5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Wanita Saat Mandi


Mandi merupakan salah satu aktivitas yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Sebab dengan mandi, kita dapat menghilangkan kotoran yang menempel pada tubuh. Sehingga dapat membuat badan menjadi lebih segar dan tentunya lebih bersih.

Bagi seorang wanita, aktivitas mandi merupakan salah satu hal yang paling menyenangkan, terutama bagi mereka yang memang sangat memperhatikan hal detail di tubuhnya saat mandi. Sehingga tidak mengherankan bila kebanyakan wanita memiliki waktu durasi mandi yang cukup lama dibandingkan para pria.

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Wanita Saat Mandi

Akan tetapi ternyata ada cukup banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh wanita saat mandi. Dimana hal tersebut dianggap biasa dan sepele, namun memberikan efek yang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga bukannya memberikan manfaat, justru malah memberikan kerugian. Lantas, apa saja kesalahan yang dimaksud ? berikut ringkasan selengkapnya.

1. Mencuci rambut tanpa menyisisirnya terlebih dahulu
Kesalahan pertama yang sering dilakukan wanita disaat mandi adalah kebiasaannya mencuci dan membasahi rambut tanpa menyisirnya terlebih dahulu. Padahal sangat dianjurkan untuk menyisir rambut terlebih  dahulu sebelum keramas. 

Hal ini bertujuan untuk menghindarkan rambut yang kusut, rusak dan rontok dikemudian hari. Oleh sebab itu, mulai saat ini ubahlah kebiasaan mencuci rambut tanpa menyisirnya terlebih dahulu. Selain itu, jika rambut Anda mudah kusut, maka gunakanlah sisir bergigi jarang setelah mengaplikasikan kondisioner agar rambut tetap lembut. 

2. Mencuci rambut setiap hari
Kesalahan kedua yang sering dilakukan wanita saat mandi adalah mencuci rambut setiap hari. Padahal semakin sering Anda mencuci rambut, justru akan membuat kulit kepala semakin berminyak karena produksi minyak secara berlebih

Oleh sebab itu, cucilah rambut Anda dua atau tiga kali seminggu. Sehingga produksi minyak kadarnya terbilang normal dan rambut pun senantiasa sehat dan berkilau. 

3. Mandi sambil menyikat gigi
Kesalahan ketiga yang juga sering dilakukan wanita saat mandi adalah mandi sambil menyikat gigi. Biasanya hal ini dilakukan oleh banyak orang yang sedang terburu-buru. Namun perlu diketahui bahwa mandi sambil menyikat gigi dapat membuat Anda tidak benar-benar memperhatikan kebersihan gigi. 

Bahkan Drg. Timothy Chase DMD menyarankan untuk sebisa mungkin menyikat gigi selama dua menit penuh, dan bisa juga menggunakan sikat gigi elektrik.

4. Terlalu sering Scrubbing
Kesalahan selanjutnya yang juga sering dilakukan wanita saat mandi adalah terlalu sering scrubbing. Banyak orang yang berpendapat bahwa mandi sambil menggosok tubuh atau scrubbing dapat membersihkn kulit secara optimal. 

Padahal mengosok tubuh secara berlebihan dapat membuat kult lebih berminyak, sehingga akan semakin banyak kotoran dan bakteri terperangkap dalam kulit. Oleh sebab itu, lakukan scrubbing secara lembut hanya beberapa kali dalam seminggu. 

5. Mandi dengan air panas 
Kesalahan terakhir tang sering dilakukan wanita saat mandi adalah dengan menggunakan air panas. Meskipun merupakan anjuran yang paling tepat bila mandi menggunakan air panas ketika pulang kerja larut malam atau saat cuaca dingin. Akan tetapi, perlu diperhatikan lagi suhu air yang akan digunakan. Sebab, apabila masih cenderung panas, dapat memperburuk beberapa masalah kulit seperti kulit kering atau gatal-gatal.

Demikianlah 5 kesalahan yang sering dilakukan wanita saat mandi. Meskipun terlihat sepele, namun ternyata kebiasaan-kebiasaan tersebut memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh. Oleh sebab itu sebaiknya kita mulai untuk menghentikannya. 

0 Komentar untuk "5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Wanita Saat Mandi"

Back To Top