Empat Harta Yang Harus di Miliki Seorang Muslim


Salah satu kesuksesan yang paling banyak diinginkan oleh manusia adalah memiliki banyak uang dan harta yang berlimpah. Tidak bisa dipungkiri bahwa uang memang memiliki peranan yang cukup penting dalam kehidupan manusia di masa kini. 

Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang rela bekerja keras dan gigih berusaha agar bisa mendapatkan uang yang banyak. Bahkan, bisa dikatakan bahwa hampir sebagian besar aktivitas manusia terpusat pada perputaran uang. 

Akan tetapi, sejatinya sebagai seorang muslim harta kekayaan yang paling berharga bukanlah materi yang berlimpah. Sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah SAW bahwa terdapat empat harta bagi seorang muslim. Sehingga, apabila keempatnya dimiliki, maka akan memperoleh kebaikan di dunia dan juga akhirat.  Lantas, apa sajakah empat harta tersebut ? berikut uraian selengkapnya.

Empat Harta Yang Harus di Miliki Seorang Muslim

Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa, 
“Ada empat hal yang barangsiapa diberi oleh Allah keempatnya, maka sesungguhnya ia telah diberikan kebaikan dunia dan akhirat. Yaitu, lisan yang selalu berdzikir, hati yang selalu bersyukur, tubuh yang selalu sabar saat menerima musibah dan istri shalehah yang tidak pernah berpikir untuk mengkhianati suaminya dan selalu membantu suaminya dalam agama.” (HR. Thabrani)

1. Lisan yang selalu berdzikir
Harta pertama yang harus dimiliki oleh seorang muslim adalah lisan yang selalu berdzikir. Dengan senantiasa berdzikir, hati menjadi tentram dan bahagia. Selain itu, lisan yang selalu berdzikir dapat membuat kita merasakan arti sebuah waktu yang tidak akan pernah bisa dibeli dengan uang. 

Waktu yang terus berjalan dan umur yang selalu berkurang sudah seharusnya kita pergunakan untuk beribadah sebagai bekal bagi kehidupan di akhirat kelak. Oleh sebab biasakanlah lisan untuk selalu berdzikir mengingat Allah SWT. Bukankah banyak keutamaan yang diperoleh bila hati dan lisan senantiasa berdzikir ?

2. Hati yang selalu bersyukur
Harta kedua yang harus dimiliki oleh seorang muslim adalah hati yang selalu bersyukur. Harta yang berlimpah tidak bisa menjamin sebuah kebahagiaan,karena sesungguhnya yang merasakan bahagia adalah hati. 

Sehingga apabila hati selalu bersyukur, maka hal sederhana pun akan terasa indah dan membuat bahagia. Sementara harta yang melimpah tanpa adanya rasa syukur hanyalah tampilan semata yang membuat hati tidak bahagia.  Oleh sebab itu, hati yang senantiasa bersyukur adalah harta seorang muslim yang tidak bisa dinilai dengan uang sebanyak apapun.

3. Tubuh yang selalu sabar
Harta ketiga yang harus dimiliki oleh seorang muslim adalah tubuh yang selalu sabar. Sabar merupakan sifat yang tidak ternilai harganya.Oleh sebab itu, betapa beruntungnya orang yang memiliki sifat sabar. Sehingga, ketika perut sedang lapar maka ia tidak akan marah-marah, tidak mudah digoda oleh syahwat birahi dan tidak langsung naik pitam saat ada yang melukai dirinya. Disamping itu, latihan yang paling ampuh untuk membentuk karakter penyabar adalah dengan menjalankan puasa sunnah.

4. Istri yang shalehah 
Harta terakhir yang bisa dimiliki oleh seorang muslim adalah istri yang shalehah. Memiliki istri yang shalehah merupakan kebahagiaan bagi seorang lelaki. Sebab, istri yang shalehah adalah sebaik-baiknya perhiasan dunia. Selain itu, istri yang shalehah juga dapat menjadikan rumah tangga menjadi sejuk dan sakinah. 

Demikianlah uraian mengenai empat harta yang harus dimiliki seorang muslim. Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita berusaha agar bisa memiliki ke empat harta tersebut. Sebab bukan hanya mendatangkan kebaikan di dunia namun juga di akhirat. 
0 Komentar untuk "Empat Harta Yang Harus di Miliki Seorang Muslim"

Back To Top