5 Peristiwa Mengerikan Sebelum Kiamat Terjadi


Meski meyakini akan adanya hari kiamat, namun tidak ada satu manusia pun yang dapat mengetahui dengan pasti akan kedatangannya. Pasalnya, hal tersebut masih menjadi sebuah misteri yang hanya di ketahui oleh Allah SWT, Sang Maha Pencipta.

5 Peristiwa Mengerikan Sebelum Kiamat Terjadi

Akan tetapi melalui Rasul-Nya, Allah SWT telah mengabarkan tentang tanda-tanda akan kedatangan hari kiamat. Bahkan diantara tanda-tanda yang disebutkan oleh Rasulullah SAW, terdapat 5 peristiwa  yang sangat mengerikan yang mengawali kedatangan kiamat.

Sehingga apabila tanda-tanda tersebut telah terjadi, maka alam semesta akan mengalami hal-hal yang tidak pernah terduga sebelumnya. Bahkan bisa dikatakan mendekati kehancuran. Dengan demikian banyak umat manusia yang berbondong-bondong untuk bertaubat, namun hal tersebut hanya sia-sia. Lantas, apa saja 5 peristiwa mengerikan sebelum kiamat tersebut ? Berikut ulasannya.

1. Tiga tanah longsor
Tanda pertama yang disebut sebagai peristiwa mengerikan yang akan terjadi sebelum kiamat adalah adanya tiga tanah longsor. Dimana hal tersebut akan terjadi di bagian Timur dan Barat bumi serta di Jazirah Arab.

Meskipun tidak banyak informasi yang menjelaskan tentang hal ini, namun dalam sebuah riwayat dari Imam Muslim disebutkan bahwa dalam sebuah perbincangan di antara para sahabat nabi mengenai hari kiamat, maka beliau pun berkata bahwa tidak akan terjadi kiamat hingga kamu dapat melihat beberapa tanda, diantaranya tiga tanah longsor besar yang terbagi atas longsor di Timur, longsor di Barat dan longsor di semenanjung Arab.

Akan tetapi, peristiwa longsor yang dimaksud bukan longsor yang biasa terjadi. Melainkan longsor dengan kekuatan yang sangat besar dan tingkat kerusakan yang luar biasa.Sehingga, hal inilah yang membedakan antara longsor biasa dengan longsor sebagai tanda kedatangan kiamat.

2. Kabut asap yang melanda bumi
 Tanda kedua yang disebut sebagai peristiwa mengerikan yang akan terjadi sebelum kiamat adalah kabut asap yang melanda bumi. Hal ini bahkan telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an, sebagiamana firman Allah SWT bahwa,

“Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih.” (QS. Ad-Dukhaan : 10-11)

Selain itu Rasulullah SAW juga telah mengabarkan tentang kabut asap yang akan melanda bumi ini, beliau bersabda bahwa,

“Sesungguhnya Tuhan kalian telah memperingatkan sepanjang tiga (hal) yaitu kabut yang meliputi orang beriman seperti penyakit pilek dan meliputi orang kafir dimana kabut itu mengepul sampai-sampai keluar dari telinganya.”

3. Matahari terbit dari barat
Tanda ketiga yang disebut sebagai peristiwa mengerikan yang akan terjadi sebelum kiamat adalah  terbitnya matahari dari barat. Sehingga apabila hal ini terjadi maka ditutuplah segala pintu taubat. Dengan demikian hal ini menjadi pertanda kedatangan kiamat besar yang akan terjadi.

Bahkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari bahwa Rasulullah SAW bersabda,
“Kiamat tidak akan datang hingga matahari terbit dari Barat, dan saat telah matahari terbit dari Barat dan orang-orang melihatnya, maka mereka semua akan beriman. Dan saat itu adalah sesuatu  tidak ada gunanya apabila seseorang baru beriman pada waktu itu. Kemudian beliau membacakan ayat 158 dari surat Al-An’am secara lengkap.”

Oleh sebab itu, sebelum matahari terbit dari barat kita sebagai umat muslim masih diberikan kesempatan untuk bertaubat dan kembali pada jalan yang lurus. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda bahwa,

“Barangsiapa yang mencari ampunan dari Allah sebelum matahari terbit dari kiamat (sebelum hari kiamat), maka Allah akan menyambutnya dengan ampunan.” (HR. Muslim)

4. Keluarnya binatang melata dari Bumi

Tanda selanjutnya yang disebut sebagai peristiwa mengerikan yang akan terjadi sebelum kiamat adalah keluarnya binatang melata dari Bumi. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat An-Naml ayat 82 bahwa,

“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa seseungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.”

Selain itu, dalam hadist riwayat Imam Ahmad disebutkan bahwa Rasulullah bersabda,
“Tanda pertama adalah terbitnya matahari dari barat, dan munculnya binatang di hadapan manusia di pagi hari dan  setelah terjadinya tanda yang pertama, maka tanda kedua tidak lama akan mengikutinya.”

Dengan demikian, ketika matahari telah terbit dari barat maka tidak lama setelah itu akan muncul binatang melata di muka Bumi ini. Selain itu disebutkan pula bahwa binatang melata ini juga akan menandai siapa manusia yang beriman dan siapa yang kafir.

5. Api yang akan mengumpulkan manusia
Tanda terakhir yang disebut sebagai peristiwa mengerikan yang akan terjadi sebelum kiamat adalah adanya api yang akan mengumpulkan seluruh umat manusia. Dengan demikian, setelah beberapa saat api besar ini terjadi maka kiamat akan segera datang.

Sebagaimana disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa,
“Pada akhirnya api yang membakar akan muncul dari Yaman, dan akan mengumpulkan manusia ke tempat mereka berkumpul.” (HR. Muslim)

Demikianlah ulasan mengenai 5 peristiwa mengerikan yang akan terjadi sebelum kiamat datang. Meskipun tidak ada satu manusia yang dapat mengetahui kedatangan kiamat, namun sudah seharusnya kita terus berusaha untuk menjadi hamba yang beriman dengan melaksanakan segala perintah yang Allah berikan. Dengan demikian semoga kita termasuk hamba-hamba yang beruntung.
0 Komentar untuk "5 Peristiwa Mengerikan Sebelum Kiamat Terjadi"

Back To Top