Empat Tanda Nasi Sudah Tidak Layak Konsumsi


Bagi sebagian besar penduduk Asia terutama Indonesia, nasi merupakan sumber karbohidrat utama dalam menu sehari-hari.  Bahkan sebagian orang beranggapan bahwa belum lengkap rasanya bila makan tidak dengan nasi. Oleh sebab itu tidak mengherankan bila nasi menjadi makanan pokok yang wajib ada dalam santapan sehari-hari.

Biasanya apabila nasi yang dimasak hari ini masih bersisa, maka kebanyakan orang akan menyimpannya di lemari pendingin atau magic jar untuk dimakan lagi keesokan harinya. Tidak perlu khawatir, karena nasi memang bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga tidak masalah jika nasi yang bersisa disimpan untuk kemudian disantap lagi.

Empat Tanda Nasi Sudah Tidak Layak Konsumsi

Sebenarnya nasi yang disimpan semalaman memberikan manfaat yang positif bagi tubuh karena beberapa zat didalamnya bereaksi kimia .  Sehingga kandungan kalori yang terdapat pada nasi tersebut berkurang 60 persen bila dibandingkan dengan nasi yang baru masak. Namun yang perlu diperhatikan adalah kita harus bisa mengenali tanda-tanda nasi yang sudah tidak bagus atau  tidak layak untuk dikonsumsi kembali. Sehingga bisa terhindar dari efek negatif setelah melahapnya.

Dan berikut empat tanda nasi yang sudah tidak layak dikonsumsi

1. Nasi keras dan kering
Salah satu tanda alami yang akan terjadi jika nasi sudah disimpan beberapa hari adalah teksturnya yang keras dan kering. Hal ini disebabkan karena kandungan air dalam nasi secara perlahan akan berkurang, sehingga menyebabkan nasi menjadi lebih keras dan kering.

Terlebih lagi apabila disimpan di lemari es, maka tekstur nasi akan semakin kering jika disimpan terlalu lama.  Oleh sebab itu sebagai saran, cobalah untuk menyimpan nasi yang tidak habis di dalam wadah yang kedap udara.

Selain itu jika nasi sudah bertekstur keras dan kering, selama penyimpanan belum lewat dari empat hari, maka nasi masih bisa dihangatkan kembali. Bisa dengan cara dikukus atau dipanaskan kembali dengan magic jar.

2. Berbau tidak sedap
Apabila nasi sudah mengeluarkan aroma yang tidak sedap, maka tidak ada lagi gunanya untuk dipanaskan. Dan hanya satu solusi untuk hal ini, yaitu dibuang ! Oleh sebab itu, jangan lagi berusaha untuk memanaskannya karena memang sudah waktunya dibuang. Selain itu biasanya nasi akan berbau tidak sedap jika disimpan dalam lemari es selama kurang lebih empat hari.

3. Mengalami pemanasan lebih dari satu kali
Nasi yang dipanaskan berkali-kali setelah disimpan di lemari es dapat menyebabkan terjadinya kontaminasi bakteri yang akan semakin membuat nasi lebiih cepat rusak. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk tidak memanaskan berkali-kali. Cukup satu kali pemanasan saja dan langsung habiskan.

4. Di diamkan dalam suhu ruang
Sebaiknya nasi yang sudah matang disimpan dalam lemari es atau dalam magic jar.  Karena bila tidak maka bakteri dalam nasi akan berkembang dan membuat nasi lebih mudah rusak. Hal ini disebabkan karena di dalam nasi terdapat bakteri bernama bacillus cereus yang dapat menyebabkan keracunan. Oleh sebab itu, sebaiknya simpan nasi dalam lemari es  karena bakteri ini akan berhenti berkembang dalam suhu rendah.

Demikianlah empat tanda nasi yang sudah tidak layak dikonsumi. Meski sebenarnya tidak ada masalah untuk menyimpan kembali nasi yang tidak habis, namun kita juga harus memperhatikan tanda-tanda yang telah disebutkan diatas. Sehingga kita terhindar dari mengkonsumsi nasi basi atau nasi yang telah rusak yang dapat menimbulkan efek negatif pada tubuh. Semoga bermanfaat. 
0 Komentar untuk "Empat Tanda Nasi Sudah Tidak Layak Konsumsi"

Back To Top