8 Teknik Untuk Berhenti Berpikir Negatif


Sadar atau tidak berpikir negatif telah menjadi sebuah kebiasaan di dalam hidup. Dimana pikiran tenggelam dan terjebak dalam suatu area negatif hingga akhirnya kita mengambil tindakan untuk mengeluarkannya. 

Banyak keburukan yang diperoleh sebagai akibat dari pikiran negatif yang muncul, misalnya membuat perasaan menjadi tambah buruk dan membuat performa kita menjadi tidak maksimal dan mengecewakan. Sehingga, apabila hal ini diteruskan maka akan menjadi lingkaran yang tidak berujung. Dengan begitu ada baiknya bila kita berusaha untuk berhenti berpikir negatif, karena memang tidak membawa kebaikan sama sekali. 


Akan tetapi, biasanya semakin kita mencoba untuk tidak berpikir tentang sesuatu, justru malah akan membuat kita semakin benar-benar berpikir tentang hal tersebut.  Oleh sebab itu, agar benar-benar terbebas dari pikiran negatif maka kita perlu mencoba teknik yang berbeda. Seperti yang disarankan oleh Jessica Padykula tentang 8 teknik untuk mencegah dan mengatasi pikiran negatif. Penasaran apa saja ? simak ulasan berikut ini. 

1. Hidup di saat ini
Teknik pertama yang harus dilakukan adalah menyadari bahwa kita hidup di saat ini, pada masa ini. Sehingga tidak perlu merisaukan tentang masa lalu atau masa depan. Karena biasanya memikirkan masa lalu atau masa depan merupakan hal yang sering membuat kita cemas. 

Dengan begitu jika Anda merasakan bahwa Anda telah terkukung dalam apa yang telah terjadi atau yang belum terjadi, maka ingatlah bahwa hanya masa kini yang bisa kita kontrol. 

2. Katakan hal positif pada diri sendiri
Kemudian katakanlah pada diri Anda bahwa Anda bisa, dan Anda Mampu. Selanjutnya ucapkanlah hal ini terus menerus hingga Anda benar-benar yakin bahwa diri Anda memang bisa dan mmapu. Selain itu, mulailah hari dengan mengatakan hal yang positif pada diri sendiri, meskipun saat itu Anda mulai sedikit ragu pada yang telah Anda ucapkan.

3. Percaya pada kekuatan pikiran positif
Ketika kita berpikir positif, maka hal-hal positif akan datang dan segala kesulitan akan terasa lebih ringan. Namun sebaliknya, bila Anda terus berpikiran negatif, maka hal-hal negatif akan menimpa Anda. 

Hal ini disebut dengan hukum Universal, selayaknya hukum gravitasi atau pertukaran energi. Memang tidak akan mudah untuk mengubah pola pikir, namun usaha yang Anda lakukan akan sebanding dengan hasil yang bisa di petik nantinya.

4. Jangan berdiam diri
Cobalah untuk ditelusuri apa yang membuat Anda berpikir negatif, kemudian perbaiki dan kembalilah maju. Namun apabila hal tersebut tidak bisa diperbaiki lagi, maka berhentilah mengeluh dan menyesal sebab semua itu tidak ada gunanya.  Sehingga terimalah apa yang telah terjadi, dan petiklah hikmah dari hal tersebut dan kembalilah maju.

5. Fokus pada hal-hal positif
Di saat kita sedang berpikiran negatif, maka seringkali kita lupa dengan apa yang kita miliki dan lebih terfokus pada apa yang tidak dimiliki. Oleh sebba itu, buatlah sebuah jurnal rasa syukur. Dan tulislah beberapa hal positif yang terjadi pada hari itu.  Misalnya hari ini cerah, makan sore ini menakjubkan dan lain sebagainya. 

Selama Anda tetap konsisiten untuk melakukan hal ini, maka Anda akan mmapu untuk mengubah pemikiran negatif menjadi suatu pemikiran positif. Namun jika Anda mulai merasa berpikiran negatif, maka bacalah kembali jurnal tersebut. 

6. Bergeraklah
Salah satu cara untuk membuat perasaan Anda menjadi lebih baik adalah dengan berolahraga. Sebab, berolahraga dapat melepaskan endorphin yang mampu membuat perasaan menjadi lebih baik.

7. Hadapi rasa takutmu
Biasanya perasaan negatif muncul dari rasa takut, sehingga semakin Anda merasa takut maka akan semakin banyak pula pikiran negatif di dalam diri Anda. Oleh sebab itu, apabila anda merasa takut akan sesuatu, mala lakukanlah hal yang Anda takuti tersebut. sebab rasa takut merupakan bagian dari hidup, tetapi kita memiliki pilihan untuk tidak membiarkan hal tersebut menghentikan kita.

8. Ubahlah cara pandang
Saat sesuatu tidak berjalan dengan baik, maka cobalah untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif. Karena dalam setiap tantangan terdapat keuntungan, dan dalam setiap keuntungan terdapat tantangan.


0 Komentar untuk "8 Teknik Untuk Berhenti Berpikir Negatif"

Back To Top