Laa Ilaha Illallah ni merupakan kalimat dzikir yang paling banyak pahalanya.
Apabila ada seseorang yang melafadzkan kalimat thayyibah ini sebanyak 100 kali dalam sehari, maka maka akan dicatat baginya 100 kebaikan, dihapuskan 100 kejelekan dan dia akan terlindung dari setan pada siang hingga sore hari,serta tidak ada yang lebih utama darinya kecuali orang uang membacanya lebih banyak dari itu. 

Demikianlah ulasan mengenai kalimat dzikir yang dapat menyebabkan seseorang yang melafadzkannya masuk ke dalam surga dan diharamkan dari neraka. Oleh sebab itu, marilah kita berdzikir Laa Ilaha Illallah sebanyak-banyaknya dengan hati yang tulus ikhlas b aik dalam keadaan senang maupun susah. Dan semoga kita menjadi hamba yang selalu bertakwa. Aamin

0 Komentar untuk "Ucapkan Dzikir Ini Agar Diharamkan dari Neraka"

Back To Top