Inilah 5 Ciri Manusia Berwajah Buruk Menurut Rasulullah


Setiap manusia tentunya mendambakan agar bisa menjadi yang terbaik dalam segala hal. Akan tetapi, sebagai seorang muslim maka orientasi hidup untuk menjadi yang terbaik bukanlah dinilai dari ukuran pencapaian manusia semata, melainkan juga karena ridha Allah SWT. 

Disamping itu, dalam beberapa hadits telah disebutkan mengenai kriteria-kriteria manusia terbaik menurut Rasulullah SAW, dimana salah satunya adalah orang paling bermanfaat bagi manusia. Tetapi bukan hanya menyebutkan tentang kriteria manusia terbaik, namun Rasulullah juga menyebutkan tentang kriteria manusia terburuk. 

Inilah 5 Ciri Manusia "Berwajah Buruk" Menurut Rasulullah

Bila manusia-manusia terbaik digambarkan Rasulullah sebagai orang yang memiliki wajah rupawan, bersih dan bercahaya, maka manusia-manusia terburuk digambarkan Rasulullah sebagai orang yang memiliki wajah yang buruk pula. Bahkan meskipun mereka memiliki wajah yang rupawan, namun dikarenakan sifat buruk yang melekat pada dirinya maka mereka tetap dikatakan sebagai manusia yang berwajah buruk. Lantas apa sajakah ciri-ciri manusia berwajah buruk menurut Rasulullah SAW ? berikut ulasannya. 
  
1. Orang yang bermuka dua
Manusia berwajah buruk pertama menurut Rasulullah adalah orang yang bermuka dua. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, 
“Kalian akan mendapati seburuk-buruk manusia adalah orang-orang yang bermuka dua. Dia mendatangi kelompok yang ini dengan satu wajah, dan mendatangi kelompok lainnya dengan wajah lain pula.” (HR. Bukhari-Muslim)

Dimana hal ini diumpamakan untuk orang-orang yang munafik. Sebab mereka tidak memiliki pendirian dan keteguhan dalam imannya. Sehingga apabila berkumpul dengan orang-orang shaleh, maka mereka seakan-akan menjadi bagian dari orang-orang shaleh tersebut. 

Akan tetapi apabila berkumpul dengan orang-orang kafir, ia bisa menjadi lebih dahsyat kefakirannya dibandingkan kaum kafir itu sendiri. Oleh sebab itu, Allah SWT mengancam bahwa kelak kaum munafik akan dimasukkan ke dasar neraka yang terdalam.

2. Orang yang ditakuti sesama manusia karena kejahatannya
Manusia berwajah buruk kedua menurut Rasulullah adalah orang yang ditakuti karena kejahatannya. Pernah suatu ketika seseorang meminta izin untuk bertemu dengan Rasulullah. Saat melihatnya, Rasulullah mengatakan bahwa “izinkanlah ia masuk. Dia ini adalah seburuk-buruknya keturunan suatu kabilah”. 

Dan ketika orang tersebut masuk, ternyata Rasululah menyambutnya dengan sikap yang ramah dan bahkan mereka tertawa bersama. Sehingga ketika orang tersebut telah pergi, maka Aisyah pun bertanya kepada Rasulullah tentang sikap yang ditunjukkan oleh beliau padahal orang tersebut adalah orang yang paling buruk.

Maka Rasulullah pun menjawab, “Wahai Aisyah, sungguh manusia yang paling buruk kedudukannya di sisi Allah adalah seseorang yang ditinggalkan atau dijauhi oleh sesamanya karena mereka takut atas kejahatannya.” (HR. Bukhari-Muslim)

3. Orang yang tidak disadarkan oleh pesan-pesan Al-Qur’an
Manusia berwajah buruk ketiga menurut Rasulullah adalah orang yang tidak disadarkan oleh pesan Al-Qur’an. Maksudnya adalah ketika ia membaca Al-Qur’an namun hatinya tidak sedikitpun tersentuh atau tersadarkan. Sehingga ia tidak mempan dengan nasehat dari Allah dikarenakan hatinya telah terkunci mati dari kebaikan. 

Oleh sebab itu Rasulullah SAW pun bersabda, 
“Di antara manusia yang terburuk adalah seorang pendurhaka lagi kurang ajar, yang membaca Kitab Allah namun tidak tersadarkan oleh satu pun darinya.” (Riwayat Ahmad).

4. Orang yang panjang umurnya, namun buruk amal perbuatannya
Dalam sebuah riwayat Abu Bakrah bercerita bahwa seseorang pernah bertanya kepada Rasulullah, “Orang seperti apakah yang paling baik?” Beliau menjawab, “Orang yang panjang umurnya dan baik amalnya.” Dia bertanya lagi, “Lalu, orang seperti apa yang paling buruk?” Beliau menjawab, “Orang yang panjang umurnya, tapi jelek amal perbuatannya.” (Riwayat Tirmidzi)

5. Orang yang tidak bisa diharapkan kebaikannya 
Manusia berwajah buruk lainnya menurut Rasulullah adalah orang yang tidak bisa diharapkan kebaikannya. Sebagaimana disebutkan bahwa suatu ketika Rasulullah mengatakan kepada para sahabatnya bahwa orang yang terbaik adalah orang yang bisa diharapkan kebaikan darinya, sementara orang yang terburuk adalah orang yang tidak bisa diharapkan kebaikan darinya.

Demikianlah ulasan mengenai 5 ciri-ciri manusia berwajah buruk menurut Rasulullah SAW. Dengan mengetahui hal ini, semoga kita bisa terhindar dan tidak termasuk dalam golongan manusia-manusia terburuk yang telah disebutkan oleh Rasulullah. Sebab golongan ini bukan hanya akan mendapat kerugian di dunia, namun juga di akhirat kelak. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Inilah 5 Ciri Manusia Berwajah Buruk Menurut Rasulullah"

Back To Top