Tiga Hadiah Istimewa Bagi Orang Yang Bertaubat


Sejatinya meskipun merupakan makhluk yang paling sempurna, namun manusia juga merupakan makhluk yang tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa, baik yang dilakukan secara sengaja maupun tidak. 

Akan tetapi sebesar apapun dosa yang telah diperbuat oleh setiap manusia pasti akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT, selama ia mau bertaubat dan tidak kembali mengulangi kesalahannya. 
Tiga Hadiah Istimewa Bagi Orang Yang Bertaubat

Sebab Allah SWT adalah tuhan yang Maha Pengampun, sehingga setiap hambanya diberikan kesempatan untuk dapat menghilangkan dosa yang telah diperbuatnya dengan cara bertaubat. Bahkan Allah Ta’ala berjanji akan memberikan hadiah istimewa kepada setiap umat-Nya yang bertaubat dengan sungguh-sungguh. Lantas, apa sajakah hadiah istimewa tersebut ? Penasaran ? berikut ulasannya. 

Ada tiga hadiah istimewa yang akan diberikan Allah SWT kepada setiap hambanya yang bertaubat. Bahkan apabila hanya ada satu hadiah yang diberikan, maka niscaya semuanya akan selamat di akhirat nanti. Oleh sebab itulah hadiah ini dikatakan istimewa.

1. Menjadi kekasih Allah SWT
Hadiah pertama yang diberikan kepada orang yang bertaubat adalah menjadi kekasih Allah. Sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 222 bahwa setiap manusia yang bertaubat dengan sungguh-sungguh, maka akan dicintai Allah dan menjadi kekasih-Nya. 

Tentunya merupakan sebuah kebahagiaan yang tidak terkira apabila bisa menjadi orang yang dicintai oleh Allah Ta’ala, terlebih lagi bila menjadi kekasih-Nya. Selain itu, orang-orang yang dicintai Allah akan mendapatkan kemudahan selama hidupnya di dunia ini serta akan mendapatkan tempat yang indah di surga nantinya.
2. Mendapat doa dari para malaikat
Hadiah kedua yang akan diberikan kepada orang yang bertaubat adalah mendapatkan doa dari para malaikat. Dimana para malaikat yang ada di langit dan di bumi akan senantiasa berdoa dan bertasbih kepada Allah SWT untuk meminta ampunan bagi manusia yang telah bertaubat dan kembali beriman kepada Allah Ta’ala

Bahkan hal ini telah disebutkan dalam Al-Qur’an surat Ghafir ayat 7-9, dimana terdapat tiga buah doa yang dicapkan oleh para malaikat kepada Allah SWT, diantaranya adalah :

“Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka.”

“Ya Tuhan kami, masukkanlah mereka ke dalam surga ‘Adn yang telah Engkau Janjikan kepada mereka, dan orang yang saleh di antara nenek moyang mereka, istri-istri, dan keturunan mereka. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.”

“Dan peliharalah mereka dari (bencana) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau Pelihara dari (bencana) kejahatan pada hari itu, maka sungguh, Engkau telah Menganugerahkan rahmat kepadanya dan demikian itulah kemenangan yang agung.”

3. Semua dosanya digantikan dengan kebaikan
Hadiah terakhir yang diberikan kepada orang yang bertaubat adalah semua dosanya akan digantikan dengan pahala kebaikan. Seseorang yang bertaubat dengan sungguh-sungguh tidak hanya akan diampuni segala dosa-dosanya, namun sejumlah dosanya dimasa lalu akan digantikan pula dengan pahala.

Seperti yang dijelaskan dalan surat Al-Furqan ayat 70 bahwa Allah akan menggantikan kejahatan dengan sejumlah kebaikan bag setiap hamba-Nya yang bertaubat. Oleh sebab itu, walaupun dosa yang telah diperbuat sebesar buih di lautan, maka Allah Ta’ala akan menghapusnya dan menggantikan dengan pahala selama kita mau bertaubat dengan sungguh-sungguh. 

Demikianlah ulasan mengenai tiga hadiah yang diberikan Allah bagi orang yang bertaubat. Oleh sebab itu, selagi memiliki kesempatan maka pergunakanlah waktu yang tersisa untuk memohon ampunan kepada Allah SWT dari segala dosa yang telah diperbuat. Sebab, umur setiap manusia tidak ada yang mengetahui. 
0 Komentar untuk "Tiga Hadiah Istimewa Bagi Orang Yang Bertaubat"

Back To Top