6 Amalan Ringan Ini Ternyata Dapat Menghapuskan Dosa


Sejatinya manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa. Padahal baik dosa besar maupun dosa kecil, keduanya kelak di akhirat akan dimintai pertanggung jawabannya. Bahkan Allah SWT telah menyiapkan neraka sebagai tempat pembalasan bagi mereka yang selalu berbuat dosa.

Namun apabila seorang hamba memohon ampunan dan bertaubat dengan sungguh-sungguh, maka Allah Ta’ala akan memaafkan segala kesalahannya. Sehingga ia dapat menjadi salah satu penghuni surga. 

6 Amalan Ringan Ini Ternyata Dapat Menghapuskan Dosa

Akan tetapi selain dengan bertaubat, ternyata ada beberapa amalan yang jika dilakukan bukan hanya akan mendapat balasan berupa pahala dari Allah SWT, namun juga dapat menghapuskan dosa. Selain itu, amalan ini juga merupakan amalan ringan yang cukup mudah untuk dilakukan. Dan berikut ini 6 amalan ringan yang dapat menghapuskan dosa. 

1. Bersedekah
Amalan ringan pertama yang dapat menghapuskan dosa adalah dengan bersedekah. Selain dapat melipat-gandakan rezeki, ternyata bersedekah juga dapat menghapuskan dosa. Sebagaimana firman Allah SWT bahwa, 

“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan pada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S Al-Baqarah:271)

Dan Rasulullah SAW juga bersabda bahwa, 
“Sedekah menghapus dosa seperti air memadamkan api.”  (HR. Ahmad, Tirmidzi)

2. Berdzikir 
Amalan ringan kedua yang dapat menghapuskan dosa adalah dengan berdzikir. Banyak keutamaan yang akan diperoleh bagi seseorang yang senantiasa membasahi lidahnya dengan kalimat dzikir. Salah satunya adalah menghapuskan dosa. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda bahwa, 
“Sesungguhnya ucapkan kalimat Subhanallahu walhamdulillahi walaa ilaaha illallaahu wallaahu akbar itu menggugurkan kesalahan-kesalahan seperti pepohonan menggugurkan dedaunan.”  (HR. Bukhari, Ahmad)

3. Memperbanyak sujud
Amalan selanjutnya yang dapat menghapuskan dosa adalah dengan memperbanyak sujud. Dalam sebuah hadits, diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, 
“Hendaklah kamu memperbanyak sujud kepada Allah, karena tidaklah kamu sekali sujud kepada-Nya melainkan Dia mengangkatmu satu derajat dan menghapus satu kesalahan (dosa) darimu.”  (HR. Muslim)

4. Menyempurnakan wudhu
Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk dapat menyempurnakan wudhu. Sebab ternyata wudhu yang sempurna dapat menjadi salah satu amalan yang dapat menghapuskan dosa. 

Bahkan dalam sebuah riwayat dari Imam Ahmad disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa apabila seseorang berwudhu, kemudian ia menyempurnakan wudhunya dan berangkat shalat dengan niat hanya untuk shalat, melainkan Allah akan mengangkat satu derajat dan menghapuskan satu dosa dalam setiap langkahnya. 

5. Shalat 5 waktu
Amalan berikutnya yang juga dapat menghapuskan dosa adalah dengan melaksanakan shalat 5 waktu. Ada banyak keutamaan yang akan diperoleh oleh seseorang jika melaksanakan shalat 5 waktu. Terutama bagi mereka yang tidak menunda-nunda untuk melaksanakannya. Salah satunya adalah dapat menghapuskan dosa.

Bahkan Rasulullah SAW mengatakan bahwa, 
“Bagaimana pendapat kalian jika seandainya ada sungai di pintu yang digunakan untuk mandi setiap hari lima kali, apa yang kalian katakan apakah tersisa kotorannya? Mereka menjawab, “Tidak ada sisa kotorannya sedikitpun.” Lalu beliau bersabda, “Sholat lima waktu menjadi sebab Allah menghapus dosa-dosa.” (HR. Bukhari)

6. Bersabar terhadap ujian dari Allah SWT
Amalan terakhir yang juga dapat menghapuskan dosa adalah dengan bersabar  terhadap ujian yang diberikan oleh Allah SWT. Meskipun tidak semudah amalan lainnya, namun apabila kita sanggup untuk bersabar maka Allah akan menghapuskan dosanya seperti bayi yang baru lahir. 

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda bahwa, 
“Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman, ‘Sesungguhnya apabila Aku menguji seorang hamba-Ku yang mukmin, lalu ia memuji-Ku atas ujian yang Aku timpakan kepada-Nya, maka ia bangkit dari tempat tidurnya (dalam keadaan) bersih dari dosa seperti saat ibunya melahirkannya.” (HR. Ahmad)

Demikianlah ulasan mengenai 6 amalan ringan yang dapat menghapuskan dosa. Sebagai seorang hamba yang beriman, tentunya kita mengharapkan agar bisa menjadi salah satu penghuni surga. Oleh sebab itu, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjauhi segala perbuatan dosa yang justru akan menjerumuskan pada neraka.  Semoga bermanfaat. 
0 Komentar untuk "6 Amalan Ringan Ini Ternyata Dapat Menghapuskan Dosa"

Back To Top