9 Ciri-Ciri Anak Yang Membawa Rezeki Bagi Orangtuanya


Melahirkan dan memiliki keturunan merupakan sebuah hal yang sangat dianjurkan di dalam Islam. Bahkan Rasulullah SAW menganjurkan bagi kaum adam untuk menikahi wanita-wanita yang subur, sehingga dapat memiliki keturunan yang banyak. 

9 Ciri-Ciri Anak Yang Membawa Rezeki Bagi Orangtuanya

Selain itu, sebuah pepatah juga mengatakan bahwa banyak anak banyak rezeki. Hal ini disebabkan karena anak merupakan amanah yang diberikan Allah kepada para orang tua. Dimana setiap anak memiliki rezekinya masing-masing yang akan diberikan melalui orang tuanya.

Disamping itu,  orang tua juga memiliki peranan penting dalam hal ini. Sebab apabila dapat mendidik anak dengan baik maka bukan hanya dapat membuat sang anak menjadi anak yang shaleh namun juga membawa rezeki bagi orang tuanya. Dan berikut 9 ciri anak yang membawa rezeki bagi orang tuanya.

1. Cinta pada Allah dan Rasul-Nya
Ciri pertama anak yang membawa rezeki untuk orang tuanya adalah anak yang cinta kepada Allah dan Rasul-Nya. Seorang anak yang mencintai Allah dan Rasulnya berarti selalu menuruti apa yang diperintahkan dan menjauhi larangan-Nya, serta menjadikan Rasulullah SAW sebagai teladan baginya.

Sedari kecil ia bahkan sangat mudah dibimbing menuju agama dan tidak pula keras hatinya. Dan kondisi ini bahkan terus berlangsung seiring dengan bertambahnya usia sang anak. Selain itu, ia juga sangat mudah menerima pelajaran Agama. Dengan begitu, anak yang seperti ini akan dilimpahi rezeki yang diberikan langsung kepadanya atau melalui orang tuanya.

2. Suka membaca Al-Qur’an

Ciri kedua anak yang membawa rezeki untuk orang tuanya adalah anak yang suka membaca Al-Qur’an. Dengan begitu, sungguh beruntunglah orang tua yang memiliki anak yang senantiasa menjadikan Al-Qur’an sebagai bacaan wajibnya.

Dengan demikian, ia tidak akan malas ketika disuruh mengaji. Bahkan mengaji merupakan salah satu kegemarannya, sehingga ia dimudahkan dalam menghafal Al-Qur’an.

3. Suka berbuat amal shaleh dan kebajikan
Ciri ketiga anak yang membawa rezeki untuk orang tuanya adalah anak yang suka berbuat amal shaleh dan kebajikan. Dengan demikian, anak yang seperti ini akan selalu berusaha mengerjakan kewajibannya sebagai hamba sedari dini.

Selain itu, anak yang membawa rezeki sangat mudah tergerak hatinya untuk melakukan amal shaleh. Bahkan hatnya juga begitu peka pada lingkungan dan mudah berbuat baik serta gampang diarahkan.

4. Berbakti pada orang tua
Selanjutnya ciri anak yang membawa rezeki bagi orang tuanya adalah anak yang senantiasa berbakti kepada orang tuanya. Sehingga ia akan selalu menempatkan orang tuanya diatas segalanya.

Selain itu, ia juga menyadari bahwa dirinya tidak akan pernah sanggup membalas kebaikan dan jasa orang tuanya. Sehingga, yang dapat dilakukannya hanyalah dengan berbakti kepada kedua orang tuanya.  Ia juga akan selalu mematuhi dan menghormati keduanya serta tidak akan menyakiti hatinya.

5. Gemar menuntut ilmu bermanfaat
Ciri selanjutnya anak yang membawa rezeki bagi orang tuanya adalah anak yang gemar menuntut ilmu yang bermanfaat. Selain itu ia juga menyadari bahwa dengan ilmu yang dimilikinya, kelak dapat membahagiakan kedua orang tuanya. Sehingga ia akan melengkapi dirinya dengan bacaan yang bermanfaat, mengisi waktunya dengan ikut terlibat dalam aktivitas social serta dalam aktivitas keagamaan.

6. Mampu mengingatkan orang tuanya

Bila biasanya orang tua yang selalu mengingatkan anaknya agar senantiasa berada di jalan yang benar. Namun, orang tua juga manusia biasa yang oenuh kelemahan dan kesalahan. 

Oleh sebab itu, anak yang baik akan selalu mengingatkan orang tuanya apabila melakukan kesalahan dengan cara yang ma’ruf. Hal ini dilakukan semata-mata karena rasa cintanya pada orang tuanya dan tidak menginginkan orang tuanya terus melakukan kesalahan dan menjadi penghuni neraka.

7. Senantiasa minta doa dan restunya
Selanjutnya anak yang membawa rezeki bagi orang tuanya akan selalu meminta doa dan restu dari kedua orang tuanya dalam setiap kegiatan yang dilakukannya. Hal ini dikarenakan ia paham bahwa restu dari orang tuanya merupakan tiket untuk mempercepat dan memudahkan rezekinya. 

8. Tidak pernah lupa mendoakan orang tuanya.
Seorang anak yang membawa rezeki bagi orang tuanya,tidak akan pernah lupa untuk menyertakan orang tuanya dalam setiap doa-doanya. Selain itu ia juga ingin Allah menjaga dan mengasihi serta memberikan kesehatan kepada orang tuanya.

9. Selalu menceriakan hati orang tuanya.
Ciri terakhir anak yang membawa rezeki bagi orang tuanya adalah anak yang selalu berusaha untuk menceriakan hati orang tuanya. Disamping itu ia juga selalu berusaha untuk dapat membuat bangga kedua orang tuanya.

Demikianlah ulasan mengenai 9 ciri anak yang membawa rezeki bagi orang tuanya. Anak merupakan karunia dan rezeki terbesar yang diberikan oleh Allah SWT kepada para orang tua. Pasalnya tidak sedikit pula pasangan yang telah lama menikah namun masih belum dikarunia anak. Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita menjaga dan mendidik agar anak kita dapat menjadi anak yang shaleh. Sebab, anak merupakan sebaik-baiknya rezeki yang harus dijaga.
0 Komentar untuk "9 Ciri-Ciri Anak Yang Membawa Rezeki Bagi Orangtuanya"

Back To Top