Tiga Perkara Yang Memudahkan Jalan Menuju Surga


Keberadaan surga dan neraka tentunya diyakini oleh setiap umat yang beragama. Selain itu kepercayaan mengenai kehidupan akhirat yang kekal abadi dibandingkan kehidupan dunia yang fana ini, membuat umat manusia banyak berlomba-lomba untuk menjadi penghuni surga. 

Di dalam Islam, banyak amalan-amalan yang bisa dilakukan oleh setiap umat muslim guna mempermudah jalan menuju surga. Selain dengan amalan-amalan hebat yang kebanyakan berat untuk dilakukan, ternyata untuk mempermudah jalan menuju surga  juga bisa ditempuh melalui 3 perkara ringan.  
Tiga Perkara Yang Memudahkan Jalan Menuju Surga

Akan tetapi, diperlukan hati yang ikhlas dan tulus serta jiwa yang bersih dalam melakukan ketiga perkara tersebut agar Allah SWT pun meridhai nya. Lantas apa sajakah ketiga perkara yang memudahkan jalan menuju surga tersebut ? berikut ulasannya.

Dalam sebuah hadits yang disampaikan oleh Abu Hurairah ra disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Ada tiga buah perkara yang siapapun memilikinya maka Allah akan menghisab dirinya dengan penghisaban yang mudah dan ringan serta memasukkan dirinya ke dalam surga-Nya dengan Rahmat-Nya,yaitu : memberi kepada orang yang tidak pernah memberi, memaafkan orang yang telah menzalimi, dan menyambungkan hubungan silaturahmi dengan orang yang memutuskannya. (HR Al-Hakim,Al-Baihaqi dan Ath-Thabrani).

1. Memberi kepada orang yang tidak pernah memberi
Perkara pertama yang dapat memudahkan jalan menuju surga adalah dengan memberi bantuan atau pertolongan kepada orang yang tidak pernah memberi. Sudah seharusnya sebagai umat Muslim yang beriman kita saling tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, diharapkan keikhlasan dan hati yang tulus disaat kita menolong saudara sesama muslim, meskipun orang tersebut tidak pernah memberikan pertolongannya kepada kita. 

Banyak keutamaan yang diberikan kepada orang yang senantiasa berusaha untuk menolong saudara sesamanya, bukan hanya diberikan kemudahan jalan menuju surga. Namun, Allah SWT pun akan menolongnya dari kesusahan pada hari kiamat kelak. 

2. Memaafkan orang yang telah mendzalimi
Perkara kedua yang dapat memudahkan jalan menuju surga adalah dengan memaafkan orang yang telah mendzalimi kita. Meskipun dalam beberapa hadits kita diperbolehkan untuk mendoakan keburukan kepada orang yang telah mendzalimi, namun alangkah lebih baiknya bila kita mampu memaafkan kesalahannya.

Bahkan, sebagai umat muslim kita juga dianjurkan untuk saling memaafkan dalam segala hal. Sebab, memaafkan adalah bagian dari akhlak mulia yang diajarkan Rasulullah SAW kepada umatnya. Selain itu juga banyak keutamaan yang akan didapatkan apabila kita mau memaafkan orang yang telah mendzalimi. 

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat An-Nur ayat 22  bahwa,

''...Dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kalian tidak ingin Allah mengampuni kalian? Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.''

3. Menyambung silaturrahmi dengan orang yang memutuskannya
Perkara terakhir yang dapat mempermudah jalan menuju surga adalah dengan menyambung silaturrahmi dengan orang yang memutuskannya. Banyak terdapat keutamaan yang akan diperoleh oleh orang yang menyambung tali silaturrahmi. 

Silaturrahmi merupakan bentuk syiar keimanan kepada Allah Ta’ala dan juga hari akhir. Diantara keutamaan yang akan diperoleh oleh orang yang menyambung tali silaturrahmi adalah dipermudahkan jalan menuju surga, selain itu dipanjangkan umurnya dan rezekinya juga dilancarkan, dan sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai tiga perkara yang memudahkan jalan menuju surga. Meskipun demikian diperlukan hati yang ikhlas dalam menjalankan dan mengamalkan ketiga perkara ini, sehingga Allah SWT akan meridhainya. Dan semoga kita termasuk ke dalam hamba-Nya yang mendapatkan ridha dan surga-Nya. Amiin ya rabbal alamin. 
0 Komentar untuk "Tiga Perkara Yang Memudahkan Jalan Menuju Surga"

Back To Top