Inilah 4 Perbuatan Baik Yang Dikecam Allah SWT


Islam mewajibkan setiap umatnya untuk senantiasa berbuat baik terhadap sesama manusia. Bahkan hal tersebut banyak diterangkan dalam Al-Qur’an, hadits dan dicontohkan pula oleh Rasulullah SAW beserta para sahabat. 

Ada banyak perbuatan baik yang bisa dilakukan. Akan tetapi, diantara banyaknya perbuatan baik yang diperintahkan untuk dilakukan, ternyata ada beberapa amalan baik yang dikecam oleh Allah SWT. 

Inilah Perbuatan Baik Yang Dikecam Allah SWT

Bahkan di dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa perbuatan-perbuatan baik yang dikecam oleh Allah Ta’ala tersebut, seluruh amal baiknya menjadi tidak berarti dan sia-sia.  Dengan demikian, pahala yang seharusnya diperoleh sebagai balasan atas perbuatan baik tersebut, justru tidak didapatkan. Dan inilah 4 perbuatan baik yang dikecam oleh Allah SWT. 

1. Perbuatan baik yang disertai dengan niat buruk
Perbuatan baik pertama yang ternyata dikecam oleh Allah SWT adalah hal-hal baik yang dilakukan namun disertai dengan niat yang buruk, seperti riya atau ujub. Dengan demikian meski sebenarnya ia telah berbuat baik namun karena dilandasi dengan niat yang buruk, maka amalan baiknya tersebut menjadi sesuatu yang sia-sia di mata Allah SWT. 

Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an pada surat Al-Maun ayat 4-7 yang berarti bahwa, 
"Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat. (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. Orang-orang yang berbuat riya". 

2. Perbuatan baik yang disertai perbuatan buruk
Perbuatan baik kedua yang juuga dikecam oleh Allah SWT adalah melakukan hal-hal baik, yang diiringi dengan hal-hal buruk.  Misalnya ketika telah bersedekah, namun sesaat kemudian menyebut-nyebut tentang sedekah tersebut. 

Hal ini bahkan disebutkan dalam Al-Qur’an, bahwa Allah SWT berfirman 
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir." (QS. Al Baqarah: 264)

3. Perbuatan baik yang dilakukan dengan cara yang salah
Perbuatan baik selanjutnya yang juga dikecam oleh Allah Ta’ala adalah berbuat baik namun dengan cara yang salah. Misalnya ketika seseorang yang berjihad, namun dilakukan pada bulan-bulan haram. Padahal pada bulan-bulan tersebut diharamkan untuk berjihad atau berperang di jalan Allah. Sebagaimana disebutkan dalam surat At-Taubah ayat 37.

Atau misalnya bersedekah dengan menggunakan uang haram. Sehingga bukannya pahala yang akan diperoleh, melainkan dosa besar yang justru akan menanti di akhirat kelak. 

4. Perbuatan yang berakibat buruk, namun sang pelaku merasa telah berbuat baik. 
Perbuatan baik terakhir yang dikecam oleh Allah SWT adalah melakukan hal-hal baik yang berakibat buruk, namun sang pelakunya merasa telah berbuat baik. Sehingga hal ini menjadi sebuah kesia-siaan yang tidak berarti apa-apa. 

Bahkan Al-Qur’an ternyata juga mengecam perbuatan yang seperti ini.  Sebagaimana disebutkan bahwa
"Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalamkehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya." (QS. Al Kahf: 104)

Demikianlah 4 perbuatan baik yang dikecam oleh Allah SWT. meskipun pada dasarnya keempat hal tersebut merupakan sebuah perbuatan baik, namun ternyata ada hal-hal yang tidak baik yang tersembunyi dibalik keempat amalan tersebut. 

Oleh sebab itu, dalam berbuat baik harus ada pondasi dasar yang bisa menjadi acuan dalam perbuatan baik tersebut, yaitu niat dan keihklasan. Sebab perbuatan baik terlihat baik hanya dari penampilan luarnya saja. Tanpa kita bisa mengetahui bagaimana niat dan motif orang tersebut. 

4 Komentar untuk "Inilah 4 Perbuatan Baik Yang Dikecam Allah SWT"

Untuk nomor 3 saya rasa contohnya kurang tepat ya,, karena walaupun di bulan haram sekalipun bukan berarti umat islam benar-benar dilarang sama sekali untuk berperang jika jihad yang dimaksud dlm redaksi tsb adalah perang,, bahkan Allah SWT memerintahkan untuk berbalik memerangi kaum kafir jika mereka melakukan serangan terhadap muslim (istilah lain bertahan dari serangan musuh) dan yang tidak diperbolehkan yakni memulai peperangan. Untuk nomor 4 tidak cocok saya rasa antara sub judul dengan kutipan Al Quran yang dijadikan dasar,, karena konsteks dari ayat tersebut adalah bagi orang-orang yang kufur thdp ayat-ayat Allah SWT yg diturunkan kepada Nabi SAW serta kufur terhadap perjumpaan dg Allah SWT, Sedangkan di sub judul disebutkan perbuatan yang berakibat buruk. Saya rasa perbuatan mereka tidak berdampak buruk, hanya saja mereka kafir itu saja. Banyak orang-orang kafir yang berbuat baik seperti memberikan sumbangan dlm jumlah besar utk kegiatan sosial, mereka berpikir bahwa mereka telah berbuat baik di dunia. Tapi mereka tidak sadar bahwa pahala itu datangnya dari Tuhan yang satu,, sedang mereka tidak melakukan itu lillahita'ala. Jadi mohon untuk Penulis/Admin/Reedaktor sebaiknya berkonsultasi dulu sebelum mempublish postingan khususnya utk postingan ttg ilmu agama.

Assalamualaikum Admin...
Boleh dijelaskan serta berikan contoh pada kesalahan pada No.Ke4.
Sekian terima kaseh..

Tolong jelaskan bgmn pemberian dg riya,,,setahu saya riya' itu ada d dlm hati, toh bgmn dg org yg ingin memberikan contoh kpd org-org utk berbuat dermawan,,,

SEGALA PERBUATAN HARUS DI DASARI DENGAN NIAT DAN IKHLAS

Back To Top