Inilah 3 Pebuatan Buruk Yang Akan Menimpa Pelakunya Sendiri


Sejatinya setiap perbuatan buruk yang dilakukan oleh manusia akan mendapatkan balasan dari Sang Maha Pencipta. Bahkan, Allah SWT telah menyediakan neraka bagi orang-orang yang semasa hidupnya melakukan kebathilan. 

Selain itu ternyata di dalam Al-Qur’an juga telah disebutkan bahwa ada tiga perbuatan buruk yang bila dilakukan, maka akan kembali kepada pelakunya sendiri. Sehingga bukannya memberikan kesenangan, namun justru membawa petaka bagi sang pelaku. Terlebih lagi bisa saja apa yang dialaminya jauh lebih menyakitkan dari orang yang di jahatinya. 

Inilah 3 Pebuatan Buruk Yang Akan Menimpa Pelakunya Sendiri

Maka dari itu, merupakan sebuah kerugian yang amat besar bagi orang-orang yang melakukan perbuatan buruk terhadap sesamanya. Karena bukan hanya menyakiti orang lain, namun ia juga menyakiti dirinya sendiri. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam bertindak. Agar jangan sampai perbuatan buruk yang kita lakukan pada orang lain, justru membawa keburukan bagi diri sendiri. Dan berikut ini 3 perbuatan buruk yang akan menimpa pelakunya sendiri. 

1. Melanggar janji
Perbuatan buruk pertama yang bila dilakukan akan menimpa pelakunya sendiri adalah melanggar janji. Sebab, apabila ia telah melanggar janji yang telah disepakatinya, maka ia pun sebenarnya telah melanggar janjinya sendiri.

Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an surat Al-Fath ayat 10  bahwa, 
“Maka barangsiapa melanggar janji, maka sesungguhnya dia melanggar (janjinya) sendiri.”

Sehingga, orang yang seperti ini sebenarnya telah mengalami kerugian bagi dirinya sendiri. Sebab, perbuatannya tersebut pada akhirnya membawa keburukan bagi dirinya. Dimana, tidak akan ada lagi orang yang akan mempercayai setiap janji yang diucapkannya. 

Bahkan Allah SWT mengancam dan melaknat serta akan menimpakan bencana terhadap orang yang ingkar janji, baik kepada Allah maupun berjanji kepada sesama manusia. 

2. Merencanakan hal jahat
Perbuatan buruk kedua yang bila dilakukan juga akan menimpa pelakunya adalah merencanakan hal jahat.  Sebagaimana disebutkan dalam surat Fathir ayat 43 bahwa, 

“Rencana yang jahat itu hanya akan menimpa orang yang merencanakannya sendiri.”

Dengan begitu, orang yang memiliki rencana jahat justru akan merasakan dampak dari rencana jahat yang telah disusunnya tersebut.  Bahkan, tidak jarang pula hal yang menimpanya akan jauh lebih menyakitkan dari apa yang telah direncanakannya.

3. Berlaku dzalim 
Perbuatan buruk terakhir yang bila dilakukan juga akan menimpa pelakunya sendiri adalah berbuat dzalim. Seseorang yang telah berlaku dzalim bahkan disebut sebagai orang yang bangkrut.

Hal ini dikarenakan akibat perbuatan dzalimnya tersebut, semua pahala yang dimilikinya diberikan kepada orang yang di dzaliminya. Sementara yang tersisa padanya adalah semua dosa-dosa yang telah diperbuatnya. 

Oleh sebab itu, pantaslah bila dikatakan bahwa orang yang berbuat dzalim kepada orang lain, justru sebenarnya ia telah berbuat dzalim kepada dirinya sendiri. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Yunus ayat 23 bahwa,

“Wahai manusia! Sesungguhnya kezalimanmu bahayanya akan menimpa dirimu sendiri.”

Demikianlah ulasan mengenai 3 perbuatan buruk yang akan menimpa pelakunya sendiri. Oleh sebab itu, sebagai umat Muslim yang beriman sudah seharusnya kita menjauhi diri dari perbuatan buruk yang justru akan membawa keburukan pula bagi diri kita sendiri. Dan alangkah lebih baiknya,  bila kita mengisi kehidupan di dunia ini dengan beramal shaleh dan melakukan hal-hal baik terhadap sesama. Dan semoga Allah SWT pun berkenan memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang penghuni surga. Amin
0 Komentar untuk "Inilah 3 Pebuatan Buruk Yang Akan Menimpa Pelakunya Sendiri"

Back To Top